10 Problem yang Biasa Muncul Di Mobil Anda

Mobil jadi kendaraan yang ternyaman dikemudikan, apa lagi di negera tropis seperti Indonesia. Kondisi suhunya yang panas membuat mobil jadi opsi perjalanan terbaik, khususnya pada siang hari. Namun, mobil sering alami beberapa gejala yang ke arah pada kerusakan. Baik kerusakan AC, mesin, compressor, lampu, dan lain-lain.

Untuk menangani mobil hancur, tiap pemilik mobil sebaiknya ketahui tipe permasalahan apa yang umum terjadi pada mobil. Dengan mengenal tiap kerusakan yang ada, minimal Anda lebih tahu bagaimanakah cara mengatasinya sebelumnya terakhir dibawa ke bengkel.

Disamping itu, Anda pun memahami elemen apa yang penting ditukar saat bawa mobil ke bengkel. Hingga tidak ada yang bernama kasus penipuan yang bikin rugi satu faksi karena pelaku-oknum yang tidak bertanggungjawab. Jual onderdil mobil honda murah.

1. Mesin Mobil Susah Dinyalakan Saat Dingin

Mesin mobil susah dinyalakan pada pagi hari pasti bukan suatu hal yang aneh kembali. Ada tiga hal sebagai pemicunya, yakni:

– Saat mesin pada keadaan dingin, mobil memang seringkali susah dinyalakan. Ini muncul karena minimnya saluran listrik atau voltage ke sisi aki. Hingga mesinnya tidak bekerja dengan maksimal
– Keadaan terminal aki yang lembek, kotor, dan berkarat jadi pemicu kenapa mobil susah dinyalakan. Oleh karena itu, membersihkan sisi aki dan terminalnya secara periodik untuk menahan menyanggaknya kotoran
– Renggangnya jarak di antara busi dan sumbu busi yang mengakibatkan rendahnya kompresi mesin. Juga bisa karena regulator bahan bakar yang alami kerusakan, hingga tidak ada elemen yang menyambungkan starter mobil ke sisi mesin saat mobil dihidupkan

2. Mesin Mobil Susah Dinyalakan Saat Panas

Pemicu point nomor dua ini jadi kontradiksi dari point nomor satu. Mesin mobil pasti menghangat secara automatis jika dipakai terus-terusan, apa lagi untuk tempuh perjalanan yang jauh. Tidak ada interval penggunaan atau waktu istirahat jadi pemicu kenapa mesinnya panas.

Imbas yang paling kronis karena penggunaan tanpa henti, yakni mesin mobil jadi overheating. Saat mesin mobilnya sangat panas, yang ada mobil justru berhenti di tengah-tengah jalan. Salah satunya elemen dalam mesin ada juga yang putus. Hingga penyambung di antara starter ke sisi mesin tidak maksimal.

3. Mesin Kerap Hidup – Mati Tidak Terang

Sudah pernahkah mesin mobil Anda mendadak mati saat barusan dinyalakan? Permasalahan ini sering terjadi pada pemilik mobil. Ini muncul karena beberapa elemen mesin alami kerusakan. Misalkan, alternator, aki, atau kabel terminal aki yang lembek, hancur, atau putus.

Disamping itu, permasalahan pengapian yang terjadi pada mesin mengakibatkan terhambatnya perintah yang dikirim dari kunci contact ke sisi mesin. Recikan api yang keluar dari dalam mesin mengisyaratkan jika ada elemen yang tidak kelar pada bagian mesin mobil.

4. Lampu Tanda Terus Berpijar

Lampu tanda umumnya dipakai sebagai petunjuk jalan. Lampu ini umumnya hidup bila dikasih perintah saja. Kemudian, lampu ini akan mati. Jika lampu tanda mobilmu terus-terusan berpijar tanpa perintah, bisa saja karena perbedaan di antara oli dengan detail type mobil punyamu.

Disamping itu, ini muncul karena ukuran volume oli yang tidak sesuai yang disarankan oleh pabrik asal mobil dan mekanik. Oleh karena itu, pakailah type oli asli sebagai atribut dari mobil itu. Jika satu hari oli aus atau habis, seharusnya tukar oli itu dengan oli yang baru.

5. Tenaga Mesin Menurun

Kerusakan yang lain yang umum terjadi pada mobil yakni menurunnya mesin. Jika tenaga mesin mobil tidak seperti umumnya, itu memiliki arti ada kerusakan pada elemen pada bagian mesin. Entahlah itu sisi timing beltnya, filter bahan bakar yang tidak berperan, sampai rusaknya regulator penekanan bahan bakar.

Jika regulator, filter bahan bakar, dan fuel pump alami permasalahan, selekasnya membawa mobil Anda ke bengkel paling dekat. Bila Anda ketahui bagaimanakah cara melakukan perbaikan, dapat diperbarui sendiri. Namun, membenahi di bengkel lebih disarankan ya. Terlebih bila ada sisi yang perlu ditukar, hingga penempatannya lebih pas dan kuat.

6. Mesin Mengelitik

Mesin mengelitik umumnya terjadi saat pengendara mobil ingin pancal gas di trek yang naik. Sesungguhnya sah-sah saja bila Anda ingin menyikat jalanan naik, tetapi dengan proses yang betul. Jika prosesnya salah, yang ada justru timing beltnya akan berapi.

Kecuali factor kecepatan, mesin mengelitik bisa juga dikarenakan oleh:

– Detail bahan bakar yang tidak sesuai type mobil. Misalkan, bahan bakar mobil semestinya Pertamax, justru dikasih premium
– Tingkat RON (Research Octane Number) yang tidak pas

7. AC Mobil yang Kurang Dingin

Kerusakan pada AC sangat menyebalkan, khususnya saat matahari keluarkan cahaya dahsyatnya. Dampak dari kerusakan pada ac, yakni embusan blower yang tidak dingin. Hingga kabin mobil sering berasa panas, meskipun ac sudah diputar pada temperatur optimal sekalinya.

Tidak dinginnya ac umumnya dikarenakan oleh katup valve, kondensor, dan evaporator yang terlampau kotor. Menyanggaknya kotoran di bagian evaporator akan menghalangi perputaran udara ke sisi kabin.

Oleh karena itu, seharusnya filter kabin dibikin bersih dengan teratur. Misalkan, sekali dalam 6 bulan. Pembersihan dengan teratur dipercayai bisa membuat ac mobil lebih tahan lama. Hingga Anda tak perlu bolak-balik menukar ac tiap tahun.

8. Keadaan Kabin yang Kotor

Pemicu khusus kabin kotor karena jarang-jarang dibikin bersih. Sama seperti yang kita ketahui, partikel kotoran dan debu itu sangat kecil. Hingga dapat masuk melalui celah-celah kecil sekalinya. Saat keadaan kabin kotor, automatis kotoran dan debu yang melekat akan masuk di sisi ac mobil. Akhirnya, terjadi ac yang tidak dingin.

Melekatnya kotoran dan debu di bagian kabin akan membuat kabin susah dibikin bersih. Hingga Anda harus menukar aksesori di kabin bila tidak mau mobil kelihatan buruk.

9. Suara Mesin bising / kasar

Suara mesin yang bising atau kasar bisa dikarenakan oleh keadaan oli yang aus. Juga bisa karena keadaan mesin yang terlampau panas atau overheat karena proses pemanasan yang kelamaan. Adapun sisi yang alami kerusakan, diantaranya: exhaust manifold, selang vacuum, gasket, dan kepala silinder.
10. Mesin Tersendak Tiap Kali Gas Diinjak

Permasalahan ini umumnya terjadi pada mobil yang umurnya telah tua, atau penggunaannya telah melewati 5 tahun. Saat mobil telah berusia, penting untuk lakukan penyempurnaan pada elemen mesinnya. Adapun sisi yang membuat mesin terganggu, diantaranya:

– Busi yang telah aus, berkarat, dan kotor
– Jarak busi yang terlampau renggang hingga saluran listrik ke sisi mesin tidak maksimal
– Salah satunya sisi, misalnya: karburator, aki, throttle bodi, dan selang vacuum alami tersumbat karena kotor atau juga bisa karena kebocoran
– Injektor mobil yang mampet karena kotoran dan debu yang menimbun