3 Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas & Cara Membuatnya

Hasta Karya atau yang biasa kita kenal dengan kerajinan tangan adalah suatu kegiatan seni yang memfokuskan pada keterampilan tangan individu dan kegunaan mengolah bahan baku yang sering dijumpai di lingkungan hingga menjadi benda yang bernilai pakai, estetis, bahkan bisa jadi nilai jual. Kerajinan tangan merupakan kegiatan keterampilan tangan dalam mengolah dan menciptakan suatu benda hingga menjadi sesuatu yang bernilai.

Kerajinan tangan dari bahan bekas berarti keterampilan tangan dalam membuat dan menciptakan suatu barang atau produk yang berasal dari bahan atau barang yang sudah tak terpakai hingga memiliki nilai pakai, bahkan nilai jual.

Kalian bisa menggunakan bahan-bahan bekas dari sampah anorganik untuk dikreasikan menjadi kerajinan tangan, seperti botol, kertas, plastik, kain perca, kardus, dan sejenisnya.

Barang bekas sering dipandang sebelah mata. Bahkan sering dibuang dan dijual dengan harga yang sangat murah. Tetapi di tangan orang kreatif, barang bekas tersebut bisa disulap menjadi barang yang bernilai tinggi dan bisa dijual dengan harga mahal. Simak artikel berikut ini adalah beberapa kumpulan kerajinan tangan dari barang bekas.

3 Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas & Cara Membuatnya

Kerajinan Tangan Celengan dari Bahan Kardus Bekas

Bahan dan peralatan yang perlu disiapkan dan dibutuhkan, di antaranya: kardus yang sudah tidak terpakai (bekas), gunting, paku, dan tali. Teruntuk tali, kalian bisa gunakan tali bahan sepatu saja.

Cara membuat:

  1. Pertama, siapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan (kardus tak terpakai, paku, gunting, dan tali).
  2. Potong bagian kardus menggunakan gunting hingga membentuk seperti tanda salib (lihat pada gambar di atas).
  3. Setelah itu, lubangi bagian samping kardus dengan paku.
  4. Bentuklah kardus (poin 2) hingga berbentuk kotak.
  5. Ikat dengan tali pada tiap sisi yang sudah dilubangi tadi.
  6. Kemudian, buatlah lubang pada bagian atas agar bisa memasukkan uang logam atau kertas. Dalam membuat
  7. lubang tersebut, jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar disesuaikan saja.
    Selesai. Kerajinan tangan dari bahan bekas kardus berbentuk celengan sudah siap digunakan.

Kerajinan Tangan Pot Bunga Lucu dari Bahan Botol Plastik Bekas

Peralatan dan bahan yang perlu disiapkan dan yang dibutuhkan, di antaranya: botol plastik bekas beserta tutupnya, spidol, gunting, cat akrilik, dan kuas.

Cara membuat:

  1. Pertama, potonglah botol bekas di bagian tengah, kalian bisa memotongnya sesuai dengan bentuk yang kalian inginkan. Apabila kalian ingin bentuk panda, bentuklah telinga panda pada potongan tersebut.
  2. Kemudian, cat keseluruhan bagian botol dan lukis wajah hewan tersebut, misal bentuk matanya, hidungnya, mulut, dan sebagainya.
  3. Lalu, buatlah lubang di bawah botol. Hal itu bertujuan sebagai tempat keluarnya air di pot botol tersebut.
    Selesai. Pot bunga ramah lingkungan bisa kalian miliki.

Kerajinan dari Barang Bekas: Bunga dari Bekas Sedotan Plastik

Apabila Anda ingin menghiasi meja di ruang tamu dengan bunga yang cantik dan tanpa perawatan khusus, bunga dari sedotan ini dapat menjadi solusinya. Bahan-bahan dan perlatan yang disiapkan dan yang diperlukan , diantaranya: Gunting, Double tap, Sedotan Dan Cotton bud.

Cara Membuat :

  1. Gunting bagian atas sedotan yang terdapat lekukan. Buang potongan tersebut.
  2. Lapisi satu sisi sedotan dengan menggunakan double tape.
  3. Tekan sedotan dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk sehingga menjadi bentuk yang lebih pipih.
  4. Pastikan sisi yang terdapat double tape merupakan acuannya. Ketika sedotan menjadi lebih pipih, double tape akan terbagi menjadi dua sisi.
  5. Gunting bagian sisi sedotan yang tidak terdapat double tape. Jangan mengguntingnya hingga putus. Cukup menggunting hingga garis double tape. Ulangi hingga Anda mendapatkan rumbai di sepanjang sedotan.
  6. Buka double tape, lalu tempelkan ujung cotton bud pada salah satu ujung sedotan.
  7. Gulung sedotan tersebut hingga habis dengan cotton bud berada di tengah. Rekatkan kembali dengan lem atau double tape. Anda juga dapat menambahkan daun agar lebih cantik.

Baca juga : Terbukti Berhasil, Begini Cara Membobol Password Wifi Lewat Hp Tanpa Aplikasi

Apa Saja Manfaat Membuat Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas?

1. Mengurangi Polusi

Salah satu yang dapat kita lakukan untuk menjaga dan merawat bumi agar tetap sehat dari berbagai polusi yang ada ialah mendaur ulang sampah yang tidak mudah terurai ini menjadi sebuah barang yang bisa dimanfaatkan kembali. Sebagai manusia yang tinggal di bumi, kita sadar bahwa semakin lama banyak polusi yang melanda. Maka dari itu, manfaatkanlah kreativitas kalian dengan mencoba untuk mendaur ulang sampah sehingga dengan begitu polusi dari hasil pembakaran sampah dapat berkurang.

2. Dapat Menghemat Energi

Manfaat berikutnya ialah sebagai penghemat energi. Akan ada banyak energi yang dibutuhkan untuk membuat sebuah produk baru. Dengan kata lain, akan ada banyak Sumber Daya Alam atau SDA yang terbuang. Apabila kita membuat produk dari bahan bekas, artinya kita tidak memerlukan SDA yang baru. Selain itu, mendaur ulang sama dengan mengurangi tumpukan sampah, lingkungan akan tampak lebih segar dan bersih, serta hemat energi.

3. Mengasah Kreativitas, Ketelitian, dan Kesabaran

Dalam membuat kerajinan tangan diperlukannya kreativitas tinggi serta ketelitian. Dalam menciptakan produk baru pun juga diperlukannya akal. Maka dari itu, dengan membuat kerajinan tangan dari bahan bekas ini, kreativitas kita akan semakin terasah seiring waktu berjalan.

Tak hanya itu, dalam membuat kerajinan tangan dari bahan bekas pun diperlukan kesabaran dan ketelitian yang cukup baik. Seringkali kita tidak teliti dalam membuat sesuatu dan tidak sabaran dalam proses membuat barang baru. Oleh karena itu, dibutuhkannya kesabaran dan ketelitian yang baik dalam proses pembuatan kerajinan tangan dari bahan bekas tersebut.

 

Exit mobile version