4 Penyebab Umum Tinta Printer Tidak Keluar dan Cara Memperbaikinya

Printer adalah sebuah perangkat keras yang dapat terhubung pada komputer, yang biasa digunakan untuk mencetak ataupun menampilkan apa yang hendak dicetak pada selembar kertas. Pada zaman sekarang ini, pembuatan dokumen sudah banyak menggunakan komputer, hal ini dipilih karena lebih mudah dan praktis.
Tinta Tidak Keluar

Tidak hanya tulisan yang dapat dicetak namun juga dapat mencetak gambar ataupun foto, dapat dengan mudah untuk dicetak oleh para pengguna komputer, dengan menggunakan printer tanpa harus mendatangi tempat percetakan foto.
Akan tetapi, printer hanyalah sebuah perangkat yang pastinya juga akan mengalami beberapa masalah, salah satu masalah yang sering terjadi yakni tinta printer tidak dapat keluar. Printer inkjet merupakan sebuah printer yang menggunakan tinta cair, cara kerja dari printer ini adalah dengan menyemprotkan titik-titik kecil tinta pada kertas yang sudah dijadikan tempat untuk mencetak.
Hasil cetakan dengan menggunakan tinta cair membutuhkan waktu beberapa detik saja, sebelum tinta yang menempel pada kertas menjadi kering serta tidak rusak bila disentuh. Yang menjadi kelemahan dari printer inkjet adalah printer ini sering sekali mengalami kerusakan yang mengakibatkan terjadinya suatu penyumbatan disaluran tempat menyemprot tinta.
Biasanya akibat yang ditimbulkan akibat banyaknya penumpukan tinta yang telah mengering pada saluran tersebut, sehingga membuat tinta tidak dapat keluar. Permasalahan yang sering kali terjadi yaitu printer macet atau tinta printer tidak dapat keluar, permasalahan ini dapat diselesaikan dengan tips-tips berikut ini.
Kenapa Tinta Printer Tidak dapat Keluar ?
1. Pastikan terlebih dahulu tinta pada printer masih ada, bila perlu anda ingat-ingat kembali trakhir kali anda mengisi tinta printer serta seberapa banyak dari tinta tersebut yang digunakan untuk mencetak. Bila dirasa sudah waktunya untuk mengisi tinta, maka isilah tinta dalah tabung printer kira-kira 3 ml, jangan terlalu banyak mengisi tinta karena dapat meluap dan mengakibatkan kebocoran.
2. Bila tinta sudah ada, akan tetapi tetap saja masih keluar. Cobalah untuk melepaskan cartridge lalu lihatlah pada bagian bawah apakah terdapat tinta di dalamnya. Apa bila tinta luber sebaiknya lap tinta tersebut menggunakan tisu, setelah itu pasang kembali cartrigde pada printer.
3. Bila cara 1 dan 2 sudah anda lakukan, namun tetap saja tinta pada printer tidak mau keluar juga, anda harus mencoba untuk meningkatkan kualitas cetakannya manjadi lebih baik lagi melalui menu properties, lalu pilih tab utama, setelah itu ganti dari standar menjadi high, setelah itu pilih ok.
4. Apa bila masalah yang dialami masih belum terselesaikan juga, mungkin anda harus mencoba untuk mengecek mulut semprot dari tab perawatan, lalu bersihkanlah, setelah itu cobalah untuk mengeprint, biasanya akan muncul tulisan meskipun hasilnya belum maksimal.
Demikian pembahasan kita mengenai 4 Penyebab Umum Tinta Printer Tidak Keluar dan Cara Memperbaikinya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Exit mobile version