Apa Itu CPY, CODEX, STEAMPUNKS, SKIDROW, FITGIRL ?

32219 24

Buat kalian yang sering download game bajakan pasti udah gak asing sama istilah diatas. Siapakah mereka? Ya, mereka adalah sekelompok hacker yang sampai saat ini aktif membobol sistem game agar game tersebut menjadi free to play alias gratis. Bahkan sistem Denuvo yang katanya “sangat kebal” terhadap serangan sistem apapun bisa dibobol oleh mereka. Kalo udah kaya gini jadi keinget quote  “No System Is Safe” di film Who Am I.

Kelompok ini punya nilainya masing-masing di hadapan para gamer bajakan. Mari simak penjelasannya dibawah gan

1. CPY (CONSPIR4CY)

Dimulai dari CPY yang setahun belakangan ini heboh bisa meretas sistem Denuvo dengan begitu mudahnya. Kelompok hacker ini berasal dari Italia. CPY tidak membobol semua game, mereka memilih game-game yang dirasa memiliki “hype” yang besar seperti Assassins Creed series dan Far Cry series. Bisa dibilang, CPY ini merupakan yang terbaik untuk saat ini.

2. CODEX

Tidak beda jauh dari CPY, CODEX juga masuk ke dalam daftar musuh “Denuvo” untuk sistem keamanan game. Kelompok inilah yang pertama kali bisa meretas Denuvo versi lawas untuk game-game eksklusif Windows 10. Meskipun sekarang Denuvo sudah sampai pada versi 5.0, kemungkinan besar diretas masih bisa dilakukan.

3. STEAMPUNKS

STEAMPUNKS kini mulai eksis kembali karena sudah berhasil mendobrak keamanan game-game AAA pada tahun 2018 lalu. Project besar yang pernah mereka buat adalah disaat meretas game Ghost Recon Wildlands yang disinyalir bahwa game tersebut merupakan game yang paling banyak ditunggu oleh gamer.

4.SKIDROW

Berbicara mengenai kelompok hacker satu ini, mungkin saya pertama kali mengenal krack dari tim SKIDROW. Karena saya mengenal SKIDROW terlebih dahulu daripada yang lain, saya menganggap bahwa mereka “sesepuh” dari semua tim hacker yang berada di luar sana baca juga Skidrow Reloaded

5. FITGIRL

Untuk list terakhir yang ada di thread ini ada Fitgirl. Kalau dibilang tim peretas, mereka serasa kurang cocok untuk menyandang gelar tersebut. Tetapi kalau dibilang tim repack terbaik, nah Fitgirl juaranya! Kenapa bisa dibilang seperti itu? Karena file yang ada di game mereka compress dengan semaksimal mungkin sehingga menyebabkan perubahan ukuran game yang cukup signifikan. Misalnya yang dari 50GB, bisa kepotong jadi 17GB-an loh tanpa ada file yang dibuang.