7 Alternatif Aplikasi Burning CD/DVD Selain Nero Gratis

Masih sering burning file ke CD atau DVD? Ini rekomendasi aplikasi burning terbaik versi kami.
Aplikasi Burning CD

Dengan harga flash drive, hard disk external atau penyimpanan online gratis, sebenarnya banyak orang yang mulai meninggalkan CD/DVD sebagai tempat menyimpan file. Bahkan laptop yang umumnya memiliki DVD ROM pun sudah mulai meninggalkan fitur tersebut karena dianggap kuno.

Tapi tentu saja penggunaan CD/DVD sebagai tempat penyimpan file, audio atau video masih dilakukan, baik untuk keperluan tugas, pekerjaan atau sekedar menyimpan file Blu-ray untuk ditonton melalui home theater. Memindahkan file dari komputer ke CD/DVD membutuhkan aplikasi burning CD/DVD, dan disini kamu akan menemukan aplikasi terbaik yang bisa kamu coba.

Aplikasi Burning CD/DVD Offline Terbaik

Sistem operasi seperti Windows sebenarnya sudah dilengkapi dengan fitur burning CD/DVD, namun pengaturannya terbatas. Untuk mendapatkan pengaturan yang lebih advanced, menggunakan aplikasi pihak ketiga tentu manjadi solusi terbaik.

Sebagai informasi saja, aplikasi burning yang saya tulis dibawah kebanyakan bersifat open source yang artinya gratis tanpa trial ataupun menampilkan iklan.

1. InfraRecorder

InfraRecorder

InfraRecorder memiliki tampilan yang sederhana dengan kelengkapan fitur dasar untuk burning CD/DVD. Aplikasi ini sendiri bersifat open-source, yang artinya ia tersedia gratis tanpa syata apapun.

Kelebihan lain ada di ukurannya yang sangat kecil, kurang dari 4MB. Beberapa fitur yang dimiliki antara lain seperti, support ISO, BIN dan CUE, tidak membebani komputer, mendukung Multi-Session dan lainnya.

2. ImgBurn

ImgBurn

ImgBurn adalah aplikasi burning CD/DVD HD-DVD/Blu-ray yang ringan dan bisa kamu install di Windows dan Linux. ImgBurn adalah salah satu aplikasi burning yang memiliki banyak fitur advanced namun gratis untuk digunakan.

Catatan:
Beberapa sumber mengatakan bahwa ImgBurn membawa AdWare yang mungkin akan memunculkan iklan atau program yang tidak diinginkan dikomputermu. Pastikan kamu memperhatikan proses instalasi dan klik Decline seperti gambar dibawah untuk menghindarinya. Namun saat mencobanya sendiri, saya tidak menemukan Adware apapun selama proses install

Beberapa fitur yang dimiliki ImgBurn antara lain, bisa membuat file ISO dari apapun, salah satu yang kaya akan fitur, tampilan yang mudah dimengerti serta ukuran file yang kecil dan tidak mengganggu performa.

3. CDBurnerXP

CDBurnerXP

CDBurnerXP mendukung beberapa tipe optical disc seperti CD, DVD, HD-DVD dan Blu-Ray. Kamu bisa melakukan burn audio ke CD dengan format MP3, WAV, OGG, FLAC, AAC dan lainnya. CDBurnerXP bisa diinstall dihampir semua versi Windows yang masih digunakan saat ini. Aplikasi ini juga berukuran kecil dengan tampilan yang user-friendly serta dukungan multi bahasa.

Aplikasi burning CD gratis ini juga dilengkapi dengan pemutar musik yang akan memudahkan kamu untuk memutar musikmu. Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk burn dan membuat file ISO di CD/DVD.

4. Free Audio CD Burner

Free Audio CD Burner

Jika kamu membutuhkan aplikasi burning yang simpel untuk membuat CD audio, kamu harus mencoba Free Audio CD Burner. Meski hanya mendukung CD, aplikasi ini bisa men-decode file MP3 dan WMA secara real time. Free Audio CD Burner juga mendukung berbagai macam format audio.

Aplikasi ini bisa melakukan burn pada CD-R dan CD-RW serta menghapus data di rewritable disc. Free Audio CD Burner bisa kamu install di sistem operasi Windows 10, 8, 7, Vista dan XP SP3.

5. AnyBurn

AnyBurn

Selanjutnya ada AnyBurn, aplikasi ini mampu melakukan burn pada CD, DVD dan Blu-ray. Mendukung burn audio ke CD dengan forma MP3, M4A, APE, FLAC, WMA dan lainnya. AnyBurn memiliki tampilan yang simpel dan tidak bertele-tele, ia juga menjadi salah satu aplikasi yang ringan dan ukuran filenya kecil.

Dengan AnyBurn kamu juga bisa membuat bootable flash drive untuk Windows 10, 8, 7 dan Linux, bisa menjadi alternatif selain Rufus. AnyBurn bisa kamu gunakan disebagian besar sistem operasi termasuk Windows 10, baik versi 32-Bit maupun 64-Bit.

6. DeepBurner

DeepBurner

DeepBurner Free adalah software burning CD dan DVD alternatif lainnya. Kamu bisa melakukan copy dari disc manapun, membuat backu, burn data ke CD dan DVD dan burn audio ke CD. DeepBurner juga bisa membuat bootable CD/DVD untuk kamu gunakan diberbagai keperluan.

Tidak seperti aplikasi lain yang ada didalam daftar ini, DeepBurner memiliki versi berbayar yang bernama DeepBurner Pro dengan tambahan fitur yang lebih advanced. Namun untuk keperluan pribadi, versi gratisnya pun sudah cukup. DeepBurner bisa digunakan di Windows 10, 8 dan 7.

7. BurnAware

BurnAware

Aplikasi burning CD/DVD yang terakhir, ada BurnAware. Aplikasi ini memiliki tampilan yang simpel dan mudah dimengerti, dengan fungsi yang lengkap untuk keperluan pribadi. Selain itu BurnAware juga ringan digunakan dan mendukung berbagai format yang kamu perlu, termasuk Blu-ray.

Proses burning menggunakan BurnAware diklaim lebih cepat. Seperti DeepBurner, aplikasi ini menyediakan versi berbayar dengan fitur yang lebih banyak. Tapi kamu tetap bisa menggunakan versi gratisnya tanpa kendala. DeepBurner bisa kamu jalankan di Windows 10, 8.1, 8, 7, Vista dan XP dengan arsitektur 32-Bit dan 64-Bit.

Catatan:
BurnAware memiliki Adware yang berasal dari proses instalasi, jadi perhatikan baik-baik prosesnya dan klik Decline pada Adware yang ditawarkan. Adware ini berupa aplikasi/software lain selain BurnAware, berikut contoh yang saya temukan saat menginstall BurnAware:

Adware yang ditampilkan bisa berubah-ubah, jadi pastikan kamu memperhatikan proses instalasi dengan baik jika tidak ingin ada aplikasi lain yang terinstall selain BurnAware.

Penutup

Sudah menemukan aplikasi burning CD/DVD yang sesuai kebutuhanmu?

Semua aplikasi yang saya tulis diatas bisa kamu gunakan secara cuma-cuma, fiturnya pun tidak kalah dengan aplikasi berbayar. Yang lebih penting, mereka ringan digunakan dan ukuran filenya yang kecil.

Jika punya rekomendasi aplikasi burning CD lainnya yang menurutmu layak dicoba, silahkan tulis dikomentar. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat.