10 Aplikasi Cuaca Terbaik di Android Dengan Akurasi Tinggi

"Sediakan payung sebelum hujan", ketahui ramalan cuaca dengan akurat melalui aplikasi cuaca terbaik berikut ini.
Aplikasi Cuaca Terbaik Android
Image credit: Nokturnal.id

Saat memasuki musim penghujan, penting untuk mempersiapkan segala hal untuk menghadapi hujan yang bisa-bisa turun. Salah satu cara paling praktis untuk melakukannya adalah dengan mengetahui prakiraan cuaca. Saat ini kita bisa dengan mudah mendapatkan info tersebut melalui ponsel kita dengan bantuan aplikasi cuaca.

Setiap aplikasi memiliki keunggulannya masing-masing dalam memberikan prakiraan cuaca. Dirangkum dari beberapa sumber terpercaya termasuk Play Store, berikut ini daftar aplikasi cuaca terbaik untuk Android.

Aplikasi Cuaca Terbaik di Android

Prakiraan cuaca yang diberikan kebanyakan aplikasi cuaca cukup akurat, jadi kamu bisa mempersiapkan hari dengan baik. Cobalah beberapa diantaranya sampai kamu menemukan yang paling pas dengan kebutuhanmu.

Google

Google Cuaca

Kamu bisa memanfaatkan Google Assistant untuk menanyakan cuaca hari itu atau prakiraan cuaca hari selanjutnya. Jika kamu tidak familiar dengan Google Assistant, kamu bisa dengan mudah menuliskan “Cuaca hari ini” di pencarian Google.

Jika wilayahnya tidak akurat, kamu bisa menuliskan secara spesifik mengenai prakiraan cuaca di tempat tertentu. Karena Google biasanya datang sebagai aplikasi pre-installed, kamu tidak perlu mendownload aplikasi lain. Kamu juga bisa menggunakan browser pihak ketiga untuk menggunakan cara ini.

AccuWeather

AccuWeather

AccuWeather adalah aplikasi yang sangat populer untuk melihat prakiraan cuaca di Android. Mereka mengklaim bahwa setiap harinya adalah lebih dari 1,5 miliar orang yang menggunakan jasa AccuWeather untuk merencakan kegiatan. Aplikasi ini bisa kamu atur sesuai dengan lokasimu, ia juga mendukung hingga 33 bahasa berbeda.

Selain prakiraan cuaca secara garis besar, AccuWeather juga dapat menampilkan suhu dalam Celcius atau Fahrenheit, angin, kelembapan serta waktu matahari terbit dan tenggelam. Ia juga dilengkapi dengan fitur MinuteCast yang tugasnya memprediksi hujan setiap menit. AccuWeather memiliki widget yang bisa kamu pasang di homescreen Android-mu untuk akses yang lebih mudah.

Aplikasi AccuWeather bisa kamu gunakan gratis, namun menawarkan pembelian dalam aplikasi dan menampilkan iklan.

Yahoo Weather

Yahoo Weather

Yahoo Wetter
Yahoo Wetter
Developer: Yahoo
Price: Free

Yahoo Weather adalah aplikasi resmi milik Yahoo yang memberikan informasi prakiraan cuaca. Yang menarik darinya adalah, ia menampilkan background yang menggambarkan kondisi cuaca terkini. Desain intuitif dan simpelnya memudahkan pengguna untuk mengerti prakiraan cuaca yang disajikan.

Tidak terbatas pada cuaca, dengan Yahoo Weather kamu bisa melihat prakiraan cuaca selama 24 jam selama 10 hari. Terdapat pula informasi radar interaktif, panas dan angin, satelit, pemberitahuan tentang cuaca buruk, kelembapan dan lain-lain.

Yahoo Weather bisa kamu gunakan gratis dengan semua fitur yang mereka tawarkan, meski demikian aplikasi ini masih menampilkan iklan.

1Weather

1Weather

1Weather: Wetter-App
1Weather: Wetter-App
Developer: OneLouder Apps
Price: Free+

Jadi salah satu aplikasi cuaca populer, 1Weather sudah dilengkapi beragam fitur penting untuk menyampaikan prakiraan cuaca. Kamu bisa mendapatkan informasi secara real-time mengenai cuaca diwilayahmu. 1Weather bisa menampilkan prediksi hingga 1 minggu secara detil.

Aplikasi ini juga memiliki fitur sunrise & sunset time, lunar phases, notification, live weather background dan lainnya. Semua fitur diberikan secara gratis, namun aplikasi ini masih menampilkan iklan. Membeli versi berbayar akan menghilangkan iklan dari aplikasi 1Weather.

The Weather Channel

The Weather Channel

The Weather Channel adalah salah satu aplikasi cuaca terbaik untuk Android yang menyajikan informasi prakiraan cuaca secara akurat untuk lokasi mana saja di dunia. Informasinya mencakup beberapa hal penting seperti temperatur, weather alerts, radar maps dan lain-lain. Ia juga menyajikan data UV index, breathing index, beberapa widget menarik dan peringatan petir serta serbuk sari.

Antarmukanya didesain dengan baik agar mudah digunakan. Kamu juga bisa menambahkan widget yang disertakan di homescreen, dengan begini kamu bisa dengan mudah memantau perubahan cuaca setiap jamnya. The Weather Channel bisa kamu gunakan secara gratis, dengan menampilkan iklan dan opsi in-app purchase.

Weather & Clock Widget for Android

Weather & Clock Widget for Android

Weather & Clock Widget dapat memberikan informasi yang presisi mengenai waktu dan kondisi cuaca di semua lokasi secara real-time. Seperti halnya aplikasi lain, ia sudah dilengkapi automatic location detection, kamu juga bisa menemukan lokasi melalui jaringan atau GPS. Sedangkan secara manual, kamu bisa menginput nama lokasi ataupun kode pos ke aplikasi.

Aplikasi ini dilengkapi dengan banyak fitur esensial, dan semuanya bisa kamu gunakan secara gratis. Beberapa fitur adalah indeks UV, prakiraan cuaca, temperatur, suhu dalam celcius atau fahrenheit, tekanan atmosfir, curah hujan dan masih banyak lagi. Meski gratis, aplikasi ini masih menampilkan iklan didalamnya.

Weather by WeatherBug

Weather by WeatherBug

Wetter von WeatherBug
Wetter von WeatherBug
Developer: WeatherBug
Price: Free

Aplikasi ini sudah beredar cukup lama, bahkan di Play Store ia sudah mendapatkan lebih dari 10 juta jumlah install. WeatherBug memastikan aplikasinya memiliki semua fitur penting yang dibutuhkan pengguna untuk mengetahui kondisi cuaca beberapa waktu kedepan.

Dengan aplikasi ini kamu bisa mendapatkan informasi tambahan seperti lightning alerts, weather notification, air quality, pollen count, temperature dan masih banyak lagi info lainnya. WeatherBug sudah mendukung beberapa bahasa seperti English, Portuguese, German, French, Japanese & Spanish. Kamu bisa menggunakan semua fiturnya secara gratis, namun aplikasi ini masih menampilkan iklan.

GO Weather

GO Weather

GO Wetter Vorhersage& Widgets
GO Wetter Vorhersage& Widgets
Developer: GOMO Live
Price: Free+

Rekomendasi aplikasi cuaca terbaik Android selanjutnya adalah Go Weather yang dapat memberikan prediksi cuaca akurat. Aplikasi ini menyediakan widget cuaca & jam dengan berbagai tampilan dan ukuran yang bisa kamu pilih sesuai keinginan.

Dengan mencakup lebih dari 200 ribu wilayan diseluruh dunia, Go Weather menjamin keakuratan data sesuai dengan lokasi penggunanya. Go Weather juga mendukung lebih banyak bahasa daripada beberapa aplikasi lain. Aplikasi Go Weather bisa digunakan secara gratis, namun menampilkan iklan dan menawarkan opsi in-app purchase.

Transparent Clock & Weather

Transparent clock & weather

Transparent clock & weather adalah alternatif aplikasi cuaca selanjutnya yang bisa kamu coba. Ia hadir dengan banyak opsi kustomisasi, kamu bisa menyesuaikan tampilan widgetnya, misalnya menampilkan temperatur dalam Celcius atau Fahrenheit, waktu sunrise & sunset, kelembapan dan lainnya.

Kamu bisa mendapatkan prakiraan cuaca hingga 4 hari kedepan, jam, waktu matahari terbit & tenggelam, lama hari dan banyak fitur lainnya. Aplikasi cuaca yang sudah mendapatkan lebih dari 50 juta install ini gratis, namun menampilkan iklan dan menawarkan opsi in-app purchase.

Awesome Weather YoWindow

Awesome Weather YoWindow

🌈 Genaue Wetterberichte YoWindow
🌈 Genaue Wetterberichte YoWindow

Yang terakhir adalah YoWindow, alternatif aplikasi cuaca untuk kamu yang menyukai hal simpel. Ia sudah dilengkapi dengan beragam fitur penting seperti aplikasi pada umumnya. Kamu bisa dengan mudah melakukan swipe didalam aplikasi untuk mengetahui bagaimana kondisi cuaca akan berlalu hari ini.

Kamu juga diberikan informasi mengenai prakiraan cuaca hingga beberapa hari kedepan. Ada pula live dan static wallpaper yang bisa berubah sesuai musim. Secara keseluruhan, aplikasi ini layak dicoba dengan keakuratannya. Ia datang sebagai aplikasi gratis, namun berisi iklan dan menawarkan pembelian didalam aplikasi.

Penutup

Nah silahkan pilih aplikasi cuaca terbaik Android dengan fitur yang kamu butuhkan. Dengan adanya aplikasi ini di smartphone-mu, kamu bisa merencanakan semua kegiatanmu jadi lebih baik lagi. Alternatif lain yang bisa kamu coba juga adalah dengan melihatnya langsung di website BMKG, meski sedikit terasa kurang praktis.

Ini adalah cara terbaik untuk menghindari kemungkinan hujan, meskipun cuaca bisa dengan sangat cepat berubah. Semoga artikel ini bermanfaat.

Cheers!

Donny Satriya
Donny adalah pendiri sekaligus penulis di website kecil ini dengan membagian sedikit solusi untuk masalah yang berkaitan dengan teknologi. Sudah menjadi blogger dan menulis untuk waktu yang cukup lama. Tidak memiliki hobi khusus, tapi sangat suka bersantai sambil mendengarkan musik Lo-FI.