7+ Aplikasi Desain Baju Terbaik, Offline & Online

Siapa bilang kamu tidak bisa membuat desain bajumu sendiri?
Aplikasi Desain Baju
Image credit: @ramillesoares/unsplash.com

Bosan dengan desain baju atau kaos yang itu-itu saja dan kurang kreatif? Kenapa tidak mencoba membuat desainnya sendiri? Saat ini desian pakaian tidak harus dibuat oleh seorang profesional dengan pengalaman bertahun-tahun didunia fashion. Kamu juga bisa mencoba membuat desainmu sendiri meskipun belum pernah mencoba sebelumnya.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi desain baju gratis yang tersebar di internet untuk mengembangkan ide dan kreatifitasmu. Setelah mendapatkan desain yang menurutmu bagus, mencetaknya menjadi kaos sepertinya tidak sulit. Nokturnal sudah mengumpulkan beberapa aplikasi desain pakaian terbaik yang bisa kamu gunakan di komputer maupun smartphone.

Aplikasi Desain Baju Online dan Offline untuk Komputer

Meski ada banyak aplikasi serupa dengan fitur lebih banyak dan berbayar, untuk awal yang gratis merupakan pilihan terbaik.

CustomInk

Tidak perlu aplikasi mahal dan sulit digunakan, kamu bisa membuat desain kaos dengan mudah di CustomInk. CustomInk adalah desainer pakaian berbasis web yang tersedia secara online, artinya kita hanya perlu mengunjungi alamatnya dan tidak perlu mengunduh aplikasi apapun. Kamu bisa memilih font favoritmu, mencari grafis untuk ditambahkan atau mengunggah artwork milikimu sendiri.

Kamu juga bisa membuat desain kaos untuk grup dengan menambahkan nama atau nomor yang berbeda, misalnya untuk sebuah jersey. Kamu bisa membagikan desainmu ke temanmu. Fungsi utama situs ini sebenarnya untuk menjual pakaian yang sudah kamu desain. Jadi tidak hanya menawarkan jasa desain melalui tool yang mereka sediakan, CustomInk juga menyediakan jasa print kaos dengan desainmu sendiri.

Alma Mater Store

Sama seperti CustomInk, Alma Mater Shop merupakan platform online yang menyediakan tool untuk membuat desain pakaian sendiri. Tidak terbatas pada kaos saja, kamu bisa membuat desain pada hoodie dan collar tee juga.

Ada banyak kustomisasi desain yang bisa kamu gunakan untuk membuat desain yang original dan menarik. Kamu bahkan bisa menambahkan artwork ataupun file foto untuk diaplikasikan diatas kaos yang kamu buat.

Inkscape

Inkscape adalah salah satu aplikasi desain gratis terbaik yang bisa kamu gunakan saat ini. Meskipun menjadi aplikasi vektor open-source, aplikasi ini memiliki flesibilitas untuk melakukan berbagai macam pekerjaan yang bahkan tidak dibatasi hanya pada vektor saja.

Beberapa fitur yang bisa kamu dapatkan di Inkscape antara lain: pencil tool, shape tools, pen tool, calligraphy tool, font dan text editing, multiple layer, color tools dan banyak lagi lainnya. Meskipun Inkscape tidak menyediakan template t-shirt untuk mempermudahnya, ada banyak tutorial gratis yang bisa kamu dapatkan untuk membuat desain baju dengan Inkscape. Berikut salah satu contohnya.

GIMP

GIMP
thenextweb.com

GIMP adalah aplikasi desain kaos populer lainnya yang memungkinkan kamu untuk membuat desain profesional tanpa harus mengeluarkan biaya sama sekali. GIMP juga merupakan aplikasi open-source yang sudah ada selama lebih dari dua dekade, dan sering direkomendasikan sebagai alternatif dari Photoshop.

Sama seperti Inkscape, kamu bisa menemukan tutorial dan templates desain baju untuk GIMP dari berbagai sumber di internet. Soal fitur yang diberikan juga tidak perlu khawatir, sebab banyak tools yang bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan desain yang menarik.

Jika kamu menggunakan komputer, saya lebih menyarankan menggunakan situs online penyedia tool desain baju daripada aplikasi komputer. Karena biasanya memiliki fitur yang lebih lengkap dan hasilnya lebih bagus.

Kecuali jika kamu mampu mengoperasikan aplikasi edit foto PC seperti CorelDRAW, Adobe Ilustrator dan aplikasi sejenis yang memang memiliki kapabilitas tinggi untuk membuat desain baju profesional dan menarik.

Aplikasi Desain Baju untuk Android dan iOS

Di Android juga ada beberapa aplikasi desain baju yang bisa kamu coba. Menggunakan ponsel memang terkadang terasa lebih praktis dibandingkan komputer, berikut beberapa rekomendasinya.

T-shirt design and print by Custom shirt printing

T-shirt design and print

Di aplikasi desain baju ini kamu bisa memilih desain apapun sesuai imaginasimu dan mengaplikasikannya ake kaos atau hoodie dan melihat hasilnya. Ada banyak kemungkinan desain yang bisa kamu kombinasikan sesuai selera. Semua lembar baju yang kamu desain akan memiliki kualitas tinggi dan termasuk patterns untuk kaos, hoodie, jumpsuit dan banyak lagi.

Kamu juga bisa memilih pakaian sesuai gender, misalnya kaos untuk laki-laki, perempuan, anak-anak ataupun unisex. Kemudian sesuaikan warna dan tambahkan elemen seperti efek, emoji dan lainnya untuk tampilan yang lebih menarik.

Snaptee by Snaptee Limited

Snaptee

‎Snaptee
‎Snaptee
Developer: Snaptee Limited
Price: Free+

Snaptee adalah aplikasi iOS yang bisa membantumu untuk membuat desain kaos yang menarik. Kamu bisa membuat desain unikmu sendiri dengan mudah melalui tools yang tersedia didalam Snaptee. Kamu bahkan bisa menjual dan membeli desain dari pengguna lain langsung melalui aplikasi.

Kamu bisa menambahkan artwork milikimu atau foto dari ponsel ke dalam aplikasi dan menggunakannnya sebagai elemen desain. Agar tampilannya lebih bagus, kamu mungkin bisa memanfaatkan aplikasi desain foto iPhone lain untuk melakukan proses editing sebelum digunakan di Snaptee.

T-Shirt Design Studio by PVS Studio

T-Shirt Design Studio

T-Shirt Design Studio
T-Shirt Design Studio
Developer: PVS Studio
Price: Free+
‎T-Shirt Design Studio
‎T-Shirt Design Studio
Developer: Son Phi
Price: Free+

Aplikasi yang tersedia di Android dan iOS ini memiliki banyak fitur bermanfaat seperti colorizing dan drawing in app. Seperti aplikasi sejenis lainnya, kamu bisa menambahkan quotes, text, grafis bahkan foto diatas kaos yang sedang didesain.

T-Shirt Design Studio bisa kamu gunakan gratis dengan beberapa batasan fitur. Jika ingin menggunakan semua fiturnya kamu harus membayar biaya melalui aplikasi.

Super T-Shirt Designer by Shenzhen Bigger Lens LLC

Super T-Shirt Designer

Super T-Shirt Designer menawarkan kemudahan dalam mendesain kaos, hoodie dan lain-lain. Kamu bisa melakukan drag & drop gambar dan foto langsung keatas pakaian yang sedang kamu desain. Untuk mempermudah proses, mereka juga menyediakan fitur cloud storage sehingga kamu bisa menyimpan desain yang belum selesai sebagai draft.

Yang menarik, terdapat lebih dari 300 template keren yang bisa kamu pilih untuk desain kaosmu. Soal kustomisasi juga tidak kalah menarik, ada banyak pilihan warna kaos, font text dan efek untuk elemen lainnya.

T-shirt design by Yayprint

T-shirt design

‎T-shirt design - Yayprint
‎T-shirt design - Yayprint
Developer: Yay Print
Price: Free

Seperti beberapa aplikasi sejenis lainnya, di aplikasi ini kamu bisa membuat kaos dengan desainmu sendiri kemudian membelinya dalam bentuk jadi. T-shirt design menawarkan semua jenis kaos untuk semua ukuran pengguna, mulai anak-anak hingga dewasa.

Untuk kamu yang ini sekedar membuat desainnya, aplikasi ini juga bisa menjadi alternatif. Kustomisasi desain yang ditawarkan cukup banyak dan menarik. Ada banyak elemen yang bisa ditambahkan dan disesuaikan dengan selera masing-masing.

Penutup

Sudah menemukan aplikasi desain baju dan kaos yang cocok untuk kebutuhanmu?

Untuk proyek besar yang membutuhkan desain terbaik, menggunakan aplikasi edit foto dan vektor memang lebih bisa diandalkan. Namun kamu tetap bisa berkreasi sesuka hati menggunakan salah satu aplikasi diatas.

Apabila memiliki aplikasi lain yang kamu rekomendasikan dan patut dicoba, silahkan tuliskan dikolom komentar. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat.