8 Aplikasi Desain Rumah Terbaik untuk PC

Ngga perlu ilmu yang tinggi, kamu bisa mencoba membuat desain rumahmu sendiri.
Aplikasi Desain Rumah
Gambar: @stevenungermann via unsplash.com

Merencanakan desain eksterior dan interior menjadi aspek integral untuk setiap konstruksi bangunan termasuk sebuah rumah. Memadupadankan desainnya agar senada dan sesuai dengan seleramu mungkin menjadi tahapan awal yang perlu dilalui sebelum membangun rumah. Akan lebih baik memang jika kamu bisa melihat dengan nyata bagaimana desain rumah yang kamu inginkan sebelum diimplementasikan.

Untungnya berkat teknologi hal tersebut menjadi lebih mudah dicapai, ada banyak aplikasi desain rumah yang bisa kamu manfaatkan. Dengan aplikasi ini kamu bisa melihat model 3D dari ide desain rumah yang sudah kamu pikirkan. Tidak harus mempunyai skill khusus, kamu bisa mencoba mengotak-atik desain rumahmu menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi Desain Rumah untuk PC Gratis

Sebagian besar aplikasi berikut ini tersedia gratis dengan opsi berbayar untuk fitur yang lebih lengkap.

SketchUp Free

SketchUp Free
Gambar: mastersketchup.com

SketchUp menjadi salah satu aplikasi desain 3D gratis yang paling komprehensif yang bisa kamu temukan saat ini. Tools desain rumah ini powerful dan cukup mendalam untuk membuat kamu merasakan bergerak dirumah masa depanmu. Penggunaanya juga cukup fleksibel sehingga seperti sedang bekerja menggunakan pulpen dankertas.

Untuk mencoba kamu cukup memilih versi gratis, sedangkan jika kamu memang berniat lebih serius maka versi pro bisa menjadi pilihan terbaik karena didukung dengan fitur yang lebih lengkap.

Kamu bisa mencoba SketchUp Free melalui link ini.

Planner 5D

Planner 5D
Gambar: planner5d.com

Planner 5D mungkin bisa dibilang sebagai tools desain dengan tampilan terbaik. Seperti versi gratis Sketch Up, Planner 5D cukup imersif yang artinya kamu dapat menjelajahi desainmu secara virtual seperti berjalan secara langsung.

Dengan Planner 5D kamu bisa memulai desain dari nol atau memanfaatkan template yang sempurna untuk menyatukan denah jika kamu tidak punya banyak waktu atau tidak ingin membuat desain yang rumit. Yang lebih keren lagi, Planner 5D mendukung banyak sistem operasi seperti Windows, MacOS, Android dan iOS serta tersedia melalui web based untuk diakses dari segala platform.

Untuk memulainya juga sangat mudah, diawali dengan menyesuaikan bentuk lantai, bahan, ukuran dan wawrna. Kemudian tambahkan fiturnitu dan aksesoris, ubah menjadi 3D lalu tambahkan pintu dan jendela. Kamu juga bisa menambahkan lantai kedua jika mau lalu bagian atap.

Semua aspek desain dapat diubah dalam hal tekstur dan warna. Dan saat kamu ingin membagikan rancanganmu, kamu dapat mencetaknya dalam format photorealistic.

Kamu bisa mengunduh aplikasi Planner 5D untuk Windows, MacOS, Android, iOS dan versi web melalui link ini

Floorplanner

Floorplanner memungkinkan kamu untuk merancang dan mendekorasi ruangan dalaam 2D dan 3D yang bisa kamu lakukan secara offline tanpa harus mengunduh aplikasi apapun. Sesuai namanya, tools ini memiliki keunggulan dalam membuat denah rumah. Namun saat denah rumah sudah selesai kamu tetap bisa mengubah tampilan menjadi 3D untuk mulai menghias ruangan.

Simpel dan mudah digunakan, jika kamu tidak ingin meluangkan banyak waktu hanya untuk belajar menggunakan sebuah aplikasi desain rumah maka Floorplanner layak kamu coba. Dan kamu bisa mencoba mendaftar secara gratis untuk diawal.

Kamu bisa mulai mencoba menggunakan Floorplanner melalui link ini.

SmartDraw

SmartDraw
Gambar: www.youtube.com

SmartDraw menjadi tools desain powerful selanjutnya. Ia cukup mudah untuk dipelajari dan digunakan namun memiliki fasilitas yang cukup lengkap jika ditujukan untuk desain yang lebih advanced.

Terdapat banyak pilihan furnitur, bahan bangunan, mobil dan ribuan template dan contoh denah lain yang siap kamu jelajahi untuk mendapatkan rancangan tata ruang dan desain yang sesuai dengan keinginanmu. Satu-satunya kekurangan SmartDraw mungkin hanya tidak memiliki versi gratis, karena kamu hanya bisa menggunakannya selama tujuh hari sebelum harus melakukan upgrade ke akun berbayar.

Kamu bisa mengakses SmartDraw melalui situs resminya dengan mengunjungi link ini.

Roomstyler 3D

Roomstyler 3D
Gambar: softpedia.com

Roomstyler memiliki tampilan yang sangat intuitif dan mudah digunakan, mungkin kamu tidak perlu mencari video tutorial tentang cara penggunaannya. Lalu yang menjadi nilai tambah, ia didukung dengan video tutorial yang bisa menjelaskan hampir semua pertanyaanmu tentang Roomstyler 3D.

Kelebihan Roomstyler 3D adalah kemudahan dalam membuat desain ruangan dalam hitungan menit. Ia juga dilengkapi dengan furnitur yang menggunakan produk aslinya, jadi kamu bisa melihat detil ruangan sampai ke furniturnya.

Roomstyler 3D bisa kamu akses langsung melalui link ini.

HomeByMe

HomeByMe
Gambar: home.by.me

Selanjutnya ada HomeByMe, ia adalah perancang ruangan gratis dimana kamu memulai dari 2D untuk menentukan denah rumah. Setelah selesai, ubah tampilan menjadi 3D lalu tambahkan detil seperti jendela, pintu dan furnitur.

HomeByMe tersedia gratis dengan batasan hanya 3 projects dan 3 realistic renderings. Memang sangat terbatas, namun cukup untuk masa percobaan untuk memutuskan berlangganan atau tidak.

Kamu bisa mendaftar secara gratis dan menggunakan HomeByMe melalui link ini.

Smart Home 3D

Aplikasi 3D ini sangat ideal untuk kamu yang menginginkan lebih banyak opsi untuk menyesuaikan tata letak ruangan. Aplikasi desain rumah ini benar-benar gratis, kamu tidak akan dikenakan biaya upgrade atau sejenisnya. Karena bentuknya program, kamu harus menginstallnya dikomputermu. Ia bisa digunakan dikomputer Windows, MacOS, Linux dan Solaris.

Antarmukanya memiliki 4 bagian:

  • Katalog furnitur yang memungkinkan kamu untuk memilih komponen berdasarkan nama, lalu drag & drop komponen di atas denah.
  • Daftar furnitur rumah yang menampilkan dimensi masing-masing bagian berdasarkan ukuran dan nama.
  • Denah rumah dalam format 2D dimana bagian pintu, jendela, dinding dan furnitur diletakan.
  • Tampilan 3D rumah yang menunjukkan rancangan kamu dalam bentuk tiga dimensi sehingga kamu bisa memvisualisasikannya dengan lebih mudah.

Smart Home 3D bisa menjadi aplikasi yang simpel, namun bisa fitur dan fasilitasnya tetap memadai jika digunakan untuk melakukan hal yang lebih advanced dalam perancangan tatak letak dan ruangan.

Unduh apalikasi Smart Home 3D atau gunakan versi website melalui link ini.

Homestyler

Kamu bisa menggunakan Homestyler dengan mudah, untuk membuat rancangan denah kamu cukup melakukan drag & drop saja. Terdapat banyak varian pintu dan jendela yang tidak memerlukan pengtahuan tentang jenis, jarak dan lainnya untuk diaplikasikan. Homestyler sangat cocok untuk pemula yang ingin mencoba mengaplikasikan ide desainnya.

Homestyler juga memiliki tool yang memungkinkan kamu untuk memilih perabot dan dekorasi ruang sesuai keinginkan. Tools online-nya bisa kamu gunakan gratis, meskipun untuk fitur yang lebih lengkap kamu harus membeli versi Homestyler Pro.

Akses Homestyler bisa kamu lakukan melalui link ini.

Penutup

Ada cukup banyak aplikasi desain rumah gratis yang bisa digunakan, terlebih untuk sekedar belajar bagaimana merancang denah yang tepat. Terlebih kamu tidak harus memiliki skill untuk memulainya karena banyak aplikasi atau tools online yang sangat user friendly.

Jika memiliki saran atau rekomendasi aplikasi desain rumah 3D yang bagus, kamu bisa menuliskan dikolom komentar untuk saya tambahkan ke artikel. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.