13 Aplikasi Download Lagu Android Terlengkap dan Gratis

Buat kamu yang suka download lagu, coba salah satu aplikasi dibawah ini.
Aplikasi Download Lagu

Mendengarkan musik sudah menjadi aktivitas harian kebanyakan orang saat ini. Kita bisa dengan mudah mencari berbagai genre lagu secara online di layanan streaming lagu, tanpa harus mengorbankan memori untuk menyimpannya.

Namun bagaimanapun juga, memiliki musik yang bisa diputar secara offline adalah pilihan yang bijak. Karena dibeberapa situasi mungkin kita tidak bisa mengakses internet, yang artinya tidak mungkin untuk melakukan streaming.

Nah saya sudah mengumpulkan beberapa aplikasi download lagu yang bisa kamu gunakan untuk mencari dan mengunduh musik atau lagu favoritmu secara gratis.

Aplikasi Download Lagu Android Gratis

Aplikasi yang saya tuliskan dibawah ini memiliki jenis musiknya masing-masing, ada yang memiliki koleksi lengkap untuk lagu barat, india atau jenis musik tertentu. Jadi pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan selera musikmu.

Spotify

Spotify

Sportiy adalah salah satu layanan streaming musik terpopuler saat ini, dimana kamu bisa mendengarkan berbagai macam jenis musik mulai dari lokal sampai internasional dengan mudah.

Koleksi yang lengkap serta kualitas audio-nya yang baik, menjadikan Spotify banyak dipilih pecinta musik. Spotify juga mendukung pemutaran musik secara offline, jadi kamu bisa mendownload lagu-lagu favoritmu dan nantinya bisa didengarkan tanpa akses internet.

Adapun untuk menggunakan layanan mendengarkan musik offline-nya kamu harus membayar biaya berlangganan sekitar Rp 50.000 per bulan. Harga yang cukup kompetitif dengan beberapa pesaingnya untuk mendapatkan akses penuh ke semua koleksi musik tanpa iklan dan fitur menaik lainnya.

Joox

Joox

JOOX Music
JOOX Music
Price: To be announced

Seperti Spotify, Joox merupakan layanan streaming musik yang cukup populer di Indonesia. Di Joox kamu bisa mendengarkan musik sambil menyanyi karena mereka menyediakan lirik lagu yang sedang kamu dengarkan. Kamu juga bisa karaokean menggunakan salah satu fitur yang disediakan Joox.

Koleksi musik Joox untuk lagu Indonesia dan internasional juga cukup lengkap, terlebih untuk karya-karya populer. Seperti halnya Spotify, kamu harus membayar biaya berlangganan mingguan atau bulanan untuk mendapatkan fitur putar lagu secara offline.

Berlangganan juga membuatmu bisa menggunakan Joox secara lebih leluasa tanpa iklan, dan menerima fitur yang ditawarkan secara penuh tanpa batasan.

Soundcloud

Soundcloud

Sedikit berbeda dengan yang sebelumnya, Soundcloud lebih mengarah ke genre musik tertentu misalnya EDM ataupun lofi. Di Soundcloud mungkin kamu akan kesusahan mencari beberapa genre lagu, baik lokal maupun internasional.

Namun jika kamu menyukai genre musik yang lebih spesifik, yang biasa diciptakan artis-artis amatir mungkin Soundcloud menjadi pilihan yang tepat. Di Soundcloud kamu juga bisa mendownload lagu atau musik kesukaanmu secara gratis.

Meski demikian, ada beberapa artis yang tidak memberikan izin download pada karya yang mereka miliki sehingga tombol download tidak muncul. Namun jangan khawatir, kamu bisa mencoba cara download lagu di Soundcloud yang sudah saya posting diartikel sebelumnya.

Audiomack

Audiomack

Audiomack menjadi salah satu aplikasi download lagu terbaik untuk Android yang bisa kamu coba. Disini kamu bisa mendownload lagu, album, musik, mixtapes dan playlist secara gratis untuk didengarkan tanpa internet. Audiomack akan memastikan kamu untuk selalu up-to-date dengan musik yangn sedang tren.

Kamu bisa membuat playlist musikmu sendiri di Audiomack. Soal koleksi musik, Audiomack mungkin bukan yang terlengkap karena mereka juga memastikan tidak ada copyright yang dilanggar. Audiomack lebih disarankan untuk kamu yang suka lagu-lagu barat dibanding lagu lokal.

YMusic

YMusic

YMusic memungkinkanmu untuk streaming video dibelakang layar, jadi kamu bisa mendengarkan lagu sambil menggunakan aplikasi lainnya. YMusic menggunakan layanan YouTube, jadi didalamanya kamu juga bisa menonton video.

Fitur yang paling menarik adalah, kamu bisa download lagu dari YouTube menggunakan YMusic. Format file audio yang bisa kamu download adalah M4A dan MP3. Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang bagus, sehingga memudahkanmu dalam mengatur hasil download.

YMusic tidak tersedia di Play Store, kamu bisa mengunjungi situs resmi YMusic untuk mengunduhnya. Saat saya mencoba, aplikasi ini tidak menampilkan iklan sama sekali. Tentu hal ini bisa berubah mengingat YMusic adalah aplikasi gratis.

NewPipe

NewPipe

Mirip seperti YMusic, NewPipe adalah aplikasi open-source yang memiliki fitur untuk memutar video dibelakang layar dan mengunduhnya. Aplikasi yang juga menggunakan YouTube sebagai sumber utama ini bisa mengunduh file dalam bentuk audio, jadi kamu tidak perlu melakukan konversi lagi.

NewPipe terus mendapatkan update untuk menutup bug dan mengembangkan fiturnya. Antarmukanya mudah dimengerti dan modern, kamu tidak akan kesusahan dalam menggunakannya.

Saat ini NewPipe sudah mendukung untuk mengunduh file di SoundCloud, FramaTube dan MediaCCC. Saat pertama kali dibuka, tampilannya memang menggunakan YouTube. Untuk mengubah sumbernya, tap menu disebelah kiri atas kemudian tap ikon NewPiper, kemudian pilih SoundCloud (beta).

NewPipe juga tidak tersedia di Play Store, melainkan F-Droid. F-Droid adalah aplikasi yang mirip dengan Play Store, dimana terdapat beragam aplikasi gratis didalamnya. Jadi kamu harus menginstall F-Droid terlebih dahulu, mencari NewPipe di F-Droid baru menginstall NewPipe.

Download Mp3 Music

Download Mp3 Music

Jika kamu butuh aplikasi download lagu dengan koleksi lengkap dan simpel, coba Download Mp3 Music. Koleksi lagunya cukup lengkap, untuk lokal, internasional atau bahkan jika kamu suka lagu-lagu kpop. Tidak hanya lagu, kamu bisa menemukan berbagai genre musik seperti dubstrep, synthesizer dan lain-lain disini.

Untuk lagu yang bukan instrumen bahkan kamu disediakan lirik, jadi kamu bisa menyanyi sambil mendengarkan lagu tanpa membuka aplikasi lain untuk melihat liriknya. Mendengarkan musik favortimu secara offline juga sangat mudah, kamu hanya perlu mendownloadnya.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis tanpa opsi in-app purchase. Meski demikian ia masih menampilkan iklan yang mungkin akan mengganggu, hal wajar karena menjadi satu-satunya sumber penghasilan developernya.

Free Music Downloader

Free Music Downloader

Disini kamu bisa menemukan dan mendengarkan lebih dari 150 juta koleksi lagu gratis, yang tentunya bisa kamu download. Kamu juga disediakan pengaturan equalizer, bass boost, variable speed, sleep timer, lyrics dan lain-lain yang bisa kamu aplikasi di musik yang kamu download.

Free Music Downloader menggunakan sumber file dari podcast, Jamendo dan Dropbox yang bisa kamu unduh. Sedangkan untuk musik yang berasal dari YouTube dan Soundcloud hanya bisa kamu putar secara online (streaming). Karena hal itu kebanyakan koleksi lagu Indonesia tidak bisa didownload, namun untuk kamu yang suka lagu barat mungkin tidak menjadi masalah.

Gaana Music

Gaana Music

Jika kamu adalah penggemar berat lagu-lagu India, kamu wajib install Gaana Music. Aplikasi ini memiliki koleksi lebih dari 30 juta lagu India dan Inggris yang bisa kamu dengarkan gratis. Gaana Musis juga menawarkan lirik untuk setiap lagu yang kamu dengarkan.

Tapi untuk bisa mendownload koleksi lagunya kamu harus membayar biaya berlangganan sekitar $4 per bulan. Dengan membayar langganan, kamu bebas mengunduh, menggunakan aplikasi tanpa iklan, mendengarkan audio dengan kualitas tinggi dan melakukan singkronisasi download pada 4 perangkat berbeda.

4shared

4shared

4shared
4shared
Developer: New IT Solutions
Price: Free

4shared adalah salah satu website file-sharing terpopuler yang sudah cukup lama beroperasi. Didalamnya juga ada berbagai jenis musik dan lagu yang diupload oleh penggunanya, tentu saja karena hal ini koleksinya terbilang cukup lengkap. 4shared memiliki aplikasi Android yang akan memudahkanmu mencari dan mengunduh musik favoritmu.

Musik yang kamu download secara otomatis akan ditambahkan ke tempat penyimpanan berkapasitas 15GB yang diberikan 4shared, yang tentunya bisa kamu dengarkan secara offline.

Karena sudah cukup lama beroperasi, 4shared bisa menjadi tempat yang tepat untuk menemukan koleksi musik klasik tanpa copyright yang kamu suka.

FrostWire

FrostWire

ForstWire berbeda dengan aplikasi download lagu pada umumnya karena ia merupakan aplikasi downloader torrent. Dengan FrostWire, memungkinkan kamu mengunduh file torrent, yang juga berguna sebagai music player.

Aplikasi ini menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin mengunduh seluruh album dari artis favoritmu. Cara menggunakannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu menulis nama artis, album atau judul lagu kemudian tunggu beberapa saat hingga hasil pencarianmu muncul.

Proses download file torrent dari FrostWire juga cukup cepat, meski tergantung pada besarnya file dan kecepatan internetmu. Soal koleksi, saya sudah mencoba mencari beberapa lagu populer lokal dan internasional dan bisa menemukannya dengan mudah. Patut dicoba bukan?

SONGily

SONGily

SONGily
SONGily
Developer: SONGily
Price: Free

SONGily mennjadi salah satu aplikasi download lagu paling ringan yang bisa kamu temukan di Play Store. Kamu bisa melakukan streaming ataupun mendownload musik favoritmu, ia juga memiliki search engine yang akurat untuk menemukan musik yang kamu maksud.

Aplikasi ini memiliki tampilan chart list di halaman depannya. Ia juga bisa kamu gunakan untuk melakukan convert video ke mp3 dari Facebook, YouTube, dan Instagram dan menyimpannya secara langsung ke Android-mu.

Loffee

Loffee

Loffee - Lo-Fi Music
Loffee - Lo-Fi Music
Developer: Cube Apps
Price: Free

Yang terakhir, khusus untuk kamu yang suka jenis musik lo-fi. Aplikasi ini menawarkan banyak musik lo-fi yang bisa kamu dengarkan sambil bersantai atau saat dalam perjalanan. Jenis musik ini sendiri sangat pas untuk relaksasi karena dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Dengan tampilan yang simpel dan elegan, kamu bisa menggunakan semua fitur Loffee termasuk mendengarkan secara offline secara gratis. Cube Apps sebagai developer Loffee bahkan tidak menyisipkan iklan kedalam aplikasinya, menarik bukan?

Penutup

Itulah beberapa aplikasi download lagu yang bisa kamu gunakan melalui perangkat Android saat ini. Sesuaikan dengan jenis musik atau lagu yang kamu sukai agar lebih mudah menemukannya, karena sebagian aplikasi memiliki koleksi musik yang cukup spesifik.

Saya akan coba memperbarui artikel ini kedepannya agar terus relevan dengan kebutuhanmu. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga artikel referensi ini bermanfaat.

Donny Satriya
Donny adalah pendiri sekaligus penulis di Nokturnal.id, menyukai dunia teknologi sejak lama. Tidak memiliki hobi khusus, namun menyukai musik dari berbagai genre.