10+ Aplikasi Download Video Terbaik Edisi 2020, Gratis!

Sedang mencari video downloader terbaik? Berikut rekomendasi terbaik kami.
Aplikasi Download Video

Sekarang download video dari YouTube atau situs lainnya bisa dilakukan dengan mudah karena banyaknya aplikasi download video gratis yang bertebaran di internet. Aplikasi downloader ini tentu sangat membantu karena lebih praktis dan cepat, terlebih jika kamu memang sering menyimpan video untuk ditonton secara offline.

Jika kamu sedang mencari aplikasi seperti ini, kamu datang ke tempat yang tepat. Di artikel ini saya akan merekomendasikan beberapa aplikasi downloader video baik untuk ponsel Android maupun PC.

Perlu kamu perhatikan bahwa dalam pemilihan aplikasi dibawah saya mencoba memastikan tidak ada malware yang disisipi kedalam aplikasi, yang sering muncul diaplikasi gratis. Tanda awal bahwa aplikasi membawa malware secara diam-diamn adalah munculnya iklan secara tiba-tiba di ponsel atau komputermu.

Aplikasi Download Video PC

Saya mencoba membagikan aplikasi yang bisa digunakan gratis atau open-source.

4K Video Downloader

4K Video Downloader

Aplikasi komputer besutan developer 4K Download ini terbilang populer, pasalnya ia mendukung banyak situs video dan sosial media populer saat ini. Penggunaannya juga sangat simpel, kamu hanya perlu memasukan link video kedalam aplikasi.

Kamu bisa memilih format dan resolusi video yang didownload melalui aplikasi. 4K Video Downloader tersedia gratis, namun apabila kamu membelinya kamu bisa membuka fitur yang ditawarkan sepenuhnya.

Tampilan aplikasi ini bersih dan simpel dan meskipun tertulis versi gratisnya menampilkan iklan, saya sendiri belum pernah melihatnya sama sekali. Selain mendukung sistem operasi Windows, 4K Video Downloader juga tersedia dalam versi MacOS dan Ubuntu.

Baca juga: Cara Download Video YouTube

Kelebihan:
  • Mendukung hampir semua situs video populer.
  • Bisa mendownload semua video dalam playlist dan channel.
  • Terdapat opsi download subtitle.
  • Mendukung batch download.
  • Bisa mendownload video 3D dan 360 derajat.
  • Bisa memilih resolusi, mendukung video dengan resolusi 4K dan 8K.
  • Terdapat fitur multi-thread untuk proses download yang lebih cepat.
  • Memiliki Smart Mode untuk memastikan video yang didownload sesuai dengan pengaturanmu.
  • Otomatis membaca link yang kamu copy.
Kekurangan:
  • Berbayar untuk fitur lengkap.
  • Download playlist dibatasi diversi gratis.

ClipGrab

ClipGrab

Selanjutnya ada ClipGrab, yang merupakan aplikasi download video gratis untuk PC yang sayangnya hanya mendukung sistem operasi Windows. Tidak seperti 4K Video Downloader yang menawarkan upgrade ke versi premium, ClipGrab menawarkan semua fiturnya secara cuma-cuma.

ClipGrab mendukung situs video Youtube, Vimeo, Dailymotion, Facebook dan lainnya. Soal fitur, ClipGrab tidak begitu lengkap seperti 4K Video Downloader. Ia bisa mengunduh video HD serta sekaligus merubahnya kedalam bentuk MP3. Jadi untuk kamu yang mencari cara download MP3 di YouTube, ClipGrab wajib kamu coba.

Baca juga: Cara Download MP3 Dari YouTube

Kelebihan:
  • Mendukung banyak situs video dan sosial media populer.
  • Mendukung untuk download beberapa video bersamaan.
  • Memiliki fitur search untuk YouTube.
  • Otomatis mendeteksi link yang ada di clipboard.
  • Bisa mengkonvert file video ke audio secara otomatis.
  • Terdapat opsi resolusi video yang ingin didownload.
  • Antarmuka yang bersih dan simpel.
Kekurangan:
  • Disisipi adware yang kemungkinan bisa menampilkan iklan.
  • Fitur tidak selengkap 4K Video Downloader.
Catatan:
Perhatikan setiap langkah saat meng-install ClipGrab, jika kamu menemui penawaran seperti gambar dibawah klik Decline. Di langkah ini ClipGrab mencoba meng-install aplikasi adware, tapi jika kamu punya antivirus terbaik biasanya file adware akan langsung dihapus.

Adware ClipGrab

Internet Download Manager

Internet Download Manager

IDM mungkin jadi aplikasi terpopuler didaftar ini, karena kemudahan dan fleksibilitasnya untuk mendownload dari berbagai macam situs. Karena support yang bagus dan selalu update, IDM layak menjadi pilihan terbaikmu.

Baca juga:

Sayangnya IDM hanya bisa digunakan setelah kamu membelinya, namun kamu tetap bisa mencobanya gratis dengan memanfaatkan masa trial selama 30 hari. Menurut saya IDM sangat worthed untuk dibeli.

Aplikasi Download Video di Android

Android juga memiliki banyak aplikasi khusus untuk mengunduh video dari situs-situs populer seperti halnya komputer. Daripada bingung memilih aplikasi mana yang bagus, simak daftarnya dibawah ini.

YouTube Go

YouTube Go
YouTube Go
Developer: Google LLC
Price: To be announced

Yang pertama khusus untuk kamu yang suka download video dari YouTube. YouTube Go sendiri ditujukan untuk smartphone low end yang butuh aplikasi ringan. Meski demikian, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengunduh video secara legal tanpa batasan.

Hal ini karena YouTube Go berbeda dengan aplikasi YouTube biasa yang membatasi video mana yang boleh diunduh oleh pengguna, YouTube Go tidak memiliki batasan itu.

Kamu juga bisa memilih kualitas video yang ingin didownload, biasanya tersedia dalam tiga kategori. Kekurangannya adalah, kamu harus menonton video melalui aplikasi YouTube Go dan tidak bisa mengunduh video dari situs lainnya.

NewPipe

NewPipe

NewPipe adalah aplikasi open-source Android yang bisa kamu gunakan untuk mengunduh video YouTube. Aplikasi ini memang hanya ditujukan untuk situs YouTube, dimana didalamnya kamu bisa mencari video sekaligus streaming sebelum memutuskan didownload.

Aplikasi ini bisa jadi pilihan terbaik karena tidak menampilkan iklan sama sekali dan tentunya gratis. Antarmukanya juga sangat intuitif, modern dan mudah dimengerti. Secara keseluruhan NewPipe bisa dibilang sempurna dengan banyaknya fitur bermanfaat yang dibawanya.

NewPipe tidak tersedia di Play Store, untuk menginstall-nya kamu harus menginstall F-Droid terlebih dahulu. F-Droid sendiri merupakan aplikasi repositori berisi aplikasi open-source Android, setelah menginstall F-Droid kamu bisa mencari dan mengunduh NewPipe didalamnya. Mirip seperti Play Store.

Videoder

Videoder

Videoder adalah aplikasi downloader yang cukup powerful dan fleksibel, dimana kamu tidak hanya bisa mengunduh video dari YouTube namun juga situs lain seperti Facebook, Twitter, Instagram dan banyak lagi lainnya.

Dari aplikasi ini kamu juga bisa streaming video dan mengunduhnya dalam berbagai format dan kualitas sesuai keinginanmu. Tampilan UI-nya cukup simpel dan modern, terdapat mode malam, beberapa tema berbeda dan build-in video player.

Baca juga: Cara Download Video di Twitter

Videoder tidak tersedia di Play Store, tapi kamu bisa mengunduhnya melalui website resminya dan menginstall-nya di ponselmu. Aplikasi ini tidak memiliki opsi in-app purchase namun sebagai gantinya menampilkan iklan. Meski demikian, kamu bisa menghapusnya dengan membeli plugin Videoder Premium melalui Play Store. Sepengalaman saya sendiri iklan yang ditampilkan hanya didalam aplikasi dan tidak terlalu mengganggu, jadi seharusnya versi gratis sudah cukup.

Snaptube

SnapTube

Snaptube adalah downloader video terpercaya yang memungkinkan kamu untuk mengunduh video dari YouTube dan beberapa situs populer lainnya. Didalamnya kamu bisa melakukan pencarian video YouTube secara langsung.

Selain video, Snaptube juga bisa berfungsi sebagai downloader file audio dari situs musik seperti Soundcloud. Sebelum proses download kamu bisa memilih format dan kualitas file audio maupun video sesuai kebutuhan.

Baca juga: Cara Download Video di Facebook

Seperti Videoder, Snaptube hanya bisa kamu dapatkan langsung melalui situs resmi mereka. Snaptube tersedia gratis sepenuhnya dengan menampilkan iklan didalam aplikasi.

InsTube

InsTube

Downloader video dan audio selanjutnya bernama InsTube, yang terdengar mirip dengan aplikasi sebelumnya. InsTube dapat mengunduh file dari situs populer seperti YouTube, Twitter, Facebook, Instagram, Vimeo dan banyak lagi lainnya. Mereka mengklaim bahwa aplikasinya mendukung lebih dari 100 situs.

InsTube juga bisa mengunduh file audio sekaligus menjadi konverter video ke audio, sangat pas untuk kamu yang sering download MP3 dari YouTube. Terdapat pula fitur untuk memilih format file dan kualitasnya. Dan sama seperti aplikasi download video kebanyakan, kamu harus sabar menghadapi iklan yang muncul diaplikasi.

TubeMate

TubeMate

TubeMate sudah beredar sejak cukup lama dan terkenal sebagai aplikasi download video dari banyak situs terkenal termasuk YouTube. Aplikasi TubeMate sudah built-in browser, jadi kamu bisa mencari video yang ingin kamu download tanpa menggunakan aplikasi browser lainnya.

Baca juga: Cara Download Video di Instagram

Fitur untuk memilih kualitas dan format file juga hadir di TubeMate. Sedangkan untuk mengunduh video YouTube dalam bentuk audio, kamu masih membutuhkan aplikasi konverter. Secara keseluruhan TubeMate bisa menjadi alternatif yang cukup baik meskipun iklannya mungkin akan sedikit mengganggu.

VidMate

VidMate

Kemudian ada VidMate yang juga sudah dikenal cukup lama sebagai aplikasi download video. Kamu bisa mencari video berdasarkan kategori yang tersedia seperti acara tv, musik, film dan lainnya atau langsung mencarinya secara spesifik melalui search bar. RTV Streaming

Terkenal cepat saat download, kamu juga bisa mengatur limit kecepatan download serta lokasi untuk menyimpan file hasil downlaod. VidMate sudah dilengkapi dengan video player, music player, kamu juga bisa membuat folder terenkripsi untuk menyembunyikan video. Streaming Net TV

YMusic

YMusic

Last but not least, ada YMusic yang merupakan aplikasi download video YouTube untuk Android. Ia juga memiliki fitur untuk memutar video YouTube dibackground, sehingga kamu bisa mendengarkan musik dari YouTube sambil menggunakan aplikasi lain.

Didalamnya, kamu bisa melihat video trending di YouTube serta musik yang sedang populer. Jika kamu suka mendengarkan musik sebelum tidur, di YMusic terdapat fitur sleep timer agar musik yang sedang kamu dengarkan bisa berhenti secara otomatis.

Penutup

Sudah menemukan aplikasi download video yang tepat? Karena sebagian besar orang yang membutuhkan aplikasi ini ditujukan untuk mengunduh video di YouTube, maka kamu akan punya banyak opsi untuk dicoba.

Tuliskan komentarmu dibawah jika menemukan kendala atau memiliki aplikasi download video sejenis lainnya yang ingin kamu rekomendasikan untuk pembaca. Termakasih sudah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat.