11 Aplikasi Edit Foto Terbaik Windows, MacOS dan Linux

Serahkan semua proses editing foto profesionalmu ke aplikasi komputer dibawah ini.
Aplikasi Edit Foto Terbaik
Image credit: @Matan Segev/www.pexels.com

Sebuah foto yang memukau tidak hanya berasal dari teknik fotografi yang dilakukan seorang fotografer, namun juga proses editing sebelum foto tersebut dipublikasikan. Post processing menjadi salah satu bagian penting untuk mengeluarkan semua potensi sebuah foto agar dapat menampilkan gambar yang lebih atraktif.

Proses editing ini dibantu oleh aplikasi edit foto terbaik, dimana kita bisa melakukan banyak hal seperti color correcting, menghapus noise dan lainnya. Penggunaannya tentu tidak terbatas untuk para profesional, kamu yang masih pemula juga bisa menggunakannya untuk belajar dan melakukan hal-hal kecil seperti mengganti warna background atau menghapus suatu objek didalam foto.

Aplikasi Edit Foto Terbaik

Untuk kamu yang ingin belajar editing atau manipulasi foto, berikut ada beberapa rekomendasi aplikasi edit foto terbaik untuk PC dan laptop yang bisa kamu coba. Sebagian bisa kamu gunakan gratis dan sebagian lainnya berbayar.

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop
www.techradar.com

Adobe Photoshop adalah aplikasi edit foto terbaik untuk fotografer profesional dan desainer. Ia memiliki semua tools yang dibutuhkan untuk melakukan image retouching, image restoration, color correction, digital drawing dan desain.

Photoshop dilengkapi dengan sangat banyak fungsi, tools dan kemampuan edit foto yang tidak terbatas, memungkinkan penggunanya untuk membuat desain logo dan banner yang unik, menggambar elemen digital untuk website dan banyak lagi lainnya.

Sedikit kelemahan Adobe Photoshop mungkin fungsi dan fiturnya yang rumit sehingga butuh waktu untuk belajar bagi pemula untuk mahir dalam menggunakannya. Namun kelemahannya ini bisa dengan mudah tertutupi karena Adobe Photoshop dangat populer dan kamu bisa dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaanmu di internet.

Adobe Lightroom

Adobe Lightroom
photorumors.com

Adobe Lightroom adalah editor grafis dari Adobe yang biasa digunakan untuk color correction dan pengeditan foto dasar. Adobe sendiri mengakui bahwa Photoshop cukup lemah dalam hal color correction, dan akhir mereka membuat merancang aplikasi baru yang lebih ditujukan untuk color correction.

Tidak seperti Photoshop, Lightroom memiliki antarmuka yang mudah dipelajari dan user friendly. Selain itu, Adobe Lightroom juga memungkinkan pengguna untuk melakukan retouching dasar pada gambar dan mengerjakannya secara bersamaan.

Skylum Luminar

Skylum Luminar
skylum.com

Skylum Luminar berkembang dengan cepat menjadi salah satu aplikasi edit foto terbaik untuk PC dan laptop yang populer untuk kalangan profesional. Dari segi pembayaran saja sudah menarik, dimana kamu hanya perlu membayar satu kali tanpa ada biaya berlangganan bulanan seperti produk Adobe.

Kamu bisa menggunakan Luminar secara independen atau menggunakannya sebagai plugin di Photoshop, Lightoom dan bahkan Apple Photos.

Corel Paintshop Pro

Corel Paintshop Pro
www.dpreview.com

Corel Paintshop Pro adalah salah satu pilihan aplikasi editor foto yang paling simpel untuk kamu yang ingin penyesuaian sederhana pada gambar namun efektif untuk mengeluarkan potensinya. Meskipun bukan yang paling canggih dipasaran, ia membawa fitur yang kamu butuhkan untuk memberi sentuhan akhir sebuah foto.

Seperti beberapa aplikasi foto lainnya, kamu hanya perlu membayar sekali untuk mendapatkan Corel Paintshop Pro, tidak ada biaya berlangganan. Untuk harga yang ditawarkan, kamu akan mendapatkan akses ke banyak tekstur, brushes dan background. Lebih menariknya lagi Corel akan menambahkan fitur selama masih dikembangkan.

Capture One

Capture One
lifeafterphotoshop.com

Capture One adalah editor foto untuk melakukan image retouching dan color correction. Capture One sebelumnya dikenal sebagai Lightpahse Capture, dikembangkan dan dirilis pada 2011 oleh Phase One. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk bekerja dengan gambar secara profesional, melakukan retouching, color correction dan lain-lain.

Selain itu, mirip seperti Lightroom, Capture One memungkinkan penggunaan presets dan secara signifikan dapat mempercepat proses color correction. Sedangkan yang mungkin menjadi kelemahan adalah, Capture One membutuhkan resource komputer yang cukup banyak sesuai penggunaanya.

ACDSee Photo Studio

ACDSee Photo Studio
www.filehorse.com

ACDSee Photo Studio merupakan editor foto yang layak dipertimbangkan. Dikembangkan oleh SCD System, aplikasi ini memiliki banyak tools editing, termasuk batch editing. ACDSee Photo Studio bisa dikategorikan sebagai aplikasi semi-profesional untuk mengolah gambar.

ACDSee Photo Studio juga menawarkan direct edit, yang membuatmu tidak perlu melakukan import dan mengedit file langsung dari drives. Aplikasi ini dijual dengan dua opsi, yakni sekali bayar dan berlangganan bulanan.

Aplikasi Edit Foto Terbaik PC Gratis

Untuk kamu yang hanya ingin melakukan editing ringan dan tidak perlu aplikasi editor berbayar, ada beberapa aplikasi edit foto terbaik gratis yang patut kamu pertimbangkan untuk dicoba.

GIMP

GIMP
thenextweb.com

GIMP (GNU Image Manipulation Program) populer sebagai aplikasi edit foto gratis yang bisa kamu gunakan saat ini. Ia sudah mendukung cross platform yang artinya bisa kamu jalankan diperangkat GNU/Linux, Windows, OS X dan sistem operasi lainnya. GIMP bisa digunakan untuk kamu desainer grafis, fotografer, ilustrator atah bahkan ilmuan. Kamu juga bisa meningkatkan produktivitas dengan GIMP berkat opsi kustomisasi dan dukungan plugin pihak ketiga.

Paint.NET

Paint.NET
www.getpaint.net

Paint.NET mengedepankan kesan simpel sebagai nilai jual utama, ia merupakan editor foto ringan dan gratis yang mudah dioperasikan. Meski namanya terkesan seperti aplikasi Paint di Microsoft, fitur yang ditawarkan Paint.NET lebih dari itu dan bisa dibilang memiliki semua hal dasar yang diperlukan editor foto.

PhotoScape

PhotoScape
photo-scape.org

PhotoScape mungkin terlihat seperti editor foto sederhana, tapi dimenu utamanya kamu akan menemukan banyak fitur menarik seperti: raw conversion, photo splitting & mergin, animated GIF creation dan banyak lagi lainnya. Filter yang dimiliki PhotoScape cukup advanced, kamu bisa menaikan mempertajam atau menambah filter ringan ke gambar dengan cepat.

Inkscape

Inkscape
github.com

Editor foto gratis selanjutnya adalah Inkscape. Aplikasi ini sudah mendukung cross platform untuk digunakan di Linux, Windows dan MacOS X. Seperti Photoshop, Inkscape didesain untuk memberikan kamu kontrol penuh atas gambar untuk melakukan semua hal menggunakan fitur yang ada.

Pixlr X

Terakhir ada Pixlr X yang merupakan penerus Pixlr Editor, ia adalah editor foto online gratis yang sudah dikenal sejak lama. Pixlr X adalah web based editor yang berjalan menggunakan HTML5, artinya ia bisa kamu gunakan di perangkat apapun menggunakan koneksi internet dan browser yang mendukung. Untuk editing ringan sampai rumit, kamu bisa mencoba mempercayakannya pada Pixlr X.

Penutup

Setiap aplikasi edit foto diatas tentunya memiliki keunggulannya masing-masing, sesuaikan dengan kebutuhanmu agar tidak salah memilih. Sedangkan jika digunakan untuk editing ringan, kamu bisa mencoba versi gratis dari aplikasi diatas.

Apabila kamu memiliki rekomendasi aplikasi edit foto terbaik untuk laptop dan PC lainnya, silahkan tuliskan dikolom komentar. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.