10 Aplikasi Edit Lagu/Audio Terbaik untuk PC Edisi 2020

Kamu bingung software apa yang paling bagus untuk melakukan editing audio atau lagu? Coba lihat salah satu saran kami dibawah ini.
Image credit: www.videomaker.com

Jika kamu membaca artikel ini, pasti kamu sedang mencari aplikasi edit lagu terbaik yang bisa kamu gunakan di komputer. Aplikasi editing musik diperlukan tentunya untuk memproses sebuah musik, background video atau kamu hanya ingin berkreasi memotong dan menyatukan bagian lagu favoritmu.

Ada banyak aplikasi editing audio yang bertebaran di internet, dari yang gratis sampai yang berbayar. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, sebagai pengguna kamu hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhanmu.

Aplikasi Edit Lagu Terbaik untuk Komputer

Sebagian besar aplikasi yang ada didaftar ini ditujukan untuk sistem operasi Windows, namun beberapa diantaranya tentu memiliki versi Mac.

Adobe Audition

Adobe Audition
Image credit: exchange.adobe.com

Adobe Audition sangat mudah untuk masuk kedalam daftar aplikasi editing audio terbaik. Software besutan Adobe ini datang dengan banyak fitur luar biasa yang berasal dari tim berpengalam yang dimiliki Adobe. Audition memiliki fitur seperti pengeditan multi-track dan mixing yang tentunya membuat proses edit menjadi lebih mudah dan efisien.

Adobe Audition juga didukung oleh banyak plug-in yang gunanya memudahkan pengguna melakukan suatu proses. Antarmukanya juga dibuat sebaik mungkin agar mudah dipelajari dan dijangkau selama pengeditan berlangsung. Audition mendukung hampir semua format audio yang banyak digunakan saat ini, jadi jangan khawatir.

Yang menjadi kelemahan mungkin adalah, Adobe Audition merupakan software berbayar yang menawarkan free trial. Kamu bisa berlangganan dengan harga mulai dari $20 perbulan. Lalu untuk pemula, mungkin perlu belajar lebih lanjut agar bisa memaksimalkan fungsi yang dimiliki Audition. Kamu tidak perlu khawatir, karena Adobe menyediakan tutorial khusus mengenai produknya sama seperti produk Adobe lainnya.

Audacity

Audacity
Image credit: www.audacityteam.org

Pernah dengar nama Audacity? Software ini memang sering masuk rekomendasi dalam topik editing audio karena ia gratis dan open source. Banyak orang memilih Audacity ketika mereka mulai melakukan editing audio. Soal fitur juga kamu tidak perlu khawatir, Audacity memuat hampir semua fitur edit yang kamu butuhkan.

Terdapat pula banyak efek seperti bass, treble, distortion, noise removal dan lainnya. Audacity juga datang dengan beberapa analysis tools seperti silence finder, sound findar, beat finder dan lainnya.

Kamu tidak perlu khawatir soal format audio yang didukung karena Audacity sudah mendukung hampir semua format audio yang sering digunakan saat ini. Meskipun tampilannya tidak bisa dibilang sempurna, paling tidak Audacity bisa menjadi awal untuk belajar tentang editing audio.

Oocenaudio

Oocenaudio
Image credit: www.ocenaudio.com

Jika kamu butuh yang lebih simpel, coba Oocenaudio. Oocenaudio adalah software editi audio single track gratis dengan tampilan yang minimalis dan bersih. Software ini sudah memiliki noise reduction sederhana, filter, 31 band equalizer, time dan pitch adjustmend.

Oocenaudio sangat cocok untuk kamu yang tidak mengerti dengan antarmuka software editing lain yang terlihat membingungkan. Ia juga bisa kamu andalkan untuk melakukan editing file berukuran besar tanpa memberatkan kinerja komputermu.

FL Studio

FL Studio
Image credit: www.bananas.com

FL Studio menjadi salah satu nama besar dalam bidang editing musik, dimana beberapa artis menggunakannya untuk memproduksi karya mereka. Tidak perlu diragukan soal fitur, hal dasar seperti multi-track recording, pitch shifting dan time stretching bisa dilakukan dengan mudah oleh FL Studio.

Ditambah lagi, FL Studio dilengkapi dengan lebih dari 80 plug-in yang siap membantu memudahkan proses yang kamu inginkan, termasuk plug-in untuk sample manipulation, synthesis, compression dan banyak lagi lainnya. Bahkan ia juga didukung oleh banyak instrumen yang bisa kamu aplikasikan. Apabila membutuhkan suara instrumen lain, FL Studio bisa menggunakannya dari plug-in pihak ketiga karena ia sudah mendukung VST standard.

Sama seperti software editing audio populer lain, FL Studio sudah mendukung beragam format audio terbaik dan yang banyak digunakan oleh artis maupun kalangan umum. FL Studio merupakan software berbayar yang lisensinya bisa dibeli mulai harga $99, namun mereka juga menawarkan free trial.

Hindenburg Pro

Hindenburg Pro
Image credit: en.audiofanzine.com

Selanjutnya ada Hindenburg Pro, yang mampu meng-import dan bekerja dengan 24-bit audio. Software cross platform Windows dan Mac ini membawa banyak efek seperti EQ, loudness metes, compressors dan mendukung plug-in pihak ketiga sehingga kamu bisa memperluas kreativitasmu.

Hindenburg Pro memiliki fitur automatic EQ yang mampu memberikan saran voice profile tanpa melakukan banyak pengaturan. Lalu saat selesai melakukan segala hal yang kamu perlukan, kamu bisa melakukan export keberbagai format audio seperti MP3, AIFF dan bahkan Apple Lossless, tentu format audio yang didukung tidak hanya ini.

Cubase

Cubase
Image credit: www.musictech.net

Dikembangkan oleh Steinberg, Cubase memiliki sejarah panjang digunakan oleh banyak artis dalam produksi musik mereka. Software ini mempunyai fitur frequency equalizer yang memungkinkan kamu untuk mengedit frekuensi yang sangat rumit di track audio-mu.

Lalu jika kamu menggunakan plug-in pihak ketiga, terdapat fitur plug-in Sentinel yang akan memindai mereka saat Cubase dibuka untuk memastikan bahwa plug-in yang kamu gunakan tidak bermasalah. Jika plug-in crash tidak akan mempengaruhi Cubase dan ia juga tidak akan ikut crash.

WaveShop

WaveShop
Image credit: waveshop.sourceforge.net

Aplikasi edit lagu lainnya adalah WaveShop. Tampilannya sangat simpel namun memiliki fitur-fitur yang cukup jika kamu tidak perlu tool edit audio advance seperti yang lainnya. Kamu bisa mengubah format audio, menambah efek fade in dan fade out dan lain sebagainya.

WaveShop juga mudah digunakan sehingga sangat cocok untuk kamu yang pemula atau jarang membutuhkan aplikasi edit musik. Yang menjadi kekurangan adalah WaveShop tidak menyediakan fitur editing seperti pengubah tempo dan pitch.

Wavosaur

Wavosaur
Image credit: rekkerd.org

Wavosaur bisa menjadi alternatif apabila kamu mencari aplikasi edit audio gratis yang sudah mendukung VST. Software ini sangat ringan, apalagi ukuran file-nya yang hanya 1.3MB saja.

Meski sudah support VST, namun Wavosaur tidak datang dengan VST didalamnya. Jadi jika kamu ingin mengaplikasikan efek, kamu harus menyediakannya terlebih dahulu. Lalu, meskipun tampilannya tidak begitu modern, Wavosaur layak dicoba karena gratis dan ukurannya yang tidak memakan banyak kuota saat didownlaod.

Hya-Wave

Hya-Wave
Image credit: www.kvraudio.com

Perlu editor audio tapi males download? Coba Hya-Wave karena editor ini web based sehingga kamu hanya perlu akses internet dan browser untuk mengaksesnya. Dirilis sejak Jaunary 2015, Hya-Wave memiliki tampilan yang bersih dan user friendly sehingga mudah dipahami.

Meski tidak mendukung multi-track editing, kamu tetap bisa melakukan hal dasar seperti copy, paste, cut, clear dan crop audio. Kamu bisa save dan load melalui cloud storage, mengaplikasikan efek secara langsung dan membagikannya ke sosial media.

TwistedWave

TwistedWave
Image credit: twistedwave.com

TwistedWave juga merupakan editor audio online berbasis cloud yang bisa menjadi alternatif. Kamu membutuhkan akun untuk bisa mulai melakukan pengeditan dengan TwistedWave. Sayangnya editor ini berbayar untuk bisa menggunakannya sesuka hati, dimana versi gratisnya terbatas untuk editing lagu berdurasi 5 menit mono recordings.

Dengan mendaftar sebagai pengguna premium kamu bisa menghilangkan limit waktu serta membuka stereo recording. Beberapa fitur yang dimiliki TwistedWave antara lain, amplify audio, fade, merubah pitch dan speed dan lain-lain. Kamu juga bisa mengaplikasikan library VST khusus milik TwistedWave yang bekerja sangat baik untuk sebuah web based audio editor.

Penutup

Sudah menemukan aplikasi edit lagu dan musik yang cocok?

Daftar diatas sudah lengkap dari software dengan fitur advanced berbayar sampai yang simpel dan bisa digunakan gratis. Untuk yang web based, pastikan kamu memiliki koneksi internet yang lancar, terlebih jika kamu menggunakan kuota data. Internet lancar akan memudahkan proses editing sehingga bisa berjalan secara real time.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan silahkan tinggalkan komentar untuk saran dan masukan mengenai topik diatas.

Cheers!

Donny Satriya
Donny adalah pendiri sekaligus penulis di Nokturnal.id, menyukai dunia teknologi sejak lama. Tidak memiliki hobi khusus, namun menyukai musik dari berbagai genre.