12 Aplikasi Edit Video PC Terbaik dan Gratis Edisi 2020

Dari yang terbaik dan populer saat ini hingga yang gratis dengan fitur powerful ada disini.
Aplikasi Edit Video PC
Image credit: @pixabay/www.pexels.com

Video menjadi salah satu konten yang paling diminati saat ini, dengan YouTube sebagai situs berbagi video terpopuler. Banyak orang berlomba-lomba mengunggah video mereka ke YouTube untuk dilihat banyak orang kemudian mendapatkan uang dari iklan yang dipasang.

Video yang diunggah haruslah menarik, karenanya tidak akan cukup berupa gambar bergerak dan suara saja. Proses editing menjadi salah satu hal vital yang menentukan kesuksesan video tersebut setelah diunggah. Ada banyak jenis penyesuaian yang bisa diimplementasikan ke sebuah video, mulai dari yang mudah hingga rumit. Untuk mendapatkan hasil terbaik, menggunakan aplikasi edit video PC menjadi pilihan yang tepat.

Aplikasi edit video untuk komputer umumnya lebih powerful karena dibekali dengan banyak fitur, kamu bisa mengedit hampir semua hal dalam videomu. Karenanya, memilih aplikasi edit video terbaik menjadi hal penting sebelum mulai mengedit video.

Aplikasi Edit Video PC Terbaik

Beberapa aplikasi edit video populer saat ini memang bisa dibilang yang terbaik, karena memiliki banyak pengguna. Dan meskipun judulnya terbaik, semua aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Adobe Premiere Pro CC

Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro menjadi aplikasi video editor terbaik jika kamu menggunakan sistem operasi Windows. Dengan banyak fitur bermanfaat, dukungan video 360 CR dan 4K serta kemampuan untuk mengatur, menyimpan dan berbagi aset video secara online dengan sebuah tim membuatnya menjadi aplikasi edit video PC dan laptop terbaik.

Salah satu tool paling menarik yang ada di Adobe Premiere Pro adalah Lumetri Color, yang menawarkan penyesuaian dan manipulasi warna setara dengan Adobe Photoshop. Ada pula fitur multi-cam yang memungkinkan kamu untuk bekerja dengan sudut kamera yang tidak terbatas.

Dengan antarmuka yang fleksibel dan modern, integrasi dengan beberapa aplikasi tambahan seperti After Effects dan Photoshop, Adobe Premiere Pro bisa menjadi pilihan paling tepat.

Final Cut X

Final Cut X
support.apple.com

Untuk pengguna komputer Mac, ada Final Cut X sebagai aplikasi edit video Mac terbaik. Final Cut Pro X lebih ditujukan pada pengguna profesional karena harganya yang cukup mahal dan potensi fitur yang luas. Aplikasi ini menggunakan trackless Magnetic Timeline yang memungkinkan proses editing menjadi lebih simpel.

Versi 10.4 Final Cut Pro X juga sudah mendukung konten VR 360 dengan beragam penyesuaian yang bisa dilakukan. Soal color grading, Final Cut Pro X memiliki tool color wheels yang menawarkan pengaturan sangat akurat dan intuitif dengan dukungan extended color spaces dan HDR displays.

Khusus bagi pengguna MacBook Pro yang memiliki Touch Bar, Final Cut Pro sudah mendukung perangkat ini. Tampilannya akan berubah menyesuaikan dengan proses editing apa yang sedang kamu lakukan.

Corel VideoStudio Ultimate

Corel VideoStudio Ultimate
fileinfo.com

Menjadi salah satu yang terbaik, Corel VideoStudio memiliki antarmuka yang dirancang dengan sangat apik untuk memastikannya mudah digunakan namun tetap membawa banyak fitur. Beberapa fitur yang hadir antara lain dukungan video 4K, video 360 VR, pengeditan multi-cam, library music dan banyak efek untuk digunakan.

Corel VideoStudio bisa menjadi pilihan yang tepat untuk belajar edit video bagi pemula dan masih bisa digunakan untuk video editor profesional meski mungkin fitur yang dimiliki terasa sangat standar.

CyberLink PowerDirector 17 Ultra

CyberLink PowerDirector 17 Ultra
store.steampowered.com

CyberLink PowerDirector bisa dikatakan sebagai video editor untuk kamu yang sudah familiar dengan editing video. Aplikasi ini menghadirkan fitur profesional dan berkualitas tinggi, seperti multi-cam, motion tracking, video correction tool, video trimming yang mudah dan banyak lagi lainnya.

CyberLink PowerDirector juga sudah mendukung video 360 derajat, dengan dukungan hampir semua format file yang kamu gunakan. Karena cukup populer, kamu bisa mencari tutorial untuk menggunakan suatu tool atau melakukan sesuatu dengan CyberLink PowerDirector di internet.

Animotica

Untuk kamu yang mencari aplikasi edit video PC dan laptop yang ringan dan mudah digunakan, Animotica mungkin bisa menjadi solusi yang tepat. Animotica sebenarnya tersedia gratis namun fiturnya cukup terbatas, namun jika ingin membeli, harganya pun sangat murah dan kamu hanya perlu membayar sekali untuk selamanya.

Keunggulan Animotica adalah cara penggunaanya yang mudah, bahkan mereka mengklaim pengguna tidak perlu memiliki skill apapun untuk mulai mengedit video. Kamu bisa menambahkan efek, cut, trim, split, membuat slideshow, menambahkan background audio, voiceover dan lainnya. Kamu bisa mempercayakan editin ringan dan cepat ke Animotica.

Pinnacle Studio 23

Pinnacle Studio 23 adalah versi terbaru dari Pinnacle Studio yang layak dipertimbangkan untuk kamu yang belum pernah mengedit video sebelumnya dan ingin memperlajarinya untuk pertama kali. Pinnacle Studio hampir berada di level profesional untuk sebuah aplikasi editing dengan dukungan video 360 derajat VR dan multi-cam.

Soal tampilan workspaces, Pinnacle Studio menggunakan tiga panel antarmuka dengan sumber konten disebelah kiri atas, preview video sebelah kanan atas dan timeline-nya membentang disepanjang bagian bawah aplikasi. Layak diketahui, Pinnacle Studio 23 sudah mendukung motion tracking.

Aplikasi Edit Video PC Gratis

Jika kamu belum bisa membayar biaya langganan atau membeli aplikasi edit video PC dan laptop diatas, masih ada kok video editor gratis dengan fitur yang tidak kalah lengkapnya. Dibawah ini beberapa aplikasi yang bisa kamu coba.

Shotcut

Shotcut
shotcut.org

Shotcut adalah salah satu pilihan terbaik jika kamu membutuhkan aplikasi edit video PC tanpa watermark. Video editor ini memiliki antarmuka yang sederhana tapi disusun dengan rapi, butuh waktu untuk terbiasa memang.

Fitur unggulannya mungkin dukungan resolusi 4K dan timeline editing, karena tidak banyak aplikasi edit video PC ringan dan gratis mendukung resolusi 4K., terlebih ia mendukung sistem operasi Windows, Mac dan Linux sehingga lebih fleksibel. Shotcut adalah aplikasi yang bersifat open source, yang artinya kamu tidak akan dikenakan biaya apapun untuk mulai menggunakannya.

Blender

Blender
www.blender.org

Blender sebenarnya dirancang sebagai pengolah 3D animasi, tetapi memiliki fitur editing video yang cukup layak dicoba untuk kebutuhan editing videomu. Aplikasi ini sepenuhnya gratis karena sifatnya yang open source. Jika kamu mau mencoba membuat 3D animasi, Blender juga bisa menjadi pilihan awal yang tepat.

Beberapa fitur yang dimiliki Blender antara lain, live preview, chroma vectroscope, luma waveform, histrogram displays, syncing, scrubbing, audio mixing, waveform visualization, images, audio, effects, speed control, transitions, adjustment, keyframes, filters dan banyak lagi lainnya.

DaVinci Resolve Free

DaVinci Resolve
www.dpreview.com

DaVinci Resolve Free bisa dibilang menjadi salah satu video editor gratis yang paling advanced di daftar ini. Selain proses dasar seperti trimming, kamu juga bisa melakukan mastering audio dan color correct disini.

Jika hanya digunakan untuk memotong atau menggabungkan video saja, fitur yang dimiliki DaVinci Resolve Free mungkin akan terlalu berlebihan, namun tetap layak kamu coba. Aplikasi ini juga sudah mendukung fitur multi-cam editing. Apabila ingin mencoba, pastikan kamu mengunduh DaVinci Resolve Free, karena mereka juga menyediakan versi Studio yang merupakan versi berbayar dari DaVinci Resolve.

OpenShot Video Editor

OpenShot Video Editor
www.neowin.net

Kembali ke aplikasi edit video PC & laptop yang  ringan dan gratis, ada OpenShot yang tersedia sebagai aplikasi open source. OpenShot sudah mendukung cross platform yang artinya kamu bisa menggunakannya di Windows, Mac dan Linux. Kamu bisa menambahkan ulimited tracks untuk audio track, background video, watermark dan lainnya.

OpenShot menawarkan pengalaman editing video yang seimbang antara fitur advanced dan interface yang simpel dan modern. Ia juga sudah dibekali dengan real-time preview saat kamu membuat transisi antar clips.

HitFilm Express

HitFilm Express
fxhome.com

HitFilm Express menjadi salah satu video editor profesional yang bisa kamu coba, ia didukung dengan fitur dasar yang lengkap. Selain video editing ia juga bisa digunakan untuk melakukan pengolahan VFX.

Didalamnya terdapat lebih dari 410 effecst dan presets, terdapat pula video tutorial dan projects untuk mengetahui lebih lanjut penggunaan HitFilm Express. Dengan aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menambahkan unlimited tracks dan transitions. Lebih lanjut lagi, ia mendukung sistem operasi Windows dan Mac.

Sama seperti DaVinci Resolve Free, ia juga memiliki versi berbayar dengan nama HitFilm Pro. Namun menggunakan HitFilm Express dijamin gratis selamanya.

iMovie

iMovie
www.idownloadblog.com

Bagi pengguna perangkat Mac, iMovie bisa menjadi pilihan terbaik sebagai aplikasi edit video ringan dan gratis. Seperti aplikasi native Mac lainnya, video editor ini sangat intuitif untuk digunakan. Kamu bisa menggunakan iMovie untuk belajar dasar-dasar video editing.

Penutup

Sudah dapat aplikasi edit video PC dan laptop yang cocok untuk? Kamu bisa memilih yang gratis terlebih dahulu untuk mempelajari dasarnya baru mencoba aplikasi berbayar jika sudah mulai mahir.

Jika memiliki pendapat tentang aplikasi serupa yang menurutmu layak dicoba, silahkan tulis dikolom komentar. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.

Cheers!a