10 Aplikasi Email Terbaik untuk Android Edisi 2020

Menjadi aplikasi penting untuk berkomunikasi, berikut beberapa rekomendasi serta alternatif email client app yang bisa kamu coba.
Aplikasi Email Terbaik
Image credit: 9to5google.com

Bagi pengguna smartphone, keberadaan email bisa dibilang cukup penting. Pasalnya email wajib dimiliki untuk pengguna smartphone khususnya Android. Email dibutuhkan untuk bisa mengakses Google Play Store dan fasilitas lain yang disediakan Android untuk penggunanya.

Email wajib bagi pengguna Android adalah Gmail, yang merupakan layanan email gratis dari Google. Biasanya aplikasi email sudah menjadi aplikasi pre-installed disetiap ponsel Android, dan kebanyakan menggunakan aplikasi Gmail itu sendiri. Fitur yang ditawarkan memang terbilang lengkap, namun mungkin karena suatu hal kamu membutuhkan aplikasi email alternatif untuk digunakan.

Aplikasi Email Terbaik untuk Android

Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini adalah opsi aplikasi email terbaik Android yang bisa kamu install sebagai pengganti Gmail. Daftar aplikasi dibawah ini memiliki keunggulannya masing-masing, jadi kamu disarankan untuk mencoba beberapa diantaranya sampai menemukan yang paling cocok untuk kebutuhanmu.

Spark

Spark

Spark adalah aplikasi email Android pendatang baru yang diluncurkan pada awal 2019 lalu dan sudah mengantongi banyak review positif dari pengguna maupun situs teknologi besar. Aplikasi email ini sudah dilengkapi dengan beragam fitur dasar seperti reminders, pinned emails, undo sent email, email snoozing dan lain-lain.

Spark memiliki tampilan antarmuka yang clean dan kamu bisa melihat setiap email yang kamu tambahkan secara terpisah atau bersamaan melalui universal inbox. Karena terbilang baru, mungkin akan ada bug yang kamu temui selama pemakaian, namun developernya tentu akan memperbaikin sembari menambahkan fitur yang dirasa perlu.

Spark bisa kamu download dan gunakan secara gratis sepenuhnya, tanpa opsi pembelian didalam aplikasi. Bahkan developernya tidak menyisipkan iklan di Spark, tentu menjadi alternatif yang menarik bukan?

Blue Mail

Blue Mail

Blue Mail - Email & Kalender App
Blue Mail - Email & Kalender App

Berbeda dengan Spark, Blue Mail sudah cukup lama beredar di Play Store dan saat ini sudah mendapatkan lebih dari 5 juta install. Aplikasi ini juga mendukung untuk digunakan dengan platform email populer saat ini seperti Gmail, Outlook, Yahoo, Office 365, Hotmail, Live bahkan email domainmu dan lainnya. Blue Mail juga sudah mendukung protokol POP3, IMAP dan MS Exchange.

Dengan Blue Mail kamu bisa menambahkan sebanyak mungkin email yang kamu miliki, kamu juga bisa melakukan singkronisasi beberapa inbox dari berbagai platform email dengan mudah. Antarmuka yang dimiliki Blue Mail juga terlihat modern dan user-friendly. Untuk kamu yang suka tema gelap, kamu bisa mengaktifkan Dark Mode dan tampilannya pun akan berubah didominasi warna gelap.

Blue Mail sudah mengadobsi adaptive desain, dimana desainnya akan menyesuaikan ukuran layar seperti saat kamu menggunakannya di tablet yang layarnya lebih besar. Untuk kamu yang suka tema bernuansa gelap, kamu bisa mengaktifkan Dark Mode dan tampilan Blue Mail-mu akan berubah menjadi gelap.

Gmail

Gmail

Gmail
Gmail
Developer: Google LLC
Price: Free

Gmail memang bisa dibilang sebagai aplikasi email terbaik di Android, terlebih karena biasanya muncul sebagai aplikasi pre-installed di ponsel Android. Untuk penggunaan kasual aplikasi ini sudah lebih dari cukup, kamu bisa menambahkan berbagai platform email dan email dari domainmu sendiri dengan mudah.

Antarmukanya clean, simpel dan mudah dimengerti bahkan untuk orang awam sekalipun. Setiap email terorganisir secara rapi di tempatnya masing-masing. Sebagai salah satu platform email, Gmail memberikan cloud storage sebesar 15GB untuk setiap email yang dibuat.

Gmail gratis dan didukung dengan fitur yang lengkap. Secara garis besar, nilai minusnya mungkin hanyalah iklan yang biasa muncul di kotak masuk email dan menyamar seperti email. Iklan ini memang tidak begitu mengganggu dan agresif, namun mungkin saja hal ini menjadi perhatian tersendiri untukmu.

Microsoft Outlook

Microsoft Outlook

Microsoft Outlook
Microsoft Outlook

Selain menjadi platform email, Microsoft juga memiliki produk email client untuk Android bernama Microsoft Outlook. Di aplikasi ini kamu tidak hanya bisa menggunakan email Outlook, namun juga platform email lain yang kamu miliki. Microsoft Outlook menjadi salah satu aplikasi email terbaik untuk Android, bahkan di Play Store ia sudah mencatatkan angkat lebih dari 100 juta install.

Microsoft Outlook sudah terintegrasi dengan layanan Microsoft Office seperti PowerPoint, Word dan Excel. Kamu juga mendapatkan akses yang mudah ke kalender langsung melalui kotak masuk. Kamu bisa memprioritaskan dan memfilter kotak masuk untuk setiap email sesuai kebutuhan.

Soal tampilan antarmuka, Microsoft Outlook tentunya tidak kalah dengan Gmail. Ia mengusung UI yang bersih, simpel dan modern. Microsoft memberikan opsi mode malam untuk kamu yang lebih menyukai tampilan gelap. Antarmukanya juga bisa menyesuaikan ukuran tablet, jadi kamu tidak perlu khawatir soal hal ini.

Seperti Gmail, Microsoft Outlook tersedia gratis untuk semua fitur yang mereka tawarkan. Hanya saja Microsot masih menampilkan iklan didalam aplikasi yang tidak terlalu agresif dan mengganggu.

Email by Edison Software

Email by Edison Software

Email yang dirilis oleh developer aplikasi Edison Software ini menjadi salah satu yang bisa diandalkan dan terbaik di Play Store. Dengan desain yang elegan dan modern, kamu bisa menambahkan berbagai macam platform email ke aplikasi ini. Ia juga sudah dilengkapi dengan dark mode untuk kamu pecinta tema bernuansa gelap.

Soal fitur, tentu tidak perlu diragukan lagi. Semua fitur dasar yang memudahkan pengguna untuk mengontrol email yang dimiliki sudah hadir. Kamu bisa melakukan undo send, bulk delete, unsubscribe dan masih banyak yang lainnya.

Email by Edison Software ini tersedia sepenuhnya gratis di Google Play Store. Mereka juga tidak menampilkan iklan maupun penawaran pembelian didalam aplikasi.

ProtonMail

ProtonMail

Seperti halnya Gmail dan Microsoft Outlook, ProtonMail adalah sebuah platform email gratis yang juga menyediakan aplikasi email client. ProtonMail mengedepankan sektor keamanan dimana mereka sudah mengaplikasikan enkrips end-to-end disetiap pesan yang dikirim. Hal ini memungkinkan tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui isi pesan tersebut selain pengirim dan penerima.

ProtonMail memang menjadi salah satu yang terbaik jika kamu mencari alternatif Gmail. Kamu bisa membuat sandi pada email agar tidak ada yang bisa membuka email, terdapat pula fitur timer yang memungkinkan email untuk terhapus secara otomatis diwaktu yang telah ditentukan sebelumnya.

ProtonMail juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur penting yang harus ada disebuah platform email maupun aplikasi email client-nya, jadi kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa menggunakan layanan ProtonMail secara gratis, aplikasi email Android-nya pun tidak memiliki iklan dan opsi in-app purchase.

K-9 Mail

K-9 Mail

K-9 Mail
K-9 Mail
Developer: K-9 Dog Walkers
Price: Free

K-9 Mail adalah aplikasi gratis bersifat open source yang mendukung banyak aku email dan protokol email IMAP, POP3 dan Exchange 2003/2007. Aplikasi ini terbilang populer digunakan jika melihat dari install yang mencapai lebih dari 5 juta kali.

Selain ringan, ia juga dilengkapi dengan fitur push email, flagging, filing, BBC-self, multi-folder sync dan lain-lain. Meskipun gratis dan tidak menampilkan iklan, tampilannya yang terlihat sederhana dan kuno mungkin membuatnya kurang nyaman digunakan, terlebih jika dibandingkan aplikasi email Android lainnya.

TypeApp mail

TypeApp mail

Email TypeApp - Mail & Calendar
Email TypeApp - Mail & Calendar

TypeApp mail memiliki desain yang modern dan menarik, dimana kamu bisa dengan mudah mengelola semua akun email-mu melalui satu aplikasi. Aplikasi ini dibuat dengan desain yang simpel dan mudah dimengerti dan tentunya sudah mendukung banyak layanan email populer termasuk protokol email yang sering digunakan.

Beberapa fitur yang ditawarkan TypeApp mail antara lain Smart Push Notification, Unread, Dark Mode & Themes, Android Wear support, Rich Text, Smart Conversation dan banyak lagi. Aplikasi ini bisa kamu gunakan gratis dan tidak menampilkan iklan, namun menawarkan pembelian didalam aplikasi.

Aqua Mail

Aqua Mail

Aqua Mail ─ E-Mail-App
Aqua Mail ─ E-Mail-App
Developer: MobiSystems
Price: Free+

Aqua Mail menawarkan kemudahan dalam menambahkan, mengelola dan mengakses semua akun emailmu melalui aplikasinya. Mereka juga memastikan setup yang mudah untuk pengguna, karena kamu bisa langsung memasukan email dan password.

Aqua Mail mendukung beragam platform email populer yang banyak digunakan saat ini, begitu juga dengan protokol email standar seperti SMTP, POP3 dan IMAP. Aqua Mail menawarkan banyak fitur tambahan yang menarik, yang sayangnya hanya bisa kamu akses dengan membeli versi berbayarnya.

Kekurangan lainnya, aplikasi ini menampilkan iklan. Terkadang iklan muncul setiap kamu selesai mengirim pesan dengan Aqua Mail.

myMail

myMail

Sebenarnya myMail adalah salah satu aplikasi email client yang sering saya gunakan. Kamu bisa menambahkan Gmail, Yahoo, Hotmail, Outlook dan banyak platform email lain kedalamnya. Kamu juga bisa menggunakan protokol email IMAP atau POP3 sebagai yang paling sering digunakan jika memiliki email dengan domain sendiri.

Penggunaanya mudah dengan banyak fitur seperti push notification, filte pesan, desain yang jelas dan mudah dipahami dan lainnya. myMail sendiri bisa kamu gunakan gratis tanpa opsi in-app purchase, namun ia masih menampilkan iklan yang tidak agresif dan mengganggu.

Penutup

Oke, itulah beberapa aplikasi email terbaik untuk Android yang bisa kamu temui di Play Store. Menggunakan satu aplikasi untuk mengelola banyak email memang sangat praktis.

Kamu bisa memilih yang menurutmu terbaik dari daftar diatas, tidak perlu membeli versi pro jika kamu memang tidak terlalu membutuhkannya. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat.

Donny Satriya
Donny adalah pendiri sekaligus penulis di Nokturnal.id, menyukai dunia teknologi sejak lama. Tidak memiliki hobi khusus, namun menyukai musik dari berbagai genre.