8+ Aplikasi Hotspot Windows 10 Terbaik & Gratis

Temukan aplikasi hotspot untuk laptop dan PC yang terbaik disini.
Aplikasi Hotspot
Image credit: @rawpixel.com/www.freepik.com

Hotspot Windows 10-Ada banyak cara untuk merubah laptop atau PC-mu menjadi router yang membagikan jaringan Wifi. Meskipun Windows sudah memiliki fitur ini yang bisa diaktifkan menggunakan kode melalui command prompt atau beberapa pengaturan, menggunakan aplikasi hotspot pihak ketiga mungkin menjadi pilihan yang lebih praktif.

Memanfaatkan perangkat komputer sebagai router bisa kamu gunakan untuk memperluas jaringan, atau membagikan internet kabel yang masuk ke komputermu ke perangkat lain yang membutuhkannya. Misalnya kamu sedang traveling dan harus membayar biaya wifi perperangkat, kamu bisa membagikannya melalui laptop untuk perangkat lainnya tanpa membayar biaya tambahan.

Aplikasi Hotspot Terbaik untuk Laptop dan PC

Sebagian besar aplikasi hotspot dibawah bisa digunakan secara gratis. Namun jika kamu ingin fitur yang lebih lengkap, maka membeli lisensi Connectify adalah pilihan yang tepat.

Connectify

Connectify
Gambar: www.connectify.me

Connectify sudah dikenal cukup lama sebagai aplikasi hotspot terbaik yang bisa kamu dapatkan saat ini. Meskipun merupakan aplikasi berbayar, ia menawarkan fitur yang setara dan kemudahan dalam penggunaannya. Connectify bisa membagikan internet dari berbagai sumber, yang biasanya akan dipilih secara otomatis sesuai ketersediaan.

Bahkan Connectify bisa membagikan kembali jaringan internet 3G dan 4G yang didapat dari hasil tehtering. Fitur menarik lainnya adalah ad-blocking dan Real-time network usage monitoring yang hadir untuk semua versinya.

Connectify menawarkan versi gratis, Pro dan Max. Untuk penggunaan pribadi membeli versi Pro sudah lebih dari cukup, dimana kamu mendapatkan fitur dasar seperti mengganti Hotspot Name dan lainnya. Sedangkan jika menggunakan versi gratis, kamu akan mendapatkan batasan penggunaan selama 60 menit sebelum Wifi dari Connectify terputus dan harus disambungkan kembali.

mHotspot

mHotspot
Gambar: www.mhotspot.com

Seperti Connectify, mHotspot juga merupakan aplikasi Windows yang bisa merubah komputer menjadi router untuk membagikan internet.

Namun perbedaan yang paling signifikan adalah, mHotspot tersedia secara gratis untuk semua fitur yang mereka tawarkan. mHotspot memungkinkan pengguna untuk membagikan koneksi internet melalui LAN, Ethernet, mobile data dan Wifi ke berbagai perangkat lainnya.

Meski gratis, mHotspot memiliki tampilan yang sederhana dan user-friendly. Dilayar utama kamu bisa mengatur Hotspot Name, Password, Internet Source dan Max Clients yang bisa mengakses Wifi. Setelah menyesuaikan pengaturan sesuai kebutuhan, klik tombol Start Hotspot dan komputermu akan mulai membagikan internet nirkabel untuk perangkat lain.

Catatan:
mHotspot memiliki Adware yang muncul saat proses install. Perhatikan proses install dan klik Decline serta uncheck pada penawaran yang muncul. Jika kamu tidak melewatinya maka akan ada aplikasi lain yang ikut terinstall selain mHotspot.

Baidu WiFi Hotspot

Baidu Wifi Hotspot

Baidu WiFi Hotspot sudah beredar cukup lama sebagai aplikasi hotspot gratis. Tampilannya sangat sederhana dan mudah dimengerti, kamu bisa mengatur Wifi Name dan Password didalamnya. Pengaturan lain menarik lain yang tersedia adalah bandwidth limit, block, transfer file dan foto dan lainnya.

Aplikasi hotspot Windows ini memiliki fitur sharing files melalui QR Code atau melalui alamat khusus yang diakses dengan web browser. Baidu WiFi Hotspot berukuran kecil dan mendukung multi bahasa. Soal penggunaan juga sangat mudah, kamu cukup membuka aplikasinya dan ia akan langsung berjalan secara otomatis.

HostedNetworkStarter

HostedNetworkStarter
Gambar: www.nirsoft.net

Aplikasi hotspot PC dan laptop ini dikembangkan oleh Norsoft dan bisa digunakan secara cuma-cuma. Tampilan HostedNetworkStarter mungkin sedikit usang dan kurang menarik, namun ia didukung dengan fitur yang cukup lengkap untuk mengubah komputer menjadi router.

Setelah berjalan, HostedNetworkStarter akan membuka berbagai pengaturan yang bisa kamu sesuaikan. Aplikasi ini memiliki versi portable, sehingga kamu tidak perlu melakukan instalasi dan bisa digunakan dikomputer mana saja dengan cepat. Ada pula versi installer untuk kamu yang lebih menyukai aplikasi untuk diinstall.

OSToto Hotspot

OSToto Hotspot
Gambar: windowsreport.com

OSToto Hotspot juga memiliki tampilan yang modern namun sederhana. Seperti halnya Baidu WiFi Hotspot, saat kamu membuka OSToto Hotspot ia akan langsung berjalan. Kamu bisa mengelola perangkat apa saja yang tersambung ke jaringan wifi melalui OSToto Hotspot.

Seperti beberapa aplikasi hotspot Windows 10 lainnya, OSToto Hotspot tersedia gratis tanpa ada opsi upgrade maupun fitur yang dilimit. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif Baidu yang lumayan bisa diandalkan.

Catatan:
OSToto Hotspot memiliki Adware yang meminta persetujuan install pada proses instalasi aplikasi. Klik Decline atau Skip untuk menolaknya agar tidak ada aplikasi lain yang tersintall selain OSToto Hotspot.

Maryfi

Maryfi

Aplikasi hotspot gratis lainnya adalah Maryfi. Ia memiliki tampilan yang sederhana dan menampilkan semua pengaturan dilayar utama. Maryfi sangat praktis digunakan karena kamu hanya perlu mengatur Wi-Fi Name dan Password, kemudian klik Start Hotspot.

Maryfi menggunakan proteksi password WPA2 Encryption untuk memastikan keamanan dan privasi. Sayangnya Maryfi hanya kompatibel dengan sistem oeprasi Windows 7, 8 dan 8.1. Untuk kamu pengguna Windows 10, coba aplikasi lainnya didalam daftar ini.

MyPublicWifi

MyPublicWifi
Gambar: windowsreport.com

Sebagai aplikasi gratis, MyPublicWifi datang dengan beberapa fitur yang cukup menarik. Ia dilengkapi dengan built-in firewall yang bisa dikonfigurasikan untuk membatasi akses protocols atau situs web tertentu. MyPublicWifi juga memungkinkan penggunanya untuk merekam url apa saja yang dikunjungi menggunakan wifi yang dibuatnya.

Soal keamanan juga sudah lumayan, dimana ia didukung oleh WPA2 Encryption untuk memastikan privasi. Kamu juga bisa melihat detail nama perangkat, alamat IP dan MAC pengguna wifi-mu. Soal kompabilitas juga tidak perlu khawatir karena MyPublicWifi sudah mendukung Windows 10 secara resmi.

Maxidix HotSpot

Maxidix HotSpot
Gambar: www.maxidix.com

Alternatif terakhir adalah aplikasi bernama Maxidix HotSpot. Aplikasi ini memiliki tampilan yang clean dan mudah dimengerti. Seperti Connectify dan beberapa aplikasi serupa, ia bisa membagikan akses internet yang bersumber dari LAN, mobile data, Dial-up dan bahkan jaringan Wifi lain berkat fitur dual-mode.

Kamu bisa mengelola berapa banyak pengguna yang bisa tersambung ke wifi yang dibuat serta melihat detail perangkatnya. Maxidix HotSpot juga sekaligus berfungsi sebagai repeater untuk memperkuat sinyal wifi menggunakan perangkat komputermu.

Catatan:
Maxidix HotSpot mungkin memiliki Adware, jadi perhatikan dengan baik proses instalasi agar tidak ada aplikasi lain yang ikut terinstall.

Penutup

Sudah dapat aplikasi hotspot gratis yang sesuai kebutuhanmu?

Jika sangat membutuhkan, Connectify memang menjadi pilihan terbaik meskipun harganya sedikit mahal. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi lainnya yang gratis sebagai alternatif, soal fitur dan fungsi juga tidak kalah dengan Connectify.

Apabila menemui kendala saat menggunakan salah satu aplikasi hotspot diatas atau memiliki aplikasi serupa yang patut dicoba, silahkan tulis dikolomg komentar. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat.