10+ Aplikasi Menggabungkan Foto Gratis di Android & iPhone

Membuat kolase foto tidak pernah semudah ini, kamu bisa melakukannya melalui ponselmu.
Image credit: www.befunky.com

Foto menjadi salah satu cara menyimpan momen berharga setiap saat, apalagi saat ini yang banyak orang yang memiliki smartphone berkamera. Setelah mengambil foto, seringkali kita membagikannya ke sosial media. Namun jika memiliki banyak foto yang bagus, pasti akan sulit memilih foto mana yang ingin diunggah. Disisi lain mengunggah beberapa foto sekaligus akan membuat feed sosial media kita menjadi kurang rapi.

Disaat seperti ini membuat kolase foto bisa menjadi solusi terbaik. Dengan kolase foto, kita bisa menyatukan beberapa foto sekaligus dan akhirnya hanya perlu mengunggah satu foto ke sosial media. Untuk mempercepat pembuatannya, ada beberapa aplikasi menggabungkan foto yang bisa kamu coba.

Aplikasi Menggabungkan Foto di Android

Ada banyak aplikasi pembuat kolase foto gratis di Play Store yang bisa kamu gunakan, berikut ini beberapa yang saya rekomendasikan. Sebagian juga memiliki versi iOS untuk digunakan di Apple.

Photo Collage Maker by Scoompa

Photo Collage Maker by Scoompa

Foto-Collagen-App
Foto-Collagen-App
Developer: Scoompa
Price: Free+

Photo Collage Maker memungkinkan kamu untuk membuat kolase dari foto yang ada di Android-mu. Kamu juga bisa menambahkan foto dari sosial media dan internet untuk dikombinasikan didalam kolase langsung melalui aplikasi. Aplikasi ini didukung dengan lebih dari 100 layout dan kamu masih bisa membuat layout-mu sendiri.

Selain itu ia juga dilengkapi dengan lebih dari 50 font serta 100 stiker, jika kurang kamu masih bisa mencari stiker lain di internet langsung melalui aplikasi. Ada banyak pengaturan lain untuk mempercantik kolase, seperti backgrounds, filters dan lainnya. Bahkan kamu masih bisa mengedit photo grid kapanpun setelah disimpan.

Collage Maker by InShot Inc.

Collage Maker by InShot Inc.

Collage Maker menjadi salah satu pembuat kolase dengan antarmuka yang clean didaftar ini. Sama seperti aplikasi sebelumnya, ia menawarkan editing foto dan pembuatan kolase. Yang menarik adalah, pengguna dapat menambahkan hingga 18 gambar dalam satu kotak. Tools editing yang dimilikinya juga sangat berguna dan mudah digunakan.

Saat proses pembuatan kolase, kamu bisa menyesuaikan setiap elemen dalam gambar. Collage Maker juga memiliki pengaturan untuk menyesuaikan rasio foto untuk Instagram, jadi kamu bisa mengunggah foto tanpa terkena Crop. Ada fitur menarik lainnya yang bernama Freestyle, yang bisa kamu gunakan untuk membuat kolase kreatif yang unik.

Photo Collage Maker by A Photo Studio

Photo Collage Maker

Photo Collage Maker memiliki koleksi lebih dari 200 layout kolase yang bisa kamu coba. Fitur dasar untuk membuat kolase lebih menarik seperti stiker, text, filter, doodles dan lainnya pun tidak lupa hadir didalamnya. Kamu juga bisa mengubah aspect ratio pada kolase untuk menyesuaikan kebutuhan.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan pengaturan kecerahan, saturasi, kontras dan lain-lain. Aplikasi ini tersedia gratis dengan opsi berbayar untuk versi pro. Di versi gratis kamu akan melihat beberapa iklan didalam aplikasi, namun tidak terlalu mengganggu.

PicCollage by Cardinal Blue Software, Inc.

Yang membuat PicCollage berbeda dari aplikasi kolase lainnya adalah kamu bisa mengimport video dari YouTube dan menggunakan foto sampulnya sebagi bagian dari kolasemu. Kamu juga bisa mencari gambar dari web menggunakan fitur yang ada di PicCollage.

Kamu bisa melakukan double tap untuk mengaplikasikan efek, border, duplikat atau menggunakannya sebagai background kolase. Aplikasi ini bisa kamu gunakan gratis dengan menampilkan iklan didalamnya.

Fotor Photo Editor by Everimaging Ltd.

Fotor sebenarnya merupakan editor foto yang bisa digunakan untuk mengolah beragam grafis termasuk membuat kolase. Sebagian besar fitur esensial untuk membuat kolase bisa kamu gunakan secara gratis dengan beberapa fitur tambahan yang berbayar. Tapi versi gratisnya pun sudah cukup dengan iklan yang tidak mengganggu.

Dengan Fotor, kamu diberikan fasilitas lengkap untuk membuat kolase unik sesuai keinginan. Kamu bisa menyesuaikan banyak hal seperti image size, shadow, color, rounded edges dan banyak lagi.

Adobe Spark Post by Adobe

Adobe Spark Post

‎Adobe Spark Post Grafik Design
‎Adobe Spark Post Grafik Design

Meskipun kolase bukan fungsi utama Adobe Spark Post, fitur kolase dikembangkan dengan baik untuk menjamin keleluasaan pengguna dalam memanfaatkannya. Tersedia gratis dan menjadi salah satu yang terbaik, aplikasi ini bisa membantu kamu membuat kolase yang menarik dan terlihat profesional.

Selain digunakan sebagai aplikasi menggabungkan foto dengan kolase, Adobe Spark Post juga biasa dimanfaatkan untuk membuat Instagram & Snapchat stories, inspirational quotes, YouTube thumbnail bahkan memes dan lainnya. Bisa dibilang aplikasi ini juga cocok digunakan sebagai aplikasi edit foto Android utama.

Pics Collage by Photos Studio

Pics Collage

Pics Collage -Fotos Grid Maker
Pics Collage -Fotos Grid Maker

Pics Collage membawa tampilan antarmuka yang simpel dan clean, dengan fungsi yang jelas. Untuk kolase, terdapat lebih dari 200 layout yang bisa digunakan. Agar lebih menarik, kamu bisa berkreasi dengan menambahkan efek 2D atau 3D yang unik diatas kolase.

Pics Collage juga memiliki filter kamera yang bekerja secara real-time. Jadi kamu bisa dengan mudah memperkiraan filter seperti apa yang cocok diaplikasikan untuk foto kolase yang sedang kamu buat.

MOLDIV by JellyBus Inc.

MOLDIV

Tidak seperti aplikasi menggabungkan foto kebanyakan, di Moldiv kamu bisa melakukan proses editing ke foto secara terpisah sebelum membuat kolasae. Setelah penyesuaian pada foto, kamu bisa menelusuri layout yang jumlahnya cukup banyak.

Aplikasi kolase ini memiliki sekitar 312 layout berbeda yang bisa dipilih. Tampilannya juga clean dan simpel sehingga mudah digunakan. Kamu bisa memanfaatkan banyak tools editing yang tersedia untuk mengatur kolase serta menambahkan banyak aksesoris agar terlihat lebih menarik.

Layout from Instagram by Instagram

Layout from Instagram

Layout from Instagram
Layout from Instagram
Developer: Instagram
Price: Free
‎Layout from Instagram
‎Layout from Instagram

Dikembangkan oleh sosial media terpopuler saat ini, Layout from Instagram mungkin bisa menjadi pilihan terbaik untuk membuat kolase foto. Aplikasi menggabungkan foto ini memberikan kamu kesempatan untuk membuat layout kolasemu sendiri, sesuai dengan keinginanmu.

Kamu bisa menuangkan kreativitas melalui antarmuka aplikasi yang intuitif, mudah dimengerti dan digunakan. Kamu bisa mengatur sendiri ukuran foto, memperbesar atau memperkecil dan penyesuaian lainnya yang kamu perlukan.

Aplikasi Menggabungkan Foto di iPhone

iPhone juga mempunyai banyak aplikasi untuk menggabungkan foto menjadi sebuah kolase yang menarik. Berikut beberapa yang terbaik yang bisa kamu coba.

PhotoGrid Collage maker editor by KS Mobile, Inc.

PhotoGrid Video Collage maker

Aplikasi menggabungkan foto untuk Apple yang pertama adalah PhotoGrid. Aplikasi ini mempunyai lebih dari 500 grid layout yang bisa kamu gunakan menggabungkan foto, dan sebagian besar tidak bisa kamu temukan diaplikasi lain. Fitur utama PhotoGrid adalah editing grid atau frame, videogrid, scrapebook dan video editing.

Untuk menghias kolase, ia didukung dengan lebih dari 100 filter, 500 stiker, 400 background, 750 font dan pastinya fleksibilitas editing yang ditawarkan untuk setiap elemen yang ada.

piZap Photo Editor & Design by piZap

piZap Photo Editor & Design

piZap merupakan salah satu aplikasi edit foto terbaik untuk iPhone, yang memiliki fitur untuk menggabungkan foto menjadi kolase. Kamu bisa menyesuaikan tampilan foto dengan filter, stiker ataupun frame sebelum memasukannya kedalam layout kolase.

Soal pembuatan kolase mungkin tidak perlu diragukan lagi, kamu bisa memilih salah satu dari 1451 layout kolase yang dimiliki atau mencoba semuanya. Ia juga didukung dengan lebih dari 4500 stiker, 360 font unik, 300 border, 78 filter dan lainnya serta tools editing yang pastinya sangat berguna.

Ribbet Photo Editor Suite by Foto Friend Pty Ltd

Aplikasi Menggabungkan Foto: Ribbet™ Photo Editing Suite

Ribbet memiliki hampir semua fitur editing foto dasar yang dibutuhkan. Ia juga bisa diandalkan untuk membuat kolase foto yang ukurannya bisa kamu sesuaikan sendiri. Ribet memiliki tampilan yang intuitif untuk memudahkan proses editing foto maupun pembuatan kolase.

Elemen tambahan seperti font, frames, stiker dan sejenisnya juga hadir untuk kamu manfaatkan. Sebagian besar fitur yang ditawarkan didalam aplikasi bisa kamu gunakan gratis, hanya saja untuk menggunakan fitur yang ditandai dengan medali kamu harus membayar biaya langganan.

Penutup

Sudah dapat aplikasi menggabungkan foto yang sesuai dengan keinginanmu?

Sebenarnya kamu juga bisa menggunakan aplikasi edit foto Android atau iPhone lainnya untuk membuat kolase foto, karena hampir semua editor foto memilikinya sebagai fitur dasar. Namun terkadang memang tidak sesederhana beberapa aplikasi diatas dalam hal pengoperasian.

Apabila memiliki aplikasi menggabungkan foto lainnya yang menurut kamu layak dicoba, silahkan tuliskan namanya dikolom komentar. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.