10 Aplikasi Pemotong Lagu untuk Nada Dering Gratis

Cek rekomendasi aplikasi pemotong lagu terbaik gratis berikut.
Aplikasi Pemotong Lagu

Saat mendapati audio atau lagu yang menarik kita sering mengunduhnya lalu menjadikannya sebuah ringtone pesan atau panggilan. Menggunakan lagu sebagai alarm juga seringkali lebih efektif daripada menggunakan nada dering bawaan. Namun tentunya tidak semua bagian bisa kita jadikan ringtone karena terlalu panjang atau kurang bagus.

Untuk masalah diatas, aplikasi pemotong lagu bisa membantumu untuk mendapatkan bagian audio terbaik yang kamu inginkan. Saat ingin memotong lagu pada bagian yang rumit, menggunakan aplikasi pemotong lagu PC memang lebih dianjurkan karena fiturnya yang lengkap. Namun bukan berarti kamu tidak bisa memotong lagu dengan Android karena ada banyak pula aplikasi yang bisa digunakan.

Aplikasi Pemotong Lagu PC

Soal editing termasuk memotong lagu memang terkadang lebih mudah digunakan di PC, apalagi kamu butuh ketepatan dan presisi dalam pemotongan agar didapat bagian yang diinginkan. Berikut rekomendasi aplikasi pemotong lagu gratis untuk PC yang bisa kamu coba.

Audacity

Audacity
Image credit: www.audacityteam.org

Audacity sangat populer digunakan untuk mengedit sebuah file audio. Audacity merupakan aplikasi open-source yang sudah mendukung cross platform sehingga kamu bisa menggunakannya di Windows, MacOS dan Linux. Audacity memiliki tampilan yang cukup simpel, kamu mungkin hanya perlu beberapa menit untuk mempelajarinya. Kamu tidak perlu khawatir kesusahan saat menggunakannya, kepopuleran Audacity membuatnya memiliki banyak tutorial diinternet.

Audacity selalu mendapatkan update secara berkala. Sebagai audio editor, ia juga mendukung banyak plug-in pihak ketiga untuk banyak keperluan, misalnya menambahkan efek autotune pada audio.

Kamu bisa dengan mudah memotong lagu dengan Audacity, soal ketepatan bagian yang dipotong bisa kamu sesuaikan dengan keinginanmu. Jika kamu ingin menggabungkan beberapa lagu setelah dipotong, kamu juga bisa memanfaatkan fitur yang dimiliki Audacity.

MixPad

MixPad
www.nch.com.au

MixPad adalah aplikasi mixing lagu gratis yang tersedia untuk Windows dan Mac. Didalamnya kamu bisa melakukan editing pada file audio seperti cut, manage, add effects dan lain-lain. Kamu bisa menambahkan banyak files audio di timeline MixPad atau merekam audio. Aplikasi ini sangat simpel, kamu tidak akan kesulitan memahami fungsi setiap tombol didalamnya.

Meski terlihat sangat sederhana, ia didukung banyak fitur menarik seperti dukung VST plug-in untuk menambahkan lebih banyak efek dan instrumen pihak ketiga. MixPad bisa dibawa ke ranah yang lebih rumit dalam hal editing audio, namun jika hanya digunakan untuk memotong lagu, MixPad bisa kamu gunakan dengan sangat mudah.

mp3splt

mp3splt
sourceforge.net

mp3splt adalah aplikasi pemotong lagu gratis yang bersifat open-source. Sesuai namanya, ia memiliki fungsi sebagai audio splitter tanpa proses decoding atau encoding pada file aslinya. Kamu bisa menggunakannya untuk memotong file MP3, ogg vorbis dan FLAC. mp3splt memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dipahami.

Dengan aplikasi ini kamu bisa memotong file audio secara individual atau banyak audio sekaligus melalui fitur Batch & automatic split. mp3splt bahkan bisa melakukan trim pada bagian diam didalam lagu dengan mendeteksinya secara otomatis. Fitur yang biasanya sangat berguna untuk menghilangkan jeda pada setiap akhir dan awal lagu didalam album.

MP3 Cutter and Editor

MP3 Cutter and Editor
www.musetips.com

Aplikasi ini sangat simpel digunakan untuk memotong file audio seperti MP3, WAV dan lainnya. Hanya dengan melihat screenshot-nya saja mungkin kamu sudah mengerti bagaimana cara menggunakan MP3 Cutter and Editor untuk memotong lagu. Daripada menggunakan audio editor yang rumit, untuk kebutuhan memotong lagu aplikasi ini memang sangat cocok.

MP3 Cutter and Editor bisa kamu download gratis melalui website resminya. Aplikasi ini juga sangat ringan dijalankan dengan ukuran file yang sangat kecil, sudah pasti tidak akan mengganggu kinerja komputermu.

MP3 Cutter Joiner Free

MP3 Cutter Joiner Free
www.freemp3cutterjoiner.com

Kurang lengkap jika aplikasi pemotong lagu tidak memiliki fitur untuk menggabungkannya. Nah MP3 Cutter Joiner Free ini memiliki kedua fitur tersebut sesuai dengan namanya. Antarmukanya jelas memisahkan proses apa yang ingin kamu lakukan, terdapat tab MP3 Cutter dan MP3 Joiner. Lalu, meskipun memiliki nama MP3, sebenarnya ia mendukung sebagian besar format audio lain yang banyak digunakan saat ini, seperti FLAC, AAC, WMA, M4A, OGG dan lain-lain.

MP3 Cutter Joiner Free tersedia gratis dan bisa kamu gunakan diperangkat Windows atau MacOS. Tidak ada limit penggunaan, malware ataupun proses sign-up untuk menggunakannya. Jadi kamu tidak perlu khawatir merasa tertipu setelah menginstall-nya dikomputermu.

Wavosaur

Wavosaur
www.wavosaur.com

Jika kamu ingin memotong dan menggabungkan lagu atau audio dengan kualitas tinggi, pertimbangkan untuk mencoba Wavosaur. Aplikasi open-source ini memiliki fitur powerful untuk produksi musik, analyzing, converting dan recording. Ia juga mendukung real-time effect processing, mendukung VST plug-in dan fitur lainnya.

Wavosaur sangat ringan digunakan dan bisa berjalan di sistem operasi Windows 32 dan 64-Bit. Ukuran file-nya juga sangat kecil, tidak mencapai 2MB dengan banyak fitur yang ditawarkan. Dengan Wavosaur kamu memotong lagu sekaligus menggunakan fitur editing lainnya sesuai kebutuhan.

Aplikasi Pemotong Lagu Android

Sebagian orang ingin memotong lagu dengan cara yang lebih praktis lewat Android mereka. Tidak perlu khawatir, banyak editor audio dengan fitur cut ataupun aplikasi pemotong lagu khusus yang bisa kamu temukan di Play Store. Beriku beberapa yang kami rekomendasikan untuk kamu coba dan pastinya gratis.

MP3 Cutter and Ringtone Maker by InShot Inc.

MP3 Cutter and Ringtone Maker

Aplikasi yang dikembangkan IncShot Inc. ini menjadi salah satu yang terbaik di Google Play Store. Kamu bisa memotong file MP3 dan menjadikannya sebuah ringtone dengan sangat cepat dan pastinya mudah. Aplikasi ini sangat serbaguna dengan semua fitur yang dimilikinya, bahkan kamu bisa merekam audio langsung melalui aplikasi dan mengeditnya sesuai keinginanmu.

Kamu juga bisa melakukan konversi format audio ke MP3, WAV, AMR, AAC dan lainnya. Proses pemotongan bisa kamu lakukan dengan sangat presisi hingga ke level millisecond, sehingga kamu bisa mendapatkan bagian yang sempurna. Kamu juga bisa mengaplikasikan efek, melakukan penggabungkan audio, menyesuaikan bitrate dan lainnya.

MP3 Cutter by Accountlab

MP3 Cutter

mp3 schneiden
mp3 schneiden
Developer: accountlab
Price: Free+

Didesain untuk kebutuhan yang sederhana yakni memotong dan menggabungkan lagu, MP3 Cutter menjadi pilihan yang wajib kamu coba. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengambil bagian audio yang kamu inginkan dengan sangat mudah. Ia juga memiliki built-in music player yang bisa kamu manfaatkan untuk mendengarkan bagian lagu sebelum dipotong.

MP3 Cutter and Ringtone Maker by Atomic Infoapps

MP3 Cutter Atomic Infoapps

MP3 Cutter and Ringtone Maker♫
MP3 Cutter and Ringtone Maker♫
Developer: Atomic Infoapps
Price: To be announced

Seperti namanya, aplikasi ini berfungsi untuk memotong file audio untuk digunakan dalam berbagai keperluan seperti ringtone ataupun nada alarm. Ia mendukung format audio MP3, WAV, AMR, AAC dan format populer lainnya. Kamu juga bisa merekam audio melalui aplikasi dan mengambil bagian terbaiknya.

Proses memotong lagu dengan aplikasi ini sangat mudah, pertama kamu hanya perlu memilih lagu atau file audio yang kamu punya. Kedua memilih area yang akan dipotong didalam audio, dan terakhir menyimpannya sebagai musik, ringtone, alarm ataupun notifikasi.

Mstudio by Selfcoder Mobile Apps

Mstudio

Mstudio mungkin menjadi aplikasi serbaguna untuk mengedit file audio. Didalamnya kamu bisa menemukan beragam fungsi seperti Audio Cutter, Audio Mixer, Audio Extractor, Audio Merger, Audio Recorder, Audio Player dan masih banyak lagi. Mstudio seperti aplikasi serbaguna untuk mengolah file audio sesuai keinginanmu.

Setiap fungsinya diletakkan ditempat yang terpisah, sehingga kamu tidak akan kesulitan mencarinya. Dengan antarmuka yang clean dan user-friendly, menggunakan Mstudio untuk memotong lagu tidak akan menjadi hal sulit dilakukan.

Sebagian besar aplikasi pemotong lagu Android diatas bisa kamu gunakan gratis dengan menampilkan iklan. Kamu bisa membelinya dengan pembayaran sekali untuk pemakaian selamanya untuk menghilangkan iklan dan mendapatkan fiturnya secara penuh. Sesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing untuk memutuskan membelinya atau menggunakan versi gratis saja.

Penutup

Memotong audio bisa dibilang hal yang lumrah, tapi kamu tetap membutuhkan aplikasi pemotong lagu yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan dengan benar. Tidak perlu aplikasi berbayar untuk melakukannya, karena ada banyak aplikasi gratis yang bisa mengerjakannya dengan baik.

Silahkan tinggalkan komentar dikolom yang tersedia. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.