11 Aplikasi Pemotong Video Terbaik untuk Android dan PC

Aplikasi Pemotong Video

Saat ini kita bisa dengan mudah membuat video menggunakan smartphone, kamera ataupun handycam. Tentu tidak semua bagian dari video yang kita rekam cocok untuk ditampilkan, terlebih jika kamu berniat untuk membuat video untuk ditampilkan ke orang lain. Salah satu solusi yang bisa kamu lakukan adalah memotong video tersebut dan hanya memilih yang paling bagus.

Untuk tujuan diatas, kamu mungkin membutuhkan aplikasi pemotong video khusus yang mudah digunakan. Jadi kamu memilih bagian video dari semua video yang kamu ambil sebelum melakukan proses selanjutnya.

Aplikasi Pemotong Video PC & Laptop

Pemotong video untuk komputer yang ada didaftar ini bisa kamu gunakan sepenuhnya gratis, dan beberapa aplikasi juga sudah mendukung cross platform untuk bisa digunakan di Windows, MacOS dan Linux.

Avidemux

Avidemux

Sistem operasi: Windows, MacOS X, Linux

Avidemux sebenarnya bisa dibilang sebagai video editor gratis, namun disaat yang bersamaan ia kekurangan fitur sebagai aplikasi editing video. Tapi jika hanya digunakan untuk trimming atau cutting video, Avidemux bisa menjadi aplikasi pemotong video terbaik. Saya sendiri merekomendasikan Avidemux untuk tujuan tersebut karena mudah digunakan, mendukung banyak format dan pastinya powerful.

Gihosoft Free Video Cutter

Gihosoft Free Video Cutter

Sistem operasi: Windows, MacOS

Gihosoft Free Video Cutter didesain untuk memotong file video berukuran besar dan berdurasi panjang. Aplikasi ini juga mendukung banyak format video populer saat inis epreti MP4, MKV, FLC, WMV, VOB, MPEG, AVI dan lain-lain. Gihosoft Free Video Cutter memiliki tampilan yang simpel dan clean sehingga memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya.

Free Video Cutter

Free Video Cutter

Sistem operasi: Windows

Free Video Cutter, sudah sejak lama freeware ini populer sebagai aplikasi pemotong video ringan. Ia memiliki kemampuan untuk memotong dan memisahkan file video menjadi potongan yang lebih kecil dan tetap mempertahankan kualitasnya. Free Video Cutter juga mendukung banyak format video untuk diproses, sayangnya format outputnya sangat terbatas.

Media Cope

Media Cope

Sistem operasi: Windows

Media Cope bisa dibilang sebagai aplikasi all-in-one karena didalamnya kamu akan menemukan banyak fitur seperti Audio/Video Player, Audio/Video Cutter, Audio/Video Joiner, Audio Converter, Video Converter dan banyak lagi lainnya. Selain freeware, Media Cope juga berukuran sangat kecil, hanya sekitar 12MB saja. Kekurangannya mungkin hanya kualitas render-nya yang rendah.

Weeny Free Video Cutter

Weeny Free Video Cutter

Sistem operasi: Windows

Freewawre selanjutnya bernama Weeny Free Video Cutter yang dikhususkan untuk memotong video. Ia mendukung beragam format file seperti 3GP, MP4 ,FLV, MPG dan lainnya. Pengguna bisa menyesuaikan pengaturan output yang tersedia seperti frame rate, bit rate, size dan codec.

Alternatif Aplikasi Pemotong Video PC & Laptop

Memotong video sudah menjadi fitur dasar dalam sebuah aplikasi edit video. Editor video biasanya juga mendukung format file input yang lebih luas dan pengguna bisa menentukan jenis file outputnya. Berikut ini beberapa editor video yang bisa kamu manfaatkan untuk memotong video.

Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro

Sistem operasi: Windows, MacOS

Soal kualitas dan dukungan fitur untuk editing video, Adobe Premiere sudah tidak perlu diragukan lagi. Kamu bisa memotong file video dari format apapun (kecualit MKV), lalu melakukan rendering tanpa mengurangi kualitasnya.

Jika kamu sudah mempunya Adobe Premiere Pro terinstall dikomputermu, saya sudah menuliskan cara memotong video dengan Adobe Premiere Pro diartikel sebelumnya.

Shotcut

Shotcut

Sistem operasi: Windows, MacOS, Linux

Sebagai alternatif Adobe Premiere Pro yang berbayar, kamu bisa menggunakan Shotcut. Shotcut adalah video editor open source yang sudah mendukung cross platform dan bisa kamu gunakan secara cuma-cuma. Saya sudah pernah mencoba menggabungkan video dengan Shotcut dan caranya sangat mudah, soal memotong video juga seharusnya tidak jauh berbeda.

Online Video Cutter

Sistem operasi: Web based

Online Video Cutter merupakan situs web yang menyediakan layanan pemotong video. Karena berupa web based, kamu bisa menggunakannya diberbagai perangkat tanpa terkecuali selama memiliki akses internet dan browser. Situs ini memiliki tampilan yang clean dan mudah dipahami, proses pemotongan videonya juga sangat sederhana.

Aplikas Pemotong Video Android

Fitur cut dan trim juga pasti hadir di aplikasi edit video Android. Untuk kamu yang tidak mau ribet berkuting di editor rumit seperti Adobe Premiere Pro, kamu bisa mencoba beberapa aplikasi pemotong video untuk Android berikut ini.

YouCut

YouCut

Mengklaim sebagai pemotong video terbaik, kamu bisa menggunakan YouCut secara gratis dan tanpa watermark pada hasil export. YouCut mendukung beragam format video populer yang banyak digunakan saat ini. Di YouCut kamu juga bisa melakukan penggabungan video, menambahkan musik & efek, mengecilkan ukuran video dan lain-lain.

AndroVid

AndroVid

AndroVid bisa dibilang sebagai video editor yang memiliki banyak fungsi termasuk video trimmer & video cutter. Aplikasi ini menawarkan precise trimmer yang memungkinkan kamu untuk memotong bagian video secara presisi dan kemudian melakukan export dengan kualitas HD.

Easy Video Cutter

Easy Video Cutter

Easy Video Cutter
Easy Video Cutter
Developer: NAINGDroid
Price: Free

Easy Video Cutter hadir dengan beragam fungsi menarik seperti Cut, Merge, Mute, Extract MP3, Rotate, Speed dan lainnya. Aplikasi ini juga tersedia gratis dan kamu tidak akan menemukan watermark pada hasil export. Selain itu ia juga memiliki tampilan yang clean dan simpel, yang pastinya memudahkan pengguna untuk mengoperasikan setiap fiturnya.

Penutup

Sudah menemukan aplikasi pemotong video yang tepat untuk kebutuhanmu?

Setelah proses pemotongan, aplikasi akan merender video tersebut, lamanya proses biasanya tergantung format yang kamu pilih dan besarnya file video. Beberapa aplikasi juga memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu yang berakibat pada durasi rendering, jadi kamu harus bersabar menunggu prosesnya selesai.

Silahkan tinggalkan komentar dikolom yang tersedia jika memiliki saran aplikasi lain atau pertanyaan. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply