6 Aplikasi Scan Barcode Gratis untuk Android dan iOS

Buat kamu yang ponselnya belum punya fitur scan barcode atau QR, coba install salah satu aplikasi dibawah ini
Aplikasi Scan Barcode

Barcode scanner atau barcode reader adalah teknologi yang digunakan untuk membaca detil ritel suatu produk. Setiap barang yang dijual dipasaran pasti memiliki barcode yang berisi informasi relevan terkait produk tersebut. Penjual juga biasanya menambahkan barcode berisi harga barang dan informasi yang dianggap penting.

Saat ini hanya bermodalkan smartphone kita sudah bisa melihat isi informasi yang ada dibarcode suatu barang. Memindai dan melihat informasi didalamnya mungkin akan membantumu saat berbelanja. Sebagian smartphone memang sudah dilengkapi fitur scan barcode melalui aplikasi kamera ataupun aplikasi khusus. Tapi jika kamu belum punya, berikut beberapa aplikasi scan barcode terbaik yang bisa kamu coba.

Aplikasi Scan Barcode Terbaru

Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dalam membaca dan menampilkan informasi yang ada didalam sebuah barcode. Karena gratis, kamu bisa mencoba setiap aplikasi sampai menemukan yang paling cocok untuk kebutuhanmu.

Free QR Code Reader & Scanner by EZ to Use

Free QR Code Reader

Aplikasi scanner ini sudah mengumpulkan lebih dari 10 juta download di Google Play Store. Ia merupakan aplikasi scan barcode multifungsi yang bisa kamu manfaatkan dihampir semua tipe barcode saat ini. Kamu bisa menggunakan flashlight kamera saat menggunakan scanner ini, cukup membantu disaat gelap bukan?

Aplikasi ini tidak membutuhkan koneksi internet saat digunakan, jadi kamu bisa menggunakannya saat offline sekalipun. Kamu bisa menggunakannya secara gratis, meskipun masih menampilkan iklan didalam aplikasi.

QRbot by TeaCapps

QRbot

QRbot: QR & Barcode Scanner
QRbot: QR & Barcode Scanner
Developer: TeaCapps
Price: Free+

Scanner barcode selanjutnya bernama QRbot. Aplikasi ini bisa memindai hampir semua jenis barcode yang sering digunakan dengan instan. Kamu bisa memindai barcode untuk tersambung ke Wi-Fi dan lainnya. QRbot hanya memerlukan sedikir izin pada perangkat Android-mu, jadi kamu tidak perlu khawatir soal privasi.

Selain memanfaatkan kamera perangkat Android, QRbot juga menggunakan flashlight dan memiliki fitur zoom yang bisa sangat praktis dalam keadaan tertentu. QRbot cukup populer di Play Store, hingga saat ini mereka sudah memiliki lebih dari 1 juta download.

QR & Barcode Reader by TeaCapps

QR & Barcode Reader

QR & Barcode Scanner (Deutsch)
QR & Barcode Scanner (Deutsch)
Developer: TeaCapps
Price: Free+

Aplikasi scan QR Code dan barcode ini masih satu developer dengan QRbot. Sama seperti QRbot, ia mendukung jenis barcode yang umum digunakan seperti QR, Data Matrix, UPC, Aztec, EAN, Code 39 dan lainnya. Ia juga bisa memanfaatkan flashlight kamera dan mempunyai fitur zoom seperti QRbot.

Barcode Scanner by Barcode Scanner

Barcode Scanner

Barcodelesegerät
Barcodelesegerät
Developer: Barcode Scanner
Price: Free+

Nama aplikasi scan barcode ini memang sangat sederhana, mungkin kamu akan kesulitan menemukan aplikasi ini jika tidak teliti. Barcode Scanner sudah beredar di Play Store cukup lama, hingga saat ini ia sudah mengumpulkan lebih dari 5 juta download.

Cara penggunaanya juga sangat mudah didukung dengan antarmuka yang user-friendly. Kamu cukup membuka aplikasi dan mengarahkan kamera ke barcode yang ingin dipindai. Apabila barcode tersebut berisi informasi berupa alamat website, kamu akan dibawa ke situs tersebut secara otomatis.

QR & Barcode Scanner by Gamma Play

QR & Barcode Scanner

QR & Barcode Scanner
QR & Barcode Scanner
Developer: Gamma Play
Price: Free

QR & Barcode Scanner menjadi salah satu aplikasi scan barcode dan QR tercepat yang bisa kamu coba. Ia bisa memindai semua janis barcode / QR termasuk url, teks, produk, kontan, ISBN, lokasi, Wi-Fi, kalendar dan banyak format lainnya. Kamu bahkan bisa memindai barcode yang ada disebuah kupon.

Pengoperasian QR & Barcode Scanner sangat simpel dan tidak ada pengaturan khusus. Aplikasi akan menampilkan informasi secara otomatis tidak peduli jenis barcode/QR apa yang kamu pindai. Kamu bahkan tidak perlu menekan tombol apapun, cukup arahkan kamera dengan tepat sesuai yang diperlukan aplikasi agar barcode/QR dapat terbaca dengan baik.

Kamera iOS

Kamera iOS
www.imore.com

Untuk pengguna Apple, jika perangkatmu sudah berjalan di iOS 11 atau yang terbaru, kamu sudah mempunyai barcode/QR scanner didalam perangkatmu. Kamu cukup membuka aplikasi kamera lalu arahkan ke barcode/QR dan ia akan mulai memindai. Akan muncul notifikasi dibagian atas layar apabila barcode/QR sudah berhasil dipindai. Tap notifikasi tersebut untuk melihat informasinya.

Penutup

Itulah beberapa aplikasi scan barcode gratis yang bisa kamu coba untuk memindai barcode/QR. Kamu bisa memanfaatkannya untuk berbagai hal, seperti saat berbelanja atau ingin tersambung ke jaringan Wi-Fi.

Apabila kamu punya aplikasi sejenis yang menurutmu layak dicoba, silahkan tulis dikomentar. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.