11 Aplikasi Scanner Android Terbaik & Gratis Edisi 2020

Tidak perlu ribet menggunakan perangkat scanner besar untuk memindai dokumen, kamu bisa memanfaatkan kamera smartphone untuk mendapatkan hasil pindai yang tak kalah kualitasnya.
Aplikasi Scanner Android

Saat ini kamu tidak lagi memerlukan perangkat scanner untuk melakukan pemindaian dokumen agar bisa dibaca dalam bentuk digital, karena kamu bisa menggunakan kamera Android untuk mengerjakan tugas tersebut. Saat ini sebagian besar smartphone Android sudah dilengkapi dengan kamera dengan hasil jepretan ciamik, yang bisa dimanfaatkan untuk memindai dokumen.

Kamu cukup menginstall salah satu aplikasi scanner gratis dari Play Store. Bahkan proses pemindaian bisa lebih cepat dan tentunya bisa kamu lakukan dimana saja selama kamu membawa ponselmu. Sebagian aplikasi scanner Android juga dilengkapi dengan cloud storage, fitur editing hingga mendukung OCR (Optical Character Recognition).

Aplikasi Scanner Android Terbaik 2019

Dengan masing-masing kelebihannya, silahkan pilih salah satu aplikasi pemindai dokumen dibawah ini yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Adobe Scan: PDF & Business Card Scanner with OCR

Adobe Scan

Dengan Adobe Scan, kamu bisa memindai form, dokumen, catatan, gambar dan lainnya ke dalam bentuk PDF. Aplikasi dan prosesnya sangat simpel digunakan. Kamu hanya perlu mengarahkan kameramu ke dokumen yang ingin dipindai dan Adobe Scan akan mulai mengenalinya dan proses pemindaian akan dimulai.

Kamu bisa mengatur halaman jika dibutuhkan dan melakukan koreksi warna pada hasil scan. Adobe Scan dilengkapi dengan OCR yang memungkinkan kamu untuk menggunakan kembali konten yang dipindai. Kamu bisa dengan mudah memindai banyak halaman dan menggabungkannya menjadi satu file PDF.

Adobe Scan juga bisa mengirim file hasil pindaimu melalui email, atau membuat back up ke penyimpanan cloud jika kamu membutuhkannya. Secara keseluruhan Adobe Scan memiliki semua fitur penting yang dibutuhkan untuk memindai dan memberikan hasil pindai yang jelas. Adobe Scan bisa kamu gunakan sepenuhnya gratis, tanpa menampilkan iklan sama sekali.

Google Drive

Google Drive

Google Drive
Google Drive
Developer: Google LLC
Price: Free+

Siapa sangka jika Google Drive memiliki opsi scanner untuk memindai dokumen, saya sendiri baru menyadarinya saat menulis artikel ini. Meski opsi scanner-nya tidak memiliki banyak fitur seperti aplikasi scanner lain, namun layak dicoba karena aplikasi Google Drive sendiri kebanyakan sudah terinstall di ponsel Android. Yang artinya kita tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk memindai, menyimpan atau bahkan membagikannya.

Opsi scan-nya bisa kamu temukan didalam aplikasi Google Drive, kemudian tap logo + dibagian bawah kanan. Kamu akan menemukan beberapa opsi termasuk “Scan“. Tap opsi tersebut lalu izinkan Google Drive membuka kameramu, selanjutnya tinggal gunakan seperti biasa untuk memindai dokumen.

Hasilnya cukup baik, terlebih jika kamu melakukan pemindaian ditempat dengan cahaya yang cukup. Yang membuatnya layak dipilih mungkin adainya integrasi penyimpanan ke Google Drive, sehingga kamu bisa membukanya di perangkat apa saja dan membagikannya melalui link download dengan mudah.

Genius Scan

Genius Scan

Genius Scan - PDF Scanner
Genius Scan - PDF Scanner

Genius Scan adalah aplikasi scanner Android yang cukup populer, yang sudah mencatatkan angka 1 juta download di Play Store. Ia juga dilengkapi dengan fitur penting seperti pembuatan file PDF, penggabung & pemisahan dokumen, batch scanner, filter warna, deteksi dokumen dan banyak lagi fitur lainnya.

Antarmuka yang mudah dipahami membuat proses pemindaian bisa dilakukan dengan mudah dengan Genius Scan. Aplikasi ini tersedia secara gratis dengan menampilkan iklan. Mereka juga menawarkkan versi pro dengan harga $7.99 dengan penambahan beberapa fitur menarik. Namun versi berbayar lebih kami rekomendasikan jika kamu memang sering menggunakan jasa scanner.

Document Scanner

Document Scanner

Document Scanner - PDF Creator
Document Scanner - PDF Creator
Developer: Lufick
Price: Free+

Aplikasi ini dilengkapi dengan banyak fitur dasar seperti scanning, PDF converting, OCR support dan lainnya. Ia juga bisa digunakan untuk memindai QR code dan support gambar. Saat melakukan pemindaian di lingkungan kurang cahaya, ia akan memanfaatkan lampu flash sebagai penerangan tambahan.

Document Scanner bisa menjadi alternatif yang bisa diandalkan untuk memindai berbagai bentuk dokumen yang kamu miliki. Aplikasi ini juga gratis meskipun masih menampilkan iklan dan menawarkan in-app purchase.

Microsoft Office Lens

Microsoft Office Lens

Office Lens pernah dinobatkan sebagai aplikasi terbaik oleh Google Play Store. Aplikasi ini berguna sebagai scanner yang bisa kamu bawa kemana saja dengan beragam fitur pelengkap. Kamu bisa memperbaiki, memangkas dan menjadikan gambar maupun tulisan ke dalam bentuk digital yang bisa dibaca. Ia juga dilengkapi dengan konverter gambar ke PDF, Word, PowerPoint dan bahkan kamu bisa menyimpannya langsung ke OneNote atau OneDrive.

Office Lens juga sudah didukung oleh fitur OCR yang memungkinkan kamu untuk mencari, menyalin dan mengedit sebuah kata didalamnya. Microsoft Office Lens tersedia di Play Store sebagai aplikasi gratis, yang tidak menampilkan iklan. Pilihan yang menggiurkan bukan?

Scanbot

Scanbot

Scanbot juga sudah mendapatkan angka install mencapai 1 juta lebih di Play Store. Kamu bisa menyimpan hasil pindai kedalam bentuk PDF maupun JPG sesuai kebutuhan. Aplikasi ini juga memiliki fitur scan QR code dan barcode didalamnya. Seperti Office Lens, ia juga sudah didukung oleh OCR untuk hasil pindai yang lebih baik.

Kamu bisa menyimpan hasil scan ke penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive, Evernote, Amazon Cloud Drive dan banyak lagi. Aplikasi ini juga gratis dan kamu bisa menggunakan banyak fitur yang ditawarkan. Opsi in-app purchase-nya berlaku untuk fitur fax, yang mungkin tidak begitu kamu butuhkan.

Fast Scanner

Fast Scanner

Fast Scanner adalah aplikasi lain yang bisa kamu andalkan untuk melakukan pemindaian. Ia sudah pasti bisa digunakan untuk memindai berbagai dokumen dan kamu bisa mengeksportnya kedalam bentuk PDF ataupun JPEG.

Menggunakan aplikasi ini, kamu juga bisa mengedit beberapa hasil scan, menambah halaman baru ataupun menghapusnya. Melalui Fast Scanner kamu juga bisa mencetak dokumen dengan menggunakan Cloud Print. Seperti aplikasi serupa, Fast Scanner tersedia gratis dengan menampilkan iklan dan opsi in-app purchase.

Tiny Scanner

Tiny Scanner

Tiny Scanner : Scan Doc to PDF
Tiny Scanner : Scan Doc to PDF

Tiny Scanner bisa menjadi alternatif lain aplikasi pemindai dokumen Android. Kamu bisa memindai beragam dokumen kertas dan menyimpannya ke dalam format gambar atau PDF sesuai kebutuhan. Aplikasi ini sudah dilengkapi fitur penting seperti pendeteksi ujung halaman otomatis, quick search berdasarkan nama dokumen, passcode untuk melindungi dokumen dan lain-lain.

Kamu bisa membagikan hasil pindai melalui email, Wifi ataupun cloud storage seperti Evernote, Dropbox, Google Drive, Box atau OneDrive. Namun untuk mengaktifkan fitur cloud storage kamu harus membeli pro version dari Tiny Scanner, meski kebanyakan fitur tersedia gratis. Aplikasi pemindai dokumen Android gratis ini juga masih menampilkan iklan seperti beberapa aplikasi lain.

Clear Scan

Clear Scan

Clear Scan dibekali dengan fitur pemindai yang mumpuni seperti aplikasi serupa. Ia menjadi salah satu yang terpopuler dengan jumlah install mencapai lebih dari 5 juta kali di Play Store. Kamu bisa memindai dokumen ataupun gambar dan menyimpannya kedalam format gambar atau PDF.

Selain proses scan yang cepat, Tiny Scanner juga dibekali dengan beragam fitur editing untuk hasil scan-mu. Kamu juga bisa mencetak hasil scan melalui Cloud print. Seperti beberapa aplikasi serupa, Clear Scan juga sudah didukung fitur OCR sehingga kamu bisa mencari dan mengedit teks. Kekurangannya mungkin hanya ada pada iklan yang masih ditampilkan.

Smart Doc Scanner

Smart Doc Scanner

Smart Doc Scanner dilengkapi dengan banyak fitur penting untuk memindai dokumen. Ia sudah didukung dengan OCR untuk membaca teks dari gambar dilebih dari 40 bahasa dan sudah termasuk spelling check. Kamu bisa mengatur ukuran halaman, melakukan batch scanning, crop dan zoom dan banyak lainnya.

Aplikasi scanner Android ini mendukung hampir semua forma gambar untuk outputnya seperti JPEG, PNG, GIP, BMP dan WebP. Smart Doc Scanner juga sudah terintegrasi dengan cloud storage seperti Google Drive, Dropbox dan lainnya. Aplikasi pemindai dokumen Android ini tersedia gratis dan tidak menampilkan iklan, namun menawarkan pembelian didalam aplikasi.

TurboScan

TurboScan

TurboScan adalah aplikasi pemindai yang bisa diandalkan dan tersedia gratis maupun berbayar untuk versi pro. Aplikasi ini mendukung pemindaian banyak halaman dengan kualitas tinggi JPEG ataupun PNG. TurboScan memiliki fitur “SureScan” yang bisa menghasilkan hasil pindai tajam. Terdapat juga fitur reordering, deleting dan editing halaman sesuai kebutuhan.

Aplikasi pemindai dokumen Android ini juga sudah mendukung cloud storage populer seperti Google Drive, Evernote, Dropbox dan lain-lain. Jika dibutuhkan, kamu bisa langsung mencetak dokumen hasil pindai melalui Cloud Print. Selain gratis, TurboScan juga tidak menampilkan iklan. Ia hanya menawarkan pembelian didalam aplikasi untuk versi pro dengan fitur yang lebih lengkap.

Penutup

Jadi, aplikasi scanner Android mana yang terbaik menurutmu? Adanya aplikasi pemindai dokumen Android memang sangat membantu aktivitas kita dalam kantor atau saat belajar, karena kita tidak perlu repot mencari perangkat scanner apalagi disaat terburu-buru.

Saran kami, pindailah dokumenmu ditempat dengan banyak cahaya. Jika pada siang hari, memindai dokumen diluar ruangan tentu menjadi pilihan terbaik. Selain itu kualitas kamera juga memiliki pengaruh tersendiri untuk hasil scan. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga artikel referensi ini bermanfaat.