5 Aplikasi Screenshot PC dan Laptop Terbaik & Gratis

Gratis pun kamu bisa mendapatkan aplikasi screenshot dengan segudang fitur.
Aplikasi Screenshot PC

Screenshot biasa kita ambil untuk mengabadikan momen di layar komputer atau sekedar menyampaikan informasi agar lebih mudah dipahami. Ada beberapa cara screenshot di laptop dan PC, Windows sendiri memiliki fitur bawaan bernama Snipping Tool yang digunakan untuk mengambil screenshot.

Tapi jika kamu ingin fitur yang lebih banyak dan rumit, menggunakan aplikasi screenshot PC & laptop pihak ketiga bisa jadi solusi yang tepat. Biasanya mereka memiliki fitur yang menarik seperti upload, sehingga kamu hanya perlu mengirim link screenshot untuk memperlihatkan screenshot.

Aplikasi Screenshot PC Resolusi Tinggi Terbaik

Aplikasi screenshot dibawah ini sebagian besar gratis dan ada yang memiliki opsi upgrade ke versi premium. Sesuaikan saja dengan kebutuhanmu, apakah ingin yang simpel atau yang memiliki banyak fitur.

Lightshot

Lightshot menjadi salah satu aplikasi screenshot PC dan laptop yang sederhana dan sangat mudah digunakan. Aplikasi ini bisa kamu gunakan gratis tanpa iklan ataupun versi berbayar. Disini kamu bisa mengatur sendiri bagian layar dan dimensi yang ingin discreenshot. Yang lebih praktis lagi, di Lightshot kamu bisa mengunggah hasil screenshot langsung ke server Lightshot dan URL untuk mengaksesnya.

Sistem Operasi: Windows dan MacOS

Fitur utama Lightshot:

  • Berukuran kecil, ringan dan sangat mudah digunakan.
  • Pengguna bisa memilih sendiri area screenshot dimanapun dilayar komputer.
  • Membagikan screenshot melalui internet dengan link secara instan.
  • Memiliki editor simpel yang powerful.

Greenshot

Greenshot
getgreenshot.org

Greenshot adalah salah satu aplikasi screenshot yang populer untuk Windows. Kamu bisa mengatur sendiri tombol keyboard yang digunakan untuk mengambil screenshot. Aplikasi ini berjalan di system tray, dan dari sana kamu bisa mengakses segala pengaturan yang ditawarkan.

Greenshot bisa mengambil screenshot full desktop, window, region atau region terakhir yang kamu screenshot. Ia juga didukung dengan fitur lain seperti screenshot delay yang mungkin kamu butuhkan.

Setelah mengambil screenshot, Greenshot akan mengcopy-nya ke clipboard, menyimpan difolder yang sudah kamu tentukan, membuka di aplikasi Microsoft Office, membuka di image editor atau mengunggahnya langsung ke situs image hosting seperti Imgur. Greenshot bisa kamu gunakan sepenuhnya gratis karena merupakan aplikasi open source.

Sistem Operasi: Windows dan MacOS

Fitur utama Greenshot:

  • Open source dan mendukung banyak mode screenshot.
  • Bisa menambahkan anotasi, highlight atau blur pada bagian screenshot tertentu dengan mudah.
  • Memiliki banyak opsi export pada hasil screenshot: disimpan difolder, copy ke clipboard atau diunggah ke situs image hosting

PicPick

PicPick
picpick.app

Bertolak belakang dengan dua aplikasi sebelumnya yang tersembunyi di system tray, PicPick memiliki tampilan antarmuka yang minimal. PicPick adalah aplikasi screenshot modern yang memiliki fitur lengkap termasuk editor, bahkan ia memiliki ribbon bar.

Antarmuka PicPick mirip seperti aplikasi edit foto komputer, disini kamu bisa melakukan editing sederhana pada gambar hasil screenshot seperti crop dan resize, menambahkan efek, memasukan text dan menambahkan anotasi berupa angka atau panah. Kamu bisa membagikan hasilnya secara ke Facebook, Twitter atau FTP secara langsung melalui tab Share di PicPick.

PicPick tersedia gratis untuk penggunaan pribadi, namun untuk keperluan bisnis kamu harus membeli lisensinya seharga $25.

Sistem Operasi: Windows

Fitur utama PicPick:

  • Tampilan antarmuka simpel dengan banyak fitur.
  • Dapat menyesuaikan pengaturan sesuai kebutuhan pengguna.
  • Mendukung banyak mode screenshot, termasuk Capturing with cursor dan Scrolling window.
  • Image editor yang lengkap untuk sebuah aplikasi screenshot PC.

ShareX

ShareX
getsharex.com

ShareX mungkin bisa menjadi aplikasi screenshot PC dan laptop open source paling powerful untuk kamu coba. Aplikasi ini bisa mengunggah screenshot ke lebih dari 80 tujuan, dari Dropbox sampai FTP server. Ia juga dilengkapi dengan fitur yang tidak banyak dimiliki aplikasi serupa seperti Scrolling Capture dari aplikasi apapun dikomputermu, memungkinkanmu untuk mendapatkan satu screenshot panjang dan Webpage Capture untuk alamat situs apapun.

Kamu bisa mengotomatisasi ShareX untuk setiap screenshot yang diambil. Misalnya setiap screenshot ShareX akan disimpan secara otomatis di sebuah folder, ditambahkan watermark dan diupload ke server pilihanmu. Setelah upload selesai, ShareX akan memberikan URL screenshot dari server tersebut untuk kamu bagikan.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur advanced yang menarik. Jika kamu tidak terlalu membutuhkannya mungkin memilih aplikasi screenshot PC dan laptop yang lebih simpel menjadi pilihan tepat karena tidak perlu ribet menyesuaikan pengaturan.

Sistem Operasi: Windows

Fitur utama ShareX:

  • Gratis dengan fitur yang lengkap.
  • Mendukung beragam mode screenshot seperti fullscren, monitor menu, last regian dan lainnya.
  • Memiliki pengaturan upload screenshot yang lengkap termasuk Shorten URL.
  • Mendukung banyak situs tujuan untuk menggunggah hasil screenshot, termasuk Imgur.
  • Fitur Productivity Tools yang praktis seperti Color picker, Screen color Picker, QR code dan lainnya.

FastStone Capture

Aplikasi screenshot PC terakhir adalah FastStone Capture. Aplikasi gratis ini cukup powerful dan ringan, memiliki screen capture tool dan screen video recorder didalamnya. Dengan FastStone Capture kamu bisa dengan mudah mengambil screenshot full screen, freehand, objects, menus dan banyak mode lainnya.

Disini kamu juga bisa menambahkan anotasi simpel untuk memperjelas maksud dari screenshor tersebut. Untuk fitur perekam layar PC/laptop-nya mungkin bukan yang terbaik, tapi sudah mendukung audio dari microphone dan bahkan memiliki buil-in video editor ringan yang simpel.

Sistem Operasi: Windows

Fitur FastStone Capture:

  • Bisa mengirim screenshot ke email, Word, PowerPoint dan FTP server.
  • Beragam anotasi untuk ditambahkan ke hasil screenshot.
  • Memiliki foto dan video editor serta dapat mengkonvert video menjadi file gif.
  • Mendukung tab untuk mengambil screenshot dan mengeditnya secara bersamaan.

Penutup

Untuk kebutuhan pribadi menurut saya aplikasi screenshot PC dan laptop yang gratis saja sudah lebih dari cukup. Jika membutuhkan fitur yang advanced maka saya sarankan menggunakan ShareX dan sebaliknya, jika membutuhkan aplikasi yang simpel maka Lightshot bisa menjadi pilihan yang tepat. Silahkan berikan saran dikolom komentar apabila kamu memiliki rekomendasi aplikasi screenshot PC lain yang patut dicoba.

Donny Satriya
Donny adalah pendiri sekaligus penulis di Nokturnal.id, menyukai dunia teknologi sejak lama. Tidak memiliki hobi khusus, namun menyukai musik dari berbagai genre.