13 Aplikasi Stem Gitar Terbaik Android & IOS Edisi 2020

Tidak perlu ribet melakukan stem pada gitar barumu, ada banyak aplikasi smartphone gratis dengan fitur lengkap yang bisa kamu coba.
Image credit: @robertina/Unsplash.com

Dalam dunia musik, teknologi sudah menyebar sangat luas dan memberikan pengaruh tersendiri. Sebagai contoh kecil terjadi pada instrumen gitar, yang saat ini bisa di stem dengan bantuan software komputer atau bahkan aplikasi smartphone.

Untuk pemula ataupun profesional sekalipun, aplikasi stem gitar ini tentu memberi bantuan yang cukup. Jika kamu baru belajar, tentu akan membantu melatih pendengaranmu tentang perbedaan nada saat melakukan tuning.

Dari banyaknya aplikasi serupa yang menawarkan stem gitar dengan hasil terbaik, berikut beberapa aplikasi Android dan iOS untuk tuning gitar yang mungkin harus kamu coba.

Aplikasi Stem Gitar iPhone dan Android

Yang pertama ditujukan untuk pengguna smartphone, baik Android maupun iOS. Mobilitar smartphone tentu mempermudah proses stem karena bisa kamu lakukan dimana saja tanpa alat tambahan.

BOSS Tuner

BOSS Tuner

BOSS Tuner
BOSS Tuner
Developer: Roland Corporation
Price: Free

Yang pertama ada BOSS Tuner dari Roland Corporation. BOSS Tuner adalah salah satu aplikasi tuning terpercaya yang bisa kamu gunakan di Android. Aplikasi ini mendukung untuk instrumen gitar, bass, ukulele, cello, biola dan bahkan beberapa instrumen tiup logam.

BOSS Tuner memiliki fitur yang cukup lengkap, antarmuka yang simpel, multiple tuning dan referensi pitch yang bisa didengarkan. Aplikasi BOSS Tuner bisa digunakan sepenuhnya gratis tanpa adanya opsi in-app purchase dan iklan.

Fender Guitar Tuner

Fender Guitar Tuner

Selain memproduksi alat musik dan pengeras suara, Fender juga memgfasilitasi pengguna produknya dan gitaris dengan aplikasi stem untuk Android. Mendukung gitar, bass dan ukulele, aplikasi ini memiliki 26 tuning berbeda. Fitur lain yang tersedia adalah auto tune mode, manual tuning mode, chromatic mode, custom tuning dan lain-lain.

Fender Guitar Tuner juga bisa kamu gunakan gratis, meski saat ini sudah menarakan pembelian didalam aplikasi untuk versi pro. Dengan membeli versi pro kamu akan mendapatkan fitur lengkap sesuai dengan yang ditawarkan.

Chromatic Guitar Tuner

Chromatic Guitar Tuner

Chromatic Guitar Tuner memungkinkan kamu menyetel gitar akustik atau listrik dengan tingkat kemudahan serta ketelitian yang tinggi. Aplikasi stem gitar ini ini mampu secara otomatis menentukan penyimpangan string dan memberi tahu ke arah mana kita harus menyetelnya.

Selain itu, Chromatic Guitar tuner dilengkapi dengan garpu tala yang sanggup menghasilkan nada dari 1 hertz hingga 22050 hertz. Sebagai pemula, aplikasi yang satu ini mampu menjadi perangkat wajib untuk dipasang pada smartphone-mu.

gStrings

gStrings

Tuner - gStrings Free
Tuner - gStrings Free
Developer: cohortor.org
Price: Free+

Dari segi tampilan, gStrings memang bukanlah aplikasi stem gitar yang spesial. Meski begitu, gStrings mampu bekerja dengan baik dan andal untuk segala kondisi. Lewat mikrofon bawaan smartphone, aplikasi ini sanggup menuntaskan permasalahan senar yang fals.

Cukup unik ketika mengetahui bahwa saking detailnya, gStrings mampu menangkap kebisingan selain senar gitar di sekitar tempat kita. Ia bekerja lebih keras dengan hanya fokus pada frekuensi string, terlebih kamu bisa mengatur suara sesuai selera pribadi di luar setelan biasa.

Cifra Club Tuner

Cifra Club Tuner

Cifra Club Tuner menawarkan penyetelan gitar dan instrumen lain dengan mudah. Aplikasi ini mendukung beberapa instrumen selain giutar seperti biola, cello, ukulele, banjo, cavaquinho dan alat musik dawai lainnya.

Terdapat fitur chromatic tuner dan string to string tuner yang bisa kamu gunakan. Cifra Club Tuner juga sudah bisa digunakan di perangkat Android Wear, yang artinya lebih praktis lagi jika kamu pengguna smartwatch Android. Aplikasi ini bisa digunakan gratis dengan menampilkan iklan, ada opsi in-app purchase seharga $9.99 dengan beberapa fitur tambahan dan penggunaan tanpa iklan.

GuitarTuna

GuitarTuna

GuitarTune jadi salah satu aplikasi stem gitar yang populer di Play Store, dengan mencatatkan total download lebih dari 50 juta kali. Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk gitar, bass, ukulele dan banyak alat musik dawai lainnya, tinggal kamu pilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi.

GuitarTuna menawarkan fitur auto tune, advanced tuning option dan beberapa opsi kustomisasi. Aplikasi ini juga menambahkan beberapa set chords yang bisa kamu gunakan untuk berlatih. GuitarTuna bisa kamu gunakan gratis, namun menawarkan pembelian didalam aplikasi.

Smart Chords and Tools

Smart Chords and Tools

Aplikasi untuk menyetel gitar selanjutnya adalah Smart Chords and Tools. Aplikasi ini mendukung untuk banyak instrumen berbeda termasuk gitar, bass, ukulele, banjo dan lain sejenisnya. Aplikasi ini juga memiliki banyak chords yang bisa kamu gunakan untuk berlatih memainkan alat musik.

Jadi selain berlatih melakukan stem, kamu juga bisa berlatih memainkannya. Aplikasi ini bisa kamu gunakan gratis, dengan menawarkan opsi in-app purchase dengan tambahan berbagai fitur menarik. Sebagai tambahan, ada pula langganan berbayar sebesar $3.83 per tahun, harga yang sangat murah menurut saya.

Pro Guitar Tuner

Pro Guitar Tuner

Stimmgerät - Pro Guitar
Stimmgerät - Pro Guitar
Developer: ProGuitar
Price: Free+

Dikembangkan oleh situs penyetem gitar online, proguitar.com, aplikasi ini bisa menjadi pilihan lain dengan fitur yang lumayan. Kamu bisa melakukan penyeteman kromatik dengan mudah melalui Android tanpa tambahan alat apapun.

Selain bisa digunakan melalui mikrofon bawaan, kamu juga bisa menggunakan berbagai jenis mikrofon eksternal yang mendukung perangkat Android-mu. Pro Guitar Tuner juga bisa digunakan untuk tuning sebagian besar alat musik bersenar, tidak hanya gitar saja. Aplikasi ini bisa kamu gunakan gratis, dengan menawarkan pembelian didalam aplikasi dan menampilkan iklan.

Aplikasi Stem Gitar Terbaik iOS

Tidak kalah dengan Android, pengguna iOS juga bisa memanfaatkan aplikasi gratis yang bertebaran di App Store untuk menyetem gitar atau alat musik dawai lainnya. Berikut beberapa aplikasi yang mungkin cocok untuk kamu gunakan.

iStroboSoft

iStroboSoft

‎iStroboSoft
‎iStroboSoft
Developer: Peterson Tuners
Price: 10,99 €+

Dipercaya oleh para profesional, iStroboSoft merupakan salah satu aplikasi stem gitar untuk perangkat iOS yang terbilang populer. Aplikasi ini sangat akurat dan menawarkan level presisi yang tinggi. Ia juga memperhatikan penggunaan baterai dengan adanya fitur standby mode untuk mengurangi penggunaan daya.

Terdapat dua mode tuning, auto dan manual yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. iStroboSoft juga memiliki fitur noise filter yang dapat mengurangi kebisingan lingkungan, sedangkan input suara bisa melalui mikrofon bawaan ataupun eksternal.

Yousician

Yousician

Yousician sangat cocok untuk kamu yang belajar memainkan gitar atau alat musik sejenis lainnya. Selain memiliki tuner, ia menawarkan tutorial cara mamainkan gitar, bass dan bahkan piano. Yousician memiliki fitur yang memungkinkanmu untuk memainkan, mendengarkan dan memberikanmu tanggapan yang relevan.

Jadi jika kamu pengguna iOS dan baru belajar bermain gitar, kamu bisa mencoba Yousician sebagai referensi dalam menyetem dan memainkannya. Aplikasi ini bisa kamu gunakan gratis, dengan penawaran in-app purchase untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap.

Cadenza Musician’s Kit

Cadenza Musician's Kit

‎Cadenza Musician's Kit
‎Cadenza Musician's Kit

Cadenza banyak digunakan oleh musisi diberbagai belahan ddunia. Cadenza memiliki tuner yang sangat akurat, pipa pitch dan metronom yang serbaguna. Aplikasi ini juga biasa digunakan dalam gladi bersih. Untuk kamu yang pemula juga bisa memanfaatkannya karena cocok untuk keperluan stem gitar dan alat musik sejenisnya.

Versi pro dari Cadenza menawarkan fitur seperti preset metronom, suara tuner, pipa pitch dan banyak lainnya. Lalu untuk tampilan, kamu bisa merubah warnanya sesuai keinginan.

insTuner Free

insTuner Free

insTuner adalah penyetem kromatik yang bisa kamu gunakan gratis, meskipun menawarkan pembelian dalam aplikasi. Aplikasi ini menawarkan penyeteman yang akurat melalui mikrofon bawaan maupun eksternal.

Aplikasi ini mendukung beragam instrumen musik baik akustik maupun elektrik seperti gitas, bass, banjo, ukulele, bouzouki, mandolin dan lain-lain. Selain itu, instrumen apapun yang bisa mempertahankan nada, bisa dengan mudah disetel menggunakan aplikasi ini.

Penutup

Karena smartphone hampir dimiliki oleh setiap orang termasuk musisi, tentu memanfaatkannya untuk membantu melakukan stem menjadi lebih mudah dan praktis. Kamu hanya perlu menggunakan aplikasi stem gitar yang menurutmu paling mudah digunakan dan hasilnya akurat.