4 Aplikasi Streaming Musik Terbaik di Android Edisi 2020

Jaman sekarang streaming lagu memang lebih mudah dan efisien
Aplikasi Streaming Musik Terbaik di Android
Image credit: @deepanker70/pixabay.com

Hampir semua orang suka mendengarkan musik, entah saat melakukan suatu pekerjaan maupun bersantai. Kegiatan saya sehari-hari juga selalu diiringi dengan oleh alunan musik favorit agar tidak membosankan. Cara mendengarkan musik saat ini semakin berkembang, dimana streaming musik sangat diminati kerena tidak memakan banyak memori Android dan koleksinya yang sangat beragam.

Layanan streaming musik juga selalu bertambah setiap saat, dimana masing-masing menawarkan kelebihannya untuk menarik peminat. Untuk kamu yang sedang mencari aplikasi streaming musik terbaik di Android, mungkin cukup membingungkan untuk memilih yang tepat diantara banyaknya opsi yang tersedia.

Aplikasi Streaming Musik Terbaik di Android

Berikut ini ada beberapa aplikasi streaming lagu dan musik yang bisa kami rekomendasikan untuk kamu coba. Umumnya bisa kamu gunakan gratis, namun akan tentu saja kamau akan mendapatkan banyak keuntungan dengan berlangganan berbayar.

Spotify

Spotify

Pendengar musik tentu sudah tidak asing lagi dengan layanan streaming musik dan podcast Spotify. Di Play Store, Spotify sudah mendapatkan lebih dari 500 juta download dari seluruh dunia. Spotify juga bisa kamu gunakan di komputer melalui aplikasi atau browser.

Soal koleksi tidak perlu diragukan, dari lagu dalam negeri sampaai mancanegara tersedia dengan lengkap. Kamu juga bisa membuat playlist, menandai lagu yang kamu suka, mengubah kualitas audio sesuai keinginan dan lain-lain.

Kamu bisa mendengarkan konten Spotify gratis melalui aplikasi Android-nya, tapi bisa dibilang versi gratisnya kurang memuaskan. Kamu hampir tidak bisa memutar lagu yang kamu inginkan langsung, melainkan melalui fitur Shuffle atau acak. Kamu tidak juga tidak bisa mengunduhnya untuk diputar secara offline.

Joox

JOOX

JOOX Music
JOOX Music
Price: To be announced

Di Indonesia mungkin Joox lebih populer karena memiliki banyak fitur menarik lainnya termasuk lirik dan karaoke. Joox mendapatkan lebih dari 100 juta download di Play Store hingga saat ini. Ia juga bisa kamu gunakan melalui browser di komputer, jadi kamu bisa menggunakan satu akun untuk beberapa perangkat pribadimu.

Kualitas audio yang ditawarkan juga tidak perlu diragukan, dimana Joox memiliki audio High Fidelity (Hi-Fi) yang merupakan level audio tertinggi milik Joox. Mendengarkan audio Hi-Fi membutuhkan banyak kuota karena ukurannya yang cukup besar. Disamping itu kamu harus berlangganan Joox Premium untuk bisa mengaturnya menjadi Hi-Fi.

Deezer Music

Deezer Music

Deezer: Musik & Podcasts hören
Deezer: Musik & Podcasts hören

Mungkin nama Deezer tidak terdengar familiar di telingamu, namun sebenarnya ia sudah beroperasi cukup lama dan menjadi salah satu layanan streaming musik terbaik saat ini. Fitur menarik seperti lirik, membuat playlist, mixed dan lain-lain juga tersedia di Deezer.

Di Play Store, Deezer mengumpulkan lebih dari 100 juta download. Soal koleksi lagu, Deezer mengklaim dengan angkat lebih dari 56 juta trek audio yang tentunya selalu bertambah setiap saat.

Deezer juga memiliki fitur untuk download lagu agar bisa didengarkan offline serta mengatur sendiri kualitas audio-nya. Hanya saja kamu harus berlangganan untuk mendapatkan fitur yang ditawarkan secara lengkap.

YouTube Music

YouTube Music

Diluncurkan tanggal 12 November 2015 lalu, YouTube Music merupakan platform streaming musik yang dikembangkan oleh YouTube. Kamu bisa mendengarkan sangat banyak koleksi lagu terbaru dari berbagai genre, dalam maupun luar negeri. Di Play Store ia mendapatkan rating yang cukup baik dengan lebih dari 100 juta download.

Fitur-fitur menarik juga hadir seperti download lagu, membuat playlist, mixed, shuffle, mengatur kualitas audio dan banyak lagi lainnya. Untuk mendapatkan semua fitur yang ditawarkan kamu harus membayar biaya berlangganan, yang bisa dibilang cukup murah karena dengan berlangganan YouTube Music kamu akan otomatis berlangganan YouTube Premium tanpa tambahan biaya.

YouTube

YouTube

YouTube
YouTube
Developer: Google LLC
Price: Free

Untuk kamu yang cenderung suka gratisan, YouTube adalah sumber streaming lagu terbaik yang bisa kamu gunakan. YouTube memiliki beragam varian lagu dan kamu bisa membuat playlist-mu sendiri gratis untuk didengarkan setiap saat.

Kekurangannya tentu kamu harus menonton video musik tersebut sambil mendengarkan lagu. Kamu juga tidak bisa mengunduh musik favorit secara langsung melalui aplikasi YouTube untuk didengarkan offline. Tapi tidak perlu khawatir karena ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk streaming lagu dari YouTube, misalnya YMusic.

Penutup

Setiap platform streaming musik dan podcast pada dasarnya menawarkan layanan mereka secara gratis agar pengguna tertarik dan akhirnya berlangganan. Kamu bisa mencoba penawaran masa trial atau versi gratis untuk menentukan mana aplikasi streaming musik yang terbaik. Terlebih harga berlangganan platform diatas bisa dibilang sama dan metode pembayaran yang mudah dan fleksibel.

Sudah menemukan aplikasi streaming musik terbaik favoritmu?

Silahkan tinggalkan komentar jika kamu memiliki pertanyaan seputar aplikasi streaming musik terbaik atau terdapat saran yang ingin kamu sampaikan. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.