10+ Browser Terbaik Untuk Android Paling Rekomended 2020!

Pastikan kamu menggunakan salah satu browser Android terbaik dibawah ini untuk kenyamanan aktivitasmu didunia maya.
Browser Terbaik Android
Image credit: @charlesdeluvio/Unsplash.com

Browser mungkin jadi salah satu aplikasi terpenting dalam perangkat smartphone. Aplikasi ini yang membantu kita untuk terhubung dengan dunia maya, tempat kita mencari informasi, hiburan, bekerja maupun bersosialisasi.

Dalam setiap perangkat smartphone, khususnya Android, browser biasanya sudah terinstall dan menjadi aplikasi yang wajib ada. Meski demikian, tidak semua browser bawaan pabrik bisa diandalkan atau paling tidak sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Browser Terbaik Android 2019

Meski demikian, terdapat banyak pilihan aplikasi browser yang bisa kamu download di Google Play Store. Jadi kamu bisa menggunakan browser pihak ketiga ini dibanding browser bawaanmu. Mereka biasanya juga dilengkapi dengan banyak fitur berguna dan menarik untuk menambah pengalaman penggunaan yang positif.

Catatan:
Daftar browser terbaik untuk Android dibawah tidak diurutkan berdasarkan kualitasnya, kamu disarankan untuk mencoba beberapa atau bahkan semuanya untuk menemukan browser yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Google Chrome

Google Chrome for Android

Google Chrome: Sicher surfen
Google Chrome: Sicher surfen

Siapa yang tidak kenal dengan Google Chrome, browser ini mungkin menjadi salah satu yang terbanyak digunakan pengguna Android saat ini. Google Chrome biasanya menjadi aplikasi browser default untuk perangkat Android yang menggunakan stock Android.

Google Chrome dibekali dengan semua fitur terbaru yang diperlukan dan sudah termasuk desktop syncing jika kamu login ke akun Gmail yang sama. Beberapa fitur lain yang dimiliki adalah HTML 5, built-in Google Translate, news article display, unlimited tab, incognito mode, Google voice search dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk kamu yang tidak mau ribet dan ingin menggunakan broser terbaik Android, memilih Google Chrome mungkin menjadi pilihan yang tepat.

Firefox

Firefox for Android

Seperti versi desktopnya, Firefox juga menjadi salah satu browser terpopuler dan tentunya terbaik. Browser ini juga sudah dilengkapi fitur penting seperrti HTML5, firefox sync, multiple panels, add-on dan lain-lain.

Mengakses berbagai jenis situs populer juga bisa dilakukan dengan mudah melalui Firefox. Menggunakan browser ini, kamu juga dimanjakan dengan banyaknya pilihan add-ons yang bisa mempermudah aktivitasmu. Yang menjadi kekurangan mungkin Firefox terasa lebih berat saat melakukan load halaman website berukuran besar.

Brave Browser

Brave Browser

Brave adalah browser gratis bersifat open source yang muncul pada 2016 lalu dengan membawa banyak fitur. Brave merupakan browser yang aman, dimana ia mampu memblokir website tracker, menghapus iklan dan meningkatkan privasi penggunanya dengan membagikan lebih sedikit data kepada pengiklan.

Browser ini didesain dengan tujuan memberikan pengalaman browsing yang cepat dan aman kepada penggunanya. Brave mampu mengurangi penggunaan baterai, konsumsi data dan cookies. Sedangkan soal fitur, ia memiliki semua fitur utama yang dibutuhkan untuk sebuah browser seperti multi tabs, private tabs, bookmark, history dan lain-lain.

Dolphin

Dolphin

Sejak diluncurkan, Dolphin sudah meraih beberapa penghargaan. Browser gratis ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Beberapa fitur esensial juga sudah dimiliki seperti, HTML5, syncing, flash player, adblocker, incognito mode dan masih banyak lagi.

Dolphin juga memiliki add-ons yang memungkinkan penggunanya untuk mengatur browsernya sesuai dengan keinginan. Browser ini sangat cocok untuk kamu yang butuh browser ringan kaya fitur, terlebih ada fitur adblock untuk mengurangi iklan-iklan agresif yang biasa muncul pada website.

Opera Mini

Opera Mini

Webbrowser Opera Mini
Webbrowser Opera Mini
Developer: Opera
Price: Free

Opera Mini merupakan browser yang sangat populer, bahkan sebelum kemunculan Android ia sudah banyak digunakan di perangkat Java dan Symbian. Telah hadir untuk smartphone berbasis Android dan iOS, Opera Mini menjadi browser yang cepat dan mampu menghemat penggunaan data saat browsing. Ia juga bisa kamu gunakan untuk mendownload video dengan mudah dari banyak platform sosial media.

Selain gratis, ringan dan cepat, ia juga sudah dilengkapi dengan beragam fitur yang dibutuhkan penggunanya. Fitur tambahan lain juga ada, seperti night mode, speed dial, private browsing, data tracker dan banyak lagi. Opera Mini menggunakan cloud acceleration dan data compression untuk membuat pengalaman browsing-mu menjadi lebih cepat dan ringan.

Samsung Internet Browser

Samsung Internet Browser

Dengan lebih dari 100 juta download di Play Store, Samsung Internet Browser menjadi alternatif lain yang bisa kamu pilih. Browser ini sendiri sudah hadir sebagai aplikasi pre-installed di perangkat Samsung, namun kamu bisa menginstall-nya sendiri melalui Google Play Store.

Browser milik Samsung ini menggunakan engine Chromium 71 untuk memberikan akses load yang cepat saat browsing. Beberapa fitur yang dimilikinya antara lain, Ad and content blocking, saved pages, power saving mode, reader mode dan masih banyak lainnya. Samsung Internet Browser adalah browser yang aman dan kamu bisa mengandalkannya.

Via Browser

Via Browser

Via Browser - Schnell und klein
Via Browser - Schnell und klein

Via Browser adalah salah satu browser dengan ukurang paling kecil yang bisa kamu gunakan saat ini, sangat cocok jika storage Android-mu sudah penuh sesak. Via memiliki tampilan yang sangat bersih, simpel dan minimalis namun tetap menawarkan fitur penting sebuah browser.

Fiturnya juga terbilang lengkap, ada night mode, ad block, find in page, bookmarks, data saving, customize dan banyak lagi lainnya. Yang paling menarik adalah, kamu bisa menggunakan Via Browser secara gratis. Bahkan mereka juga tidak menampilkan iklan seperti browser gratis pada umumnya, pilihan yang menarik bukan?

DuckDuckGo Privacy Browser

DuckDuckGo Privacy Browser

DuckDuckGo Privacy Browser
DuckDuckGo Privacy Browser
Developer: DuckDuckGo
Price: Free

Meski DucDuckGo tidak memiliki banyak fitur menarik seperti kompetitornya, yang membuatnya spesial adalah fokus mereka dalam mengedepankan privasi penggunanya. Terdapat tombol disebelah kanan address/search bar untuk menghapus semua jejak browsing dalam sekali tap.

DuckDuckGo juga menghilankan semua ad-tracker yang biasanya mengkikutimu saat menjelajah di internet dan secara otomatis akan menggunakan enkripsi tertinggi yang tersedia di situs yang kamu kunjungi.

Microsoft Edge

Microsoft Edge

Microsoft Edge
Microsoft Edge
Price: Free

Microsoft Edge sendiri hadir di produk terbaru sistem operasi Windows, yang muncul sebagai pengganti Internet Explorer. Sedangkan untuk Microsoft Edge versi Android, mereka bisa dibilang sebagai produk pendatang baru. Microsoft menawarkan browser dengan tampilan clean dan modern yang sudah dilengkapi berbagai fitur vital termasuk ad blocker.

Dengan dukungan reading mode, Edge mungkin menjadi salah satu pilihan terbaik untuk kamu yang hobi membaca artikel online. Kamu bisa menggunakan produk Microsoft ini secara gratis, bahkan mereka juga tidak mengambil untuk melalui iklan yang biasa disisipkan oleh developer browser lain.

Kiwi Browser

Kiwi Browser

Kiwi Browser - Fast & Quiet
Kiwi Browser - Fast & Quiet

Kiwi Browser diluncurkan tahun lalu sebagai browser Android Chrome-based lainnya. Yang menarik saat menggunakan Kiwi Browser, kamu bisa menggunakan extension Chrome desktop didalamnya. Hampir semua extension yang ada di Chrome Web Store bisa digunakan dengan baik oleh browser Android ini, bisa dibilang kompabilitasnya impresif untuk menggunakan extensions.

Selain itu, fitur umum juga hadir didalamnya seperti ad-blocking, tracking script blocking, dark mode dan lain-lain. Ada pula fitur untuk memblokir halaman AMP, fitur dark mode-nya juga mampu membuat halaman pencarian dan situs yang dikunjungi menjadi gelap.

Ecosia Browser

Ecosia Browser

Ecosia - Gr├╝n & Privat
Ecosia - Gr├╝n & Privat
Developer: Ecosia
Price: Free

Menjaga kelestarian bumi memang menjadi kewajiban kita sebagai manusia. Dan Ecosia adalah browser Android yang bisa membantu menanam pohon untuk menghijaukan kembali permukaan bumi sembari kamu browsing menggunakannya. Ecosia mendonasikan 80% keuntungan mereka dari produk browser ini untuk menanam pohon.

Disamping itu, Ecosia menggunakan engine Chromium, yang membuatnya terlihat sedikit banyak seperti Google Chrome. Ia adalah browser yang cepat dan aman, memiliki fitur utama yang terbilang cukup. Meskipun kekurangan fitur tambahan, setidaknya dengan browser ini kita bisa membantu melestarikan lingkungan.

Mint Browser

Mint Browser

Mint Browser dirilis oleh Xiaomi, yang mengklaim sebagai salah satu browser terbaik Android saat ini dengan sektor privasi dan keamanan yang terjamin. Mint hanya berukuran 13 MB, sehingga sangat tepat untuk kamu yang butuh browser pihak ketiga namun storage-mu sudah terlalu penuh.

Fitur-fiturnya juga cukup lengkap, kamu diberikan mode malam, incognito mode, ad block, penghemat data dan kemudahan untuk mengunduh video atau file lain dari beragam situs. Produk Xiomi ini bisa kamu gunakan gratis, dan bahkan mereka tidak menampilkan iklan di browser ini.

Opera Touch

Opera Touch

Opera Touch adalah versi lain dari Opera Mini, yang masih sama-sama produk Opera. Browser ini sendiri memenangkan penghargaan Red Dot karena antarmuka yang dimilikinya. Browser cepat ini juga didesain untuk mudah digunakan dengan satu tangan. Opera Touch sudah dilengkapi dengan fitur-fitur ideal browser mobile.

Fitur Ad block juga hadir di Opera Touch yang akan memblokir beragam jenis iklan, namun sedikit kekurangan terkait situs yang menggunakan mode AMP untuk pengguna mobile. Karena AMP adalah versi cache dari sebuah halaman, Opera Touch tidak bisa memblokir iklan di halaman AMP tersebut.

Terlepas dari itu, pengalaman browsing-mu dijamin nyaman dengan fitur quick access tab, night mode dan pastinya fast load seperti yang mereka deskripsikan.

Penutup

Itulah beberapa aplikasi browser terbaik Android yang bisa kamu pilih dan gunakan saat ini. Beberapa diantaranya hadir tanpa iklan dan beberapa lainnya masih menampilkan iklan, meski tidak agresif.

Pilih browser yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ponsel Android-mu, agar kamu bisa menggunakannya semaksimal mungkin. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga artikel referensi inin bermanfaat.