Cara Aktivasi Windows 10 Permanen Paling Aman dan Mudah

Aktivasi Windows 10 sebenarnya sangat mudah, kamu hanya memerlukan product key yang sudah kamu beli sebelumnya.
Cara Aktivasi Windows 10
Image credit: Nokturnal.id

Mungkin Windows jadi sistem operasi komputer yang paling banyak dipakai selain Mac. Versi yang paling populer saat ini tentu Windows 10, dimana setiap laptop maupun desktop PC banyak yang menggunakan versi terakhir dari Microsoft.

Selain dijual secara terpisah, lisensi Windows 10 terkadang juga sudah termasuk didalam pembelian hardware komputer atau yang lebih sering adalah laptop. Jadi untuk kamu yang berencana membeli laptop, sangat disarankan untuk melakukan riset sampai apakah tipe laptop yang akan kamu beli sudah memberikan lisensi Windows 10.

Biasanya sekali kamu membeli lisensi Windows 10 secara terpisah atau berupa bundle dari laptop yang kamu beli, kamu bisa menggunakannya di perangkat tersebut meskipun kamu melakukan install ulang.

Tipe Lisensi Windows 10

Ada 3 tipe lisensi Windows 10 yang dikeluarkan Microsoft, berikut penjelasannya.

Retail

Lisensi retail atau yang sering disebut FPP (Full Packed Product) adalah jenis lisensi yang bisa kamu beli melalui Microsoft Store ataupun toko retail yang menjual lisensi Windows 10 secara resmi. Di lisensi FPP kamu akan mendapatkan kemasan fisik berisi manual book, DVD atau flash drive berisi file Windows dan tentunya product key untuk aktivasi.

Kelebihan dari versi ini lisensinya bisa dipindah ke komputer lain, dan apabila ada masalah selama instalasi maupun aktivasi kamu mendapatkan full support dari customer service Microsoft. Sedangkan kekurangannya mungkin hanya satu, harganya yang relatif mahal. Dimana Windows 10 Pro dijual dengan harga sekitar Rp 3 jutaan.

Windows 10 FPP adalah pilihan paling bijak jika kamu ingin mendapatkan lisensi Windows 10 yang legal, original dan bisa diterima moral.

OEM

Original Equipment Manufacture atau yang biasa kita sebut sebagai OEM adalah jenis lisensi Windows yang menyatu dengan brand tertentu. Biasanya lisensi jenis ini bisa kamu dapatkan di produk laptop ataupun AIO PC, dimana brand tertentu sudah menempelkan lisensi Windows original dihardwarenya.

Untuk kamu yang ingin sekalian memiliki lisensi Windows original, legal dan etis tentu cara ini bisa menghemat pengeluaran. Namun kekurangannya adalah, lisensi ini tidak bisa kamu pindah ke komputer lain karena sudah menyatu dengan hardware brand tersebut. Kamu juga tidak bisa mendapatkan support dari Microsoft karena lisensi sudah dimiliki oleh brand tersebut.

Volume

Lisensi ini biasanya dikhususkan untuk perusahaan yang memiliki banyak komputer dan membutuhkan lisensi Windows. Harga yang diberikan juga tergantung dari kesepakatan antara perusahaan dan Microsoft.

Cara Aktivasi Windows 10

Jika kamu sudah memiliki atau berencana membeli lisensi Windows 10 tapi belum mengerti cara menggunakannya, tidak perlu khawatir. Aktivasi Windows 10 bisa dilakukan dengan sangat mudah dan tidak perlu tool khusus.

Untuk melakukan proses aktivasi, kamu memerlukan koneksi internet. Prosesnya tidak akan lama dan tidak memakan banyak kuota data.

1. Buka Settings dan pilih Update & Security.

Buka Update & Security

2. Pilih menu Activation yang ada disebelah kiri bawah.

Pilih Menu Activation

3. Klik pada Change product key lalu masukkan product key-mu.

Klik Change Product Key

4. Setelah memasukkan product key, klik Next.

Masukkan Product Key

5. Lalu klik Activate untuk memulai proses aktivasi, tunggu sebentar.

Klik Activate

6. Windows sudah berhasil diaktivasi, klik Close.

Klik Close

Cara Melihat Jenis Lisensi Windows 10

Kamu bisa melihat jenis lisensi yang digunakan melalui Command Prompt, caranya cukup mudah.

1. Cari Command Prompt lalu klik kanan dan pilih Run as administrator.

2. Jika muncul jendela User Account Control, klik Yes.

3. Ketik slmgr.vbs /dli lalu tekan tombol Enter.

4. Akan muncul jendela baru, pada contoh adalah lisensi berjenis RETAIL.

Cara Cek Jenis Lisensi

Sebenarnya tidak ada efek signifikan dari tidak diaktifkannya Windows, yang paling terlihat mungkin hanya watermark Activate Windows yang muncul dipojok bawah layar.

Jika belum bisa membeli lisensi Windows retail ataupun OEM, mungkin tidak masalah menggunakan Windows 10 tanpa aktivasi karena tidak ada perbedaan dalam kinerja dan performa.

Penutup

Semoga artikel diatas dapat memberi sedikit informasi bermanfaat mengenai lisensi Windows. Apabila terdapat pernyataan yang salah ataupun tutorial yang kurang jelas, jangan sungkan untuk menuliskannya dikolom komentar.

Cheers!

Donny Satriya
Donny adalah pendiri sekaligus penulis di Nokturnal.id, menyukai dunia teknologi sejak lama. Tidak memiliki hobi khusus, namun menyukai musik dari berbagai genre.