8 Cara Download Game di Laptop & PC Paling Aman 2020

Untuk kamu yang bermain game di komputer Windows, iniloh cara download game di komputer yang aman.
Cara Download Game di Laptop
Image credit: Nokturnal.id

Gaming di laptop atau PC berbasis Windows memang sudah menjadi hal yang biasa, karena hampir semua game untuk perangkat komputer mendukung sistem operasi ini. Untuk kamu yang mulai suka bermain game, apa sudah tau dimana downloadnya?

Kalau belum, maka kamu datang ke artikel yang tepat. Disini kamu akan menemukan cara download game di laptop dan PC dari tempat yang aman tanpa virus.

Cara Download Game di Laptop dan PC

Cara dibawah ini diurutkan berdasarkan sumber game terpercaya saat ini. Kamu tidak perlu khawatir virus atau langkah instalasinya, karena bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Microsoft Store

Cara Download Game di Laptop via Microsoft Store

Dimulai dari Windows 8, Microsoft Store berisi berbagai aplikasi termasuk game. Bisa dibilang Microsoft Store adalah Play Store atau App Store-nya Windows. Sebagian game yang sering kamu mainkan di Android, dari yang gratis sampai yang berbayar bisa kamu temukan disini.

Karena berasal dari aplikasi resmi Microsoft, keamanan file game yang ada di Microsoft Store tidak perlu diragukan. Cara download game di laptop/PC melalui Microsoft Store juga sangat mudah, pertama tulis Microsoft Store di search box kemudian buka aplikasinya.

Setelah terbuka, Search nama game yang kamu inginkan lalu klik tombol Get > Install.

Steam

Cara Download Game di Laptop via Steam

Dikutip dari Wikipedia, Steam adalah platform distribusi digital yang dibuat oleh Valve Corporation. Di Steam kamu bisa menemukan sangat banyak koleksi game gratis maupun berbayar dari berbagai genre. Bahkan beberapa judul game populer seperti GTA, DOTA, PES, CSGO dan lainnya bersumber dari Steam.

Cara download game di laptop atau PC melalui Steam sangat mudah, pertama buat akun dan login ke aplikasi Steam yang sudah kamu install. Setelah login, kamu bisa membeli atau mencari game gratis lalu klik Play Game (untuk game Free to Play), proses download dan instalasi akan dimulai. Jika membeli game, setelah pembayaran dikonfirmasi, cek menu LIBRARY > COLLECTION, disini semua game yang kamu punya tersimpan. Pilih gamenya lalu klik INSTALL.

Kebanyakan game di Steam adalah game berbayar yang harganya bervariasi, tapi sebenarnya juga ada game yang bisa dimainkan gratis. Untuk game yang berbayar, akan ada diskon besar pada event-event tertentu seperti saat Winter dan Christmas. Jadi ada baiknya kamu memasukan whistlist dengan klik tombol Add to you wishlist.

Origin

Cara Download Game di Laptop via Origin

Selain Steam, saya menggunakan Origin untuk download game. Origin juga memiliki koleksi yang tidak kalah banyaknya, beberapa judul populer yang mungkin pernah kamu dengar antara lain, Battlefield series, Apex Legend, Need for Speed, The Sims, Fifa, Plants vs. Zombies dan lain-lain.

Sama seperti Steam, sebelum mulai download game kamu harus menginstall aplikasi Origin dan membuat akun. Proses download dan install-nya mirip seperti Steam, kamu hanya perlu menunggu prosesnya sambil mengikuti perintah yang diminta.

GOG

Seperti Steam, di GOG kamu bisa menemukan dan download game dari beragam judul populer yang pernah kamu dengar. Soal game gratis mungkin tidak banyak, tapi GOG juga sering memberikana potongan harga yang lumayan seperti Steam.

GOG menawarkan beberapa kelebihan, salah satunya adalah Cloud Saving yang memastikan kamu tidak kehilangan progres dalam game karena akan disimpan secara otomatis dan bisa disinkronisasi ke semua perangkatmu. Sama seperti Steam, di GOG kamu harus membuat akun terlebih dahulu sebelum membeli dan mengunduh game.

G2A.com

G2A.com bisa dibilang sebagai marketplace digital dengan perkembangan tercepat. Ia memiliki 12 juta pembeli dan 2 juta penjual dari seluruh dunia. Situs ini berfungsi untuk menghubungkan penjual dan pembeli. Mereka tidak menjual game secara langsung, melainkan mengirimkannya dari berbagai platform game seperti Steam, Origin, Apple, GOG, Uplay, PSN dan lain-lain.

Karena merupakan sebuah marketplace, situs ini bisa dibilang yang terlengkap. Umumnya kamu akan menerima key game yang kamu beli untuk diaktifkan sendiri. Sedangkan cara pembelian termudah adalah dengan menggunakan kartu kredit atau PayPal.

CDKeys.com

CDKeys merupakan tempat alternatif untuk membeli game, situs ini cukup terpercaya dan sering memberikan diskon untuk banyak judul game. Membeli game disini kamu akan mendapatkan serial key untuk mengaktifkan game tersebut.

Selain koleksinya yang terbilang lengkap dari game lawas sampai yang terbaru, CDKeys juga menerima banyak review positif. Saya sendiri pernah beberapa kali membeli game disini dan lancar. Soal pembayaran, yang paling mudah adalah dengan kartu kredit atau PayPal

Dari Situs Resminya

Cara download game di laptop dan komputer paling mudah adalah melalui situs resminya. Biasanya mereka akan menjelaskan bagaimana cara download dan install game tersebut. Kamu hanya perlu mengikuti langkah yang diberikan. Misalnya untuk game Escape from Tarkov dan Call of Duty: Modern Warfare.

Dengan Emulator

Terkadang game Android memang jauh lebih mudah dimainkan di laptop atau PC. Nah untuk tujuan ini kamu bisa memanfaatkan emulator Android yang bertebaran gratis di internet. Tidak perlu bingung memilih karena kami sudah membuat artikel mengenai emulator Android terbaik saat ini.

Kamu juga bisa memainkan game PlayStation menggunakan emulator khusus untuk memainkan game PSP, PS1 dan PS2. Jadi jika kamu bermain game dengan emulator Android ataupun PlayStation, sumber gamenya adalah Play Store dan game-game PlayStation tersebut.

Penutup

Sudah menemukan game favoritmu? Rekomendasi saya adalah menggunakan Steam dan langsung membeli ke website resminya karena lebih aman.

Hindari meng-install game dari situs yang tidak terpercaya, bisa jadi game yang kamu download palsu atau sudah disusupi oleh malware atau bahkan virus berbahaya.

Tinggalkan komentar jika menemui kendala saat download game atau terdapat hal yang kurang jelas. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

Donny Satriya
Donny adalah pendiri sekaligus penulis di Nokturnal.id, menyukai dunia teknologi sejak lama. Tidak memiliki hobi khusus, namun menyukai musik dari berbagai genre.