5+ Cara Download Mp3 dari YouTube di Android dan Komputer

Cara Download Mp3 dari YouTube

Cara download MP3 dari YouTube sebenarnya sangat mudah, kamu bisa memanfaatkan banyak tools yang bertebaran gratis. Mereka biasanya mengklaim dapat mengubah file video menjadi audio dengan cepat tanpa menurunkan kualitas secara signifikan, hanya saja kebanyakan menampilkan iklan yang sangat menyebalkan atau bahkan menjadi sumber munculnya malware.

Untuk kamu yang ingin mendownload lagu favorit dari YouTube dan mengubahnya menjadi file MP3, berikut ini beberapa tools yang bisa kamu manfaatkan gratis baik melalui smartphone Android, komputer Windows maupun browser yang bisa digunakan di berbagai platform.

Cara Download MP3 Dari YouTube di Komputer

Software komputer yang saya coba dibawah bisa kamu download dan gunakan gratis. Sebagian menawarkan fitur lebih jika kamu membeli versi premiumnya.

4K YouTube to MP3

Cara download lagu dari YouTube yang pertama menggunakan 4K YouTube to Mp3. Developer 4K Download cukup populer karena produk software download video dari YouTube dan sejenisnya. Mereka juga memiliki software khusus untuk mendownload video dari YouTube yang sudah diubah kedalam format MP3.

Software bernama 4K YouTube to MP3 ini bisa kamu gunakan secara gratis, dengan langkah penggunaan yang sangat simpel. Berikut penjelasannya.

1. Download dan install software 4K YouTube to MP3.

2. Copy link video YouTube yang ingin kamu download dalam bentuk MP3.

3. Buka 4K YouTube to MP3, lalu klik tombol +Paste. Musik yang kamu inginkan akan otomatis di download kedalam bentuk MP3.

4K YouTube to MP3

4. Klik Show in Folder untuk membuka folder MP3 yang baru kamu download tersimpan.

4K YouTube to MP3

Melalui menu Preferences kamu bisa mengubah format audio, kualitas dan threads yang terdapat di tab General. Sedangkan pada tab Connections kamu bisa melakukan limit bandwidth atau kecepatan download agar tidak mengganggu aktivitasmu yang lainnya di internet.

4K YouTube to MP3 tersedia gratis dengan opsi premium sekali bayar untuk membuka semua fiturnya, seperti unlimited download playlist, unlimited download channel, no advertisement dan lain-lain. Namun selama mencobanya saya sendiri tidak menemukan adanya iklan di software.

4K Video Downloader

Masih dari developer yang sama seperti software sebelumnya, 4K Video Downloader bisa kita manfaatkan untuk mendownload video yang kemudian otomatis diubah menjadi file MP3.

Software tidak hanya ditujukan untuk mendownload video dari YouTube, namun juga Facebook, Vimeo dan situs berbagi video lainnya. 4K Video Downloader memiliki pengaturan yang memungkinkannya hanya mendownload file audio, berikut langkah penggunaannya.

1. Download dan install 4K Video Downloader.

2. Copy link musik yang ingin kamu download dari YouTube atau situs sejenis lainnya.

3. Kembali ke 4K Video Downloader, klik tombol Paste Link yang ada disebelah kiri atas.

4K Video Downloader

4. Untuk mendownload audio, ubah pengaturannya menjadi Extract Audio.

4K Video Downloader

5. Pada bagian Format akan muncul beberapa format audio yang didukung, pilih sesuai kebutuhanmu lalu klik tombol Extract.

4K Video Downloader

6. Proses download akan segera dimulai dan biasanya tidak memakan waktu lama, tergantung kecepatan internet yang kamu gunakan.

Sama seperti 4K YouTube to MP3, software ini gratis digunakan dengan opsi premium untuk mendapatkan semua fiturnya. Untuk penggunaan pribadi, saya rasa sudah cukup dengan menggunakan versi gratisnya.

ClipGrab

Software terakhir adalah ClipGrab, yang merupakan software gratis untuk download video di YouTube dan situs sejenis sekaligus konverter ke bentuk file audio.

Berbeda dengan dua software sebelumnya, ClipGrab tersedia gratis tanpa opsi premium. Developernyaa hanya meminta donasi yang sifatnya tidak memaksa untuk pengembangan software mereka.

Catatan:
ClipGrab menyelipkan Adware yang mungkin akan menampilkan iklan di komputer atau browser-mu. Untuk menghindarinya klik Decline pada proses install seperti pada screenshot dibawah ini, jadi kamu harus memperhatikan proses install dengan baik.

Adware ClipGrab

1. Download dan install ClipGrab.

2. Copy link musik yang ingin kamu download.

3. Buka ClipGrab dan pilih tab Downloads, paste link-mu di form yang tersedia.

4. Ubah bagian Format audio menjadi Original, OGG Vorbis, OGG Theora atau MP3 lalu klik Grab this clip!

Clipgrab

5. ClipGrab akan memintamu memilih folder untuk menyimpan hasil download.

ClipGrab

6. Proses download akan otomatis berjalan, dan file download akan tersimpan sesuai pengaturanmu sebelumnya.

Cara Download MP3 Dari YouTube di Android

Di Android juga ada beberapa aplikasi gratis yang cukup powerful untuk mendownload sekaligus mengkonvert video menjadi file Audio.

NewPipe

NewPipe

NewPipe adalah aplikasi open-source yang bisa kamu gunakan gratis. Dibanding aplikasi sejenis lainnya, NewPipe tidak menampilkan iklan apapun. Aplikasi ini juga ringan digunakan, berukuran kecil dan tidak menguras daya baterai Android-mu.

NewPipe tidak tersedia di Google Play Store, melainkan bisa didownload melalui aplikasi F-Droid yang merupakan sejenis repositori untuk aplikasi Android. Kamu bisa menginstall F-Droid melalui link yang saya bagian diatas, kemudian menginstall NewPipe dari aplikasi tersebut.

Layaknya aplikasi YouTube, di NewPipe kamu bisa mencari dan menonton video. Bedanya melalui NewPipe kamu bisa langsung mengunduhnya sebagai video atau mengubahnya sebagai file audio.

SnapTube

SnapTube

Snaptube adalah aplikasi downloader yang mendukung banyak situs seperti YouTube, Dailymotion, Facebook, Instagram dan lain-lain. Sama seperti NewPipe, kamu bisa mencari musik favoritmu dan mengunduhnya menjadi file MP3 langsung melalui aplikasi SnapTube.

Aplikasi ini tidak tersedia di Google Play Store sehingga kamu harus mengunduhnya langsung melalui website resmi mereka. Bedanya dengan NewPipe, ia masih menampilkan iklan dibeberapa bagian. Meskipun jumlahnya mungkin tidak begitu banyak hingga mengganggu penggunaanmu.

Cara Download MP3 Dari YouTube Tanpa Aplikasi

Jika kamu merasa mendownload MP3 dari YouTube adalah hal sepele yang sehingga tidak perlu memakai aplikasi apapun, maka cara berikut ini cocok untukmu. Disini kamu bisa memanfaatkan situs downloader yang bisa diakses gratis, dan tentunya menggunakan perangkat apapun.

ytmp3.cc

Situs ini terbilang populer, bahkan ia menempati posisi teratas dalam pencarian situs download MP3 dari YouTube. Cara menggunakannya sangat simpel, berikut penjelasannya.

1. Copy link video musik yang ingin kamu download di YouTube.

2. Paste pada form yang tersedia, pastikan kamu memilih opsi MP3 dibagian bawah lalu klik tombol Convert.

ytmp3.cc

3. Klik tombol Download dan file audio-mu akan segera terdownload.

ytmp3.cc

Catatan:
Situs downloader seperti ini umumnya memiliki iklan pop-up yang tiba-tiba muncul di tab baru.

Apabila situs diatas tidak bisa digunakan karena terkendala suatu hal, berikut beberapa situs download MP3 dari YouTube yang bisa kamu jadikan sebagai alternatif.

  • https://www.flvto.biz/
  • https://www.clipconverter.cc/youtube-converter/
  • https://mp3convert.io/en-us/
  • https://2conv.com/
  • https://www.flv2mp3.by/

Cara penggunaan situs-situs diatas relatif sama, jadi tidak perlu khawatir kebingungan saat menggunakannya.

Penutup

Itulah beberapa cara download MP3 dari YouTube yang bisa kamu coba. Soal kualitas audio mungkin tidak bisa dijadikan patokan karena biasanya akan mengikuti kualitas asli video YouTube-nya atau lebih rendah lagi.

Apabila menemui kendala atau terdapat langkah yang kurang dimengerti mengenai cara download Mp3 dari YouTube, silahkan tuliskan komentar dikolom yang tersedia. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.

Leave a Reply