Cara Download Play Store dan Install Sendiri di Android

Jangan panik dan baca tutorial dibawah ini kalo Google Play Store-mu hilang.
Cara Download Play Store
Image credit: mobilesyrup.com

Google Play Store menyediakan berbagai jenis aplikasi yang diperlukan pengguna Android. Play Store menjadi sumber resmi yang keamanannya terjamin karena sudah melewati proses inspeksi oleh pihak Google. Ada beberapa kasus yang menyebabkan sebuah ponsel Android tidak memiliki Google Play Store.

Ada pula kasus Play Store tidak sengaja terhapus karena salah dalam melakukan sesuatu di Android. Jika ini terjadi, pasti sangat membingungkan bukan? Kamu tidak perlu panik, karena ada cara download Play Store dan menginstall-nya di Android yang bisa dilakukan dengan sangat mudah dan sederhana.

Cara Download dan Install Google Play Store di Android

Seperti halnya aplikasi Android pada umumnya, Google Play Store juga memiliki versi .apk yang bisa diinstall seperti biasa. Karena setiap Android menggunakan sistem operasi Android yang berbeda-beda, tampilan untuk setiap langkah mungkin akan sedikit berbeda. Namun secara garis besar caranya sama saja.

1. Buka situs ini dan download versi terbaru Google Play Store. Jika tidak punya browser di Android, kamu bisa mengunduhnya di komputer lalu memasukannya ke Android-mu.

2. Setelah itu install apk Google Play Store seperi biasa.

3. Mungkin akan muncul pesan serupa seperti pada gambar dibawah. Tap SETTINGS lalu geser toggle Allow from this resource.

Tap Allow From This Resource

4. Kembali dan lanjutkan proses instalasi Google Play Store. Tap INSTALL dan tunggu prosesnya hingga selesai.

5. Jika sudah selesai, coba buka Google Play Store dan log in menggunakan akun Google apabila diminta.

Caranya memang cukup mudah, namun bisa dijamin Google Play Store akan berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya. Setelah menggunakan cara diatas, mungkin Google Play Store akan memperbarui dirinya secara otomatis seperti biasa.

Penutup

Cara install Play Store memang cukup simpel, jadi kamu tidak perlu khawatir apabila aplikasi Google Play Store di Android-mu tiba-tiba hilang atau tidak sengaja terhapus. Kamu hanya perlu memastikan mengunduh apk Google Play Store dari situs besar yang terpecaya agar lebih aman.

Memiliki kendala saat mengikuti tutorial diatas? Silahkan tinggalkan pertanyaanmu dikolom komentar. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat.