Cara Mudah Download Status WhatsApp, Dijamin Berhasil

Status WhatsApp secara otomatis akan terhapus setelah 24 jam, sebelum itu kamu bisa menyimpannya menggunakan beberapa cara berikut ini.
Cara Download Status WhatsApp

WhatsApp story memang menjadi alternatif yang banyak digunakan selain insta story, hal ini tentu karena kepopuleran aplikasi chat WhatsApp itu sendiri. Kita bisa membagikan foto atau video berdurasi pendek atau panjang yang terpotong-potong dan kemudian akan menghilang setelah 24 jam.

Berbeda dengan gambar atau video yang dikirim melalui chat pribadi atau group chat, status yang ada di WhatsApp story tidak secara otomatis tersimpan di galery ponsel kita. Lalu apakah ada cara download status WhatsApp? Simak terus artikel ini.

Cara Download Status WhatsApp

Mungkin kamu menemukan meme lucu atau foto yang menarik untuk dijadikan wallpaper ponsel dari status WhatsApp, sehingga mencoba mencari cara mengunduhnya. Caranya sendiri tidak begitu sulit, bahkan ada aplikasi pihak ketiga yang akan memfasilitasi keinginanmu ini.

Melalui Hidden Folder di File Manager

Dateimanager
Dateimanager
Developer: File Manager Plus
Price: Free+

Kapanpun kamu membuka status di WhatsApp, isinya akan tersimpan sementara didalam folder tersembunyi di Android. Karena status WhatsApp memiliki limit waktu 24 jam, direktori tersebut akan diperbarui secara real-time dan data didalamnya akan dihapus sesaat setelah melewati waktu yang ditentukan.

Untuk mengakses folder tersembunyi ini kamu membutuhkan file manager. Mungkin sudah tersedia sebagai aplikasi pre-installed di ponselmu, namun jika belum coba gunakan File Manager+.

Setelah terinstall, buka aplikasinya lalu menuju Main Storage. Kemudian tap opsi View yang ada pada menu berlogo titik tiga. Pilih item yang bertuliskan Show Hidden Files. Sekarang kamu bisa menuju folder WhatsApp > Media dan kamu akan menemukan folder bernama .Statuses.

Catatan:
Kamu bisa menggunakan aplikasi file manager lain yang kamu miliki atau suka, selama masih memiliki fitur Show Hidden Files untuk memperlihatkan folder tersembunyi WhatsApp.

Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Status Saver
Status Saver
Price: Free+

Jika kamu tidak ingin repot untuk mencari Hidden folder yang berisi status WhatsApp, kamu bisa mencoba aplikasi pihak ketiga untuk tujuan ini. Ada beberapa aplikasi di Play Store yang khusus untuk mengunduh status WhatsApp.

Salah satu yang cukup terkenal adalah Status Saver. Aplikasi ini memudahkan kamu untuk menyimpan gambar maupun video ke galeri tanpa harus membuka file manager seperti cara sebelumnya. Penggunaannya juga sangat mudah, kamu bisa langsung menginstall dan membuka Status Saver dan mulai menyimpan status WhatsApp yang kamu inginkan.

Catatan:
Ada beberapa aplikasi sejenis yang bisa kamu juga apabila tidak cocok dengan fitur atau iklan yang tampil di aplikasi Status Saver.

Dengan Screenshot atau Screen Record

Dengan Screen Record
Image credit: techlog360.com

Cara download status WhatsApp yang terakhir ini lebih sebagai alternatif apabila kedua cara diatas tidak memungkinkan kamu lakukan. Untuk status berbentuk gambar kamu bisa dengan mudah melakukan tangkapan layar atau screenshot.

Sedangkan untuk video, mungkin kamu perlu aplikasi perekam layar Android untuk merekam videonya sebelum disimpan di galeri. Cara ini juga mudah, namun tidak terlihat bersih karena kamu akan mendapati caption dan tampilan aplikasi WhatsApp seperti saat kamu melihat status secara langsung. Jika memutuskan untuk merekam status, kamu bisa mencoba salah satu aplikasi perekam layar Android terbaik yang sudah saya tulis sebelumnya.

Penutup

Oke, semoga cara download status WhatsApp diatas bisa menjawab pertanyaanmu. Cukup pilih salah satu cara yang paling mudah untuk kamu coba, atau kamu bisa langsung meminta konten status dari si pemilik agar mengirimnya melalui chat.