2 Cara Format Flashdisk Paling Mudah dan Efektif

Cara Format Flashdisk

Windows 10 memiliki fitur yang memungkinkan kamu untuk melakukan format ulang flashdisk dengan sangat mudah. Alasan dilakukannya format sangat beragam, mungkin kamu ingin benar-benar mengosongkan flashdisk, memuat bootable flashdisk Windows atau bahkan menghapus virus yang ada dialamnya. Terkadang flashdisk yang tidak bisa diakses karena terdapat data yang korup, juga bisa teratasi setelah diformat ulang.

Di Windows 10 sendiri ada empat cara format flashdisk, dengan File Explorer, Disk Management, Command Prompt dan Powershell. Namun pada artikel ini saya hanya akan menuliskan dua diantaranya yang paling mudah dan efektif yakni melalui File Explorer dan Disk Management.

Cara Format Flashdisk

Catatan:
Melakukan format flashdisk akan menghapus semua data didalamnya tanpa terkecuali. Perhatikan dengan benar setiap langkah yang kamu lakukan agar tidak ada data penting yang terhapus.

Cara Format Flashdisk dengan File Explorer

Memanfaatkan File Explorer adalah metode yang paling simpel, mudah dan cepat. Kamu hanya perlu teliti saat memilih perangkat yang akan diformat, pastikan perangkat tersebut adalah flashdisk-mu dan bukan HDD atau SSD komputermu.

1. Colokkan flashdisk ke USB port komputer dan pastikan tersambung.

2. Buka File Explorer, pilih This PC dan klik kanan pada flashdisk-mu kemudian pilih Format. (Sebagai contoh nama flashdisk saya adalah USB Drive (E:)

Cara Format Flashdisk dengan File Explorer

3. Klik bagian File system dan pilih NTFS (kamu juga bisa memilih FAT32 atau exFAT sesuai kebutuhan.

4. Klik Allocation unit size dan pilih Default allocation size.

5. Pada bagian Volume label, namai flashdisk sesuai keinginanmu.

6. Dibawah Format options, beri centang pada bagian Quick Format.

Pengaturan Format Flashdisk File Explorer

7. Klik tombol Start.

8. Klik tombol OK.

Klik OK Untuk Mulai Format Flashdisk

Lamanya proses format tergantung banyaknya data yang terdapat di flashdisk. Setelah proses selesai file foto, video, .exe dan lainnya akan terhapus dari flashdisk.

Cara Format Flashdisk dengan Disk Management

Tool bernama Disk Management ini memiliki beragam fungsi yang berkaitin dengan disk pada komputer, termasuk untuk melakukan format pada flashdisk.

1. Ketik Disk Management pada search box kemudian klik hasil pencarian teratas.

Cara Format Flashdisk dengan Disk Management

2. Klik kanan pada nama flashdisk yang ingin diformat, lalu pilih Format.

Klik Format

3. Klik Yes pada jendela konfirmasi yang muncul.

Klik Yes

4. Pada bagian Volume label isi dengan nama yang kamu inginkan.

5. Pada bagian File system pilih NTFS (kamu juga bisa memilih FAT32 atau exFAT sesuai kebutuhan).

6. Pada bagian Allocation unit size pilih Default.

7. Centang bagian Perform a quick format.

8. (Optional) Kamu bisa mencentang Enable file and folder compression.

Pengaturan Format Disk Management

9. Klik OK.

Proses format akan segera berjalan dan semua data yang ada didalam flashdisk akan dihapus, jadi jangan sampai salah memilih perangkat yang akan diformat dibagian awal.

Penutup

Itulah dua cara format flashdisk paling mudah yang bisa kamu lakukan sendiri dikomputermu. Format flashdisk berguna untuk banyak hal termasuk saat hendak install ulang Windows 10.

Lakukan langkah diatas dengan teliti dan cek dua kali sebelum proses format dimulai agar tidak ada kesalahan. Tinggalkan komentar jika menemui kendala atau mendapati bagian yang kurang jelas. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply