Cara Ganti Password Gmail di Hp dan Komputer

Setelah diganti, password barunya jangan lupa disimpan agar tidak lupa ya.
Cara Ganti Password Gmail

Entah akun sosial media, email atau lainnya yang membutuhkan password saat login, sangat dianjurkan untuk menambahkan multi-factor authentication atau sekedar mengganti password-nya secara berkala untuk alasan keamanan. Karena tindakan peretasan akun bisa terjadi kapan saja, bahkan terkadang tidak kita sadari. Termasuk juga akun Gmail. Kamu belum tau cara ganti password Gmail? Kamu datang ketempat yang tepat untuk mendapatkan tutorialnya.

Bahkan untuk Gmail, salah satu layanan email terpopuler dengan lebih dari 1.5 juta pengguna pada tahun 2018, tidak berarti semua penggunanya mengerti dengan detil soal pengaturan akun termasuk mengganti passwordnya.

Cara Ganti Password Gmail Terbaru

Berikut adalah langkah untuk mengganti password Gmail, baik melalui web browser ataupun aplikasi Android-nya.

1. Buka email gmail yang password-nya ingin kamu ganti. Lalu klik foto profil gmail-mu yang ada disebelah kanan atas, biasanya hanya menampilkan huruf depan username jika kamu belum pernah merubah fotonya.

Cara Ganti Password Gmail di Komputer

2. Kemudian klik tombol Kelola Akun Google Anda.

Klik Kelola Akun Google Anda

3. Di Google Akun, pilih menu Info pribadi.

Pilih Info Pribadi

4. Di dalam Info pribadi kamu akan menemukan detail Profil dan Info kontak. Untuk merubah password Gmail, klik SANDI.

Klik Sandi

5. Masukkan password terlebih dahulu untuk verifikasi, kemudian klik tombol Berikutnya.

Verifikasi Password

6. Nah, disini kamu bisa memasukkan password baru sesuai keinginan. Masukkan dua kali sebagai konfirmasi bahwa password yang kamu ketik sudah benar. Lalu klik UBAH SANDI.

Ubah Sandi

7. Kamu akan mendapatkan kiriman email dari Google berupa pemberitahuan perubahan password yang baru saja dilakukan.

Notifikasi Perubahan Sandi Gmail

Jangan lupa untuk mencatatnya agar tidak lupa dikemudian hari. Sampai sini mungkin kamu perlu login ulang menggunakan password baru untuk email tersebut.

Cara Ganti Password Gmail di Android

Di Android kita biasanya menggunakan email Gmail di aplikasi Gmail itu sendiri, karena merupakan aplikasi pre-installed di Android dan salah satu aplikasi email terbaik. Kamu juga bisa melakukan perubahan password Gmail melalui aplikasi Gmail ini, caranya mungkin tidak jauh berbeda untuk iOS.

1. Buka aplikasi Gmail, klik foto profil disebelah kanan atas.

Catatan:
Jika kamu login beberapa akun Gmail di aplikasi, pilih email mana yang password-nya ingin kamu ganti melalui langkah diatas.

2. Kemudian tap Manage your Google Account.

Klik Manage Your Google Account

 

3. Buka tab Personal info dan tap PASSWORD yang ada dibagian Profile.

Klik Password

4. Masukkan password untuk verifikasi sebelum mengubah password Gmail. Kemudian klik Next.

Verifikasi Password Gmail Android

5. Masukkan password baru yang kamu inginkan dua kali, yang kedua sebagai konfirmasi bahwa kamu sudah mengetik password yang benar. Terakhir tap tombol CHANGE PASSWORD.

Klik Change Password

6. Kamu akan menerima email dari Google yang memberitahukan bahwa terdapat aktivitas perubahan password di email tersebut.

Proses sudah selesai, kamu dianjurkan untuk mencatat password baru agar tidak lupa saat ingin menggunakannya dikemudian hari.

Penutup

Mudah bukan cara ganti password Gmail? Usahakan untuk menggunakan kombinasi angka, huruf, huruf kapital dan simbol agar akun Gmail lebih aman. Jika email tersebut penting dan sering kamu gunakan, ada baiknya merubah password-nya secara berkala.

Oya, sebenarnya tidak ada perbedaan tempat mengganti password di Gmail web ataupun aplikasi. Pada tutorial diatas yang membedakan hanyalah bahasa yang digunakan, dimana pada Gmail web saya menggunakan bahasa Indonesia sedangkan Gmail app adalah bahasa Inggris.

Jika mempunyai pertanyaan tentang tutorial diatas, silahkan tinggalkan dikomentar. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.