Cara Install Driver Windows 10, Lengkap dan Mudah

Sebagian driver yang dibutuhkan di Windows 10 bisa terinstall melalui Windows Update dan sebagian lain harus diinstall dengan cara manual.

Driver diperlukan sistem operasi untuk bisa berhubungan dengan setiap hardware dan bekerja dengan baik, misalnya dengan VGA card, wifi adapter, hard drive dana lain-lain. Kamu perlu menginstall driver setelah selesai melakukan install Windows 10. Di artikel ini kamu akan menemukan bagaimana cara install driver Windows 10 yang mudah diikuti dan cepat.

Driver memiliki versi yang berbeda-beda setiap untuk setiap tipe dan brand laptop. Sedangkan untuk PC dimana kamu merakit sendiri hardware yang ingin digunakan, driver ditentukan sesuai tipe hardware yang kamu gunakan.

Cara Install Driver Windows 10

Saya akan menuliskan beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menginstall driver, caranya mudah dan bahkan untuk kamu yang baru mencobanya.

Dengan Windows Update

Secara default Windows 10 sebenarnya bisa membaca driver yang belum ada dan menginstall-nya dikomputermu. Kamu juga bisa menggunakan menu Windows Update untuk melengkapi driver yang dibutuhkan perangkat komputermu.

Meskipun akan memerlukan waktu untuk mendapatkan versi terbaru driver tersebut dari Windows Update, setidaknya kamu sudah melengkapi driver yang diperlukan dan menggunakan versi yang sudah dites oleh Microsoft.

Berikut cara menggunakan Windows Update untuk menginstall driver:

1. Buka Settings kemudian pilih Update & Security.

Cara Install Driver Wnidows 10 dengan Windows Update

3. Pilih Windows Update dan klik tombol Check for updates.

Cara Install Driver Wnidows 10 dengan Windows Update

Dari sini kamu akan menemukan driver yang belum diinstall, kemudian mengunduhnya dan mengisntall-nya secara otomatis.

Download Dari Situs Resmi

Setiap brand laptop maupun hardware pasti menyediakan halaman khusus dimana kamu bisa mengunduh driver untuk perangkat yang kamu gunakan.

Jika kamu menggunakan laptop biasanya kamu akan mendapatkan DVD khusus berisi kumpulan driver yang digunakan setelah install ulang. Kekurangannya adalah driver-driver ini tidak terupdate sehingga kamu perlu memperbaruinya sekali lagi. Lalu DVD juga terbilang sudah kuno untuk digunakan.

Baca juga: Cara Install Windows 10

Solusinya adalah dengan menngunduhnya melalui situs resmi brand laptop-mu. Misalnya kamu memiliki laptop Asus Zenbook Flip 14, ketik saja “Driver Asus Zenbook Flip 14” di Google dan pilih yang sesuai dengan tipe laptopmu.

Download Driver

Catatan:
Kamu bisa menggunakan cara melihat spesifikasi laptop yang sudah saya tulis diartikel sebelumnya untuk melihat tipe laptopmu.

Disini kamu bisa menemukan banyak Drivers bahkan Tools yang diperlukan laptopmu.

Download Driver dari Website Resmi

Cara install driver Windows 10 ini juga bisa digunakan untuk pengguna PC, sebagai contoh saya berikut adalah driver motherboard yang saya gunakan.

Contoh Driver PC

Download driver yang diperlukan lalu install file .exe seperti biasa, ikuti perintahnya hingga selesai

Download Driver VGA Card

Apabila kamu menggunakan discrete graphics card seperti NVIDIA atau AMD, penting untuk menginstall driver terbaru. Kamu bisa menggunakan link berikut ini mendapatkan driver dari masing-masing brand.

Jalankan file .exe yang kamu dapat dan ikuti perintahnya hingga isntalasi selesai.

Penutup

Itulah beberapa cara install driver di Windows 10 yang bisa kamu lakukan. Memang akan dilakukan secara otomatis melalui Windows Update namun terkadang karena alasan tertentu kamu menginstall driver secara manual.

Jika mendapat kesulitan atau ada bagian tutorial cara install driver Windows 10 yang tidak kamu mengerti, silahkan tinggalkan pertanyaanmu dikolom komentar. Terimakasih telah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat.