Cara Kompres/Mengecilkan Ukuran Video Paling Mudah

Punya file video tapi ukurannya kebesaran? Coba cara mengecilkan video dibawah ini sebagai solusinya, dijamin ampuh!
Cara Kompres Video

Cara Kompres Video -File video dengan resolusi tinggi dan durasi panjang, biasanya memang memiliki ukuran yang sangat besar. Karena ukurannya, akan membutuhkan waktu lama jika kamu ingin mengunggahnya ke YouTube atau sosial media. Ada beberapa cara kompres video yang bisa kamu coba untuk mengecilkan ukurannya sehingga proses upload bisa lebih cepat dan mudah dipindahkan.

Yang perlu diperhatikan dalam mengecilkan ukuran video adalah kualitasnya. Secara logika, semakin kecil ukurannya maka semakin buruk pula kualitasnya. Karena itu penting untuk mengatur kualitas dan ukuran agar seimbang sehingga kualitasnya tidak turun terlalu jauh.

Cara Kompres Video di Laptop dan PC

Cara mengecilkan ukuran di komputer sangat mudah, pasalnya ada banyak software open source yang menawarkan fitur tersebut secara gratis. Software yang saya gunakan dibawah tersedia secara cuma-cuma tanpa opsi upgrade berbayar.

Catatan:
Proses kompres akan membuat laptop dan PC bekerja lebih keras, jadi wajar jika akan terasa berat atau sedikit lag. Akan lebih baik jika kamu tidak menggunakannya sementara sampai proses kompres video selesai.

Menggunakan VLC Media Player

VLC Media Player adalah salah satu aplikasi pemutar video yang cukup populer dikalangan pengguna komputer. Tapi taukah kamu jika ia juga merupakan aplikasi kompres video?

VLC Media Player memiliki fitur convert yang bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan ukuran video di laptop dan PC. Secara umum, aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dengan fungsi yang lengkap dan pastinya tidak menampilkan iklan.

Berikut cara mengecilkan ukuran video dengan VLC Media Player:

1. Download VLC Media Player lalu install di komputermu.

2. Setelah itu buka VLC Media Player.

Cara Kompres Video dengan VLC Media Player

3. Klik Media, kemudian pilih Convert / Save...

Pilih Convert

4. Pada tab File, klik tombol Add… dan pilih file video yang ingin dikompres lalu klik Convert / Save.

Masukkan Video

5. Pada bagian Settings pilih Convert, pada bagian Profile pilih Video – H.264 + MP3 (MP4).

Pengaturan VLC Media Player

6. Tentukan Destination file, dimana file video hasil kompres akan disimpan nantinya.

7. Klik Start dan tunggu prosesnya selesai, semakin besar ukuran video akan semakin lama pula proses kompres. Progress bar terdapat dibagian bawah VLC Media Player.

Progress Bar VLC Media Player

Setelah proses selesai, berikut perbandingan ukuran kedua file videonya.

Sebelum dan Sesudah Kompres dengan VLC Media Player
Kiri sebelum, kanan sesudah

Tidak ada penurunan kualitas video yang signifikan pada hasil kompres menggunakan VLC Media Player. Kamu masih bisa menontonnya dengan jernis dengan syarat file video aslinya memiliki kualitas yang bagus.

Menggunakan HandBrake

Cara kompres video yang kedua adalah menggunakan HandBrake. Aplikasi ini merupakan converter video yang memiliki banyak opsi format video yang bisa dipilih. Ia juga banyak direkomendasikan sebagai aplikasi kompres video yang tidak menghilangkan banyak kualitas video aslinya.

HandBrake juga tersedia secara gratis sebagai aplikasi open source. Ia mendukung beragam platform komputer seperti Windows, MacOS dan Linux. Ukurannya kecil dan ringan digunakan serta tidak menampilkan iklan.

Berikut cara mengecilkan ukuran video dengan HandBrake:

1. Download HandBrake lalu install di komputermu, kemudian buka HandBrake.

2. Drop file video yang ingin dikompres ke area berwarna abu, atau diatas tulisan Or drop a file or folder here …

3. Buka tab Video, dan pada bagian Video Codec pilih H.264 (x264) dan Framerate (FPS) 60. Pilih Constant Framerate.

4. Pada bagian Quality geser hingga Constant Quality menunjukkan angka 20. Kamu bisa mengatur bagian ini sesuai kebutuhanmu.

Pengaturan HandBrake

Catatan:
Preferensi pribadi saya adalah mengatur Quality di range 18-22 untuk mempertahankan kualitas video.

5. Pilih folder untuk menyimpan hasil kompres dengan klik Browser diujung kanan bawah. Atur File name sesuai keinginan dan pastikan Save as type-nya adalah mp4.

Simpan Video Hasil Kompres

6. Klik tombol Start Encode. Lamanya proses ini berbanding lurus dengan ukuran file video, semakin besar berarti akan semakin lama. Progress bar terletak diujung kiri aplikasi HandBrake.

Progress Bar HandBrake

Berikut screenshot perbedaan ukuran sebelum dan sesudah proses kompres video menggunakan HandBrake.

Sebelum dan Sesudah Kompres dengan HandBrake
Kiri sebelum, kanan sesudah

Sama seperti proses menggunakan VLC Media Player diatas, tidak ada penurunan kualitas video yang signifikan. Resolusi video juga masih sama seperti aslinya karena kita tidak mengubah pengaturan resolusi.

Cara Kompres Video Online

Jika kamu tidak ingin ribet meng-install aplikasi tambahan di komputer, kamu bisa menggunakan jasa kompres video online yang banyak bertebaran di Google. Namun dibandingkan dengan menggunakan aplikasi, ada beberapa kekurangan kompres video online seperti:

  • Membutuhkan kuota besar untuk upload dan download video.
  • Memakan waktu lebih lama karena harus upload video terlebih dahulu.
  • Beberapa situs membatasi ukuran maksimal video yang ingin dikompres.

Tapi jika kamu memang membutuhkannyaa, kamu bisa mencoba beberapa situs kompres video online dibawah ini.

  • https://clideo.com/compress-video
  • https://www.youcompress.com/
  • https://www.onlineconverter.com/compress-video
  • https://www.mp4compress.com/
  • https://keepvid.com/video-compressor.html

Penutup

Mudah bukan cara kompres video yang saya jelaskan diatas?

Untuk video berukuran besar, saya lebih menyarankan menggunakan metode diatas jika ingin mengecilkan ukurannya. Selain lebih mudah dan kualitasnya terjaga, aplikasi yang dibutuhkan juga tersedia gratis.

Tinggalkan komentar dikolom yang tersedia apabila kamu menemui kendala selama mengikuti tutorial atau terdapat bagian yang tidak kamu mengerti. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.