2 Cara Log Out Gmail di Android dan Browser dengan Mudah

Bagaimana ya cara log out Gmail di Android?

Gmail adalah layanan surat elektronik yang memiliki pengguna paling banyak saat ini. Faktor Android yang mewajibkan penggunanya menggunakan email dari Gmail juga memiliki andil besar dalam menaikan angka penggunanya secara global. Untuk digunakan berkirim surat, Gmail sudah memiliki fitur yang sangat lengkap.

Gmail bisa digunakan dengan sangat mudah berkat antarmukanya yang modern dan user-friendly. Aplikasi Android-nya juga merupakan salah satu yang terbaik untuk saat ini. Tapi masih ada sebagian orang yang belum mengerti bagaimana cara log out Gmail, terlebih di Android.

Cara Log Out Gmail di Android

Hingga saat ini belum ada cara log out Gmail di Android seperti yang biasa kita lakukan di komputer, seperti yang sudah dijelaskan oleh Google dihalaman ini. Satu-satunya cara adalah menghapus akun Gmail yang tertaut di Android, berikut langkah-langkahnya.

1. Buka menu Settings di Android-mu lalu pilih Accounts.

Buka Menu Accounts

2. Didalamnya akan muncul beragam akun yang sedang dibuka seperti Facebook, Messanger, Twitter, Telegram dan pastinya Gmail.

3. Pilih email gmail yang ingin kamu log out dari Android-mu, lalu tap email-nya. Didalamnya akan ada tombol Remove account, tap tombol tersebut.

Remove Account

4. Akan muncul menu konfirmasi seperti pada gambar dibawah, tap REMOVE ACCOUNT.

Konfirmasi Remove Account

Cara ini juga bisa kamu akses melalui aplikasi Gmail yang kamu install. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Gmail, tap menu profile disebelah kanan atas lalu tap Manage accounts on this device. Kamu akan masuk ke menu pengaturan yang sama seperti langkah diatas.

Remove Account Melalui Aplikasi Gmail

Yang perlu diperhatikan saat menghapus akun Gmail di Android adalah, proses singkronisasi yang kamu atur dengan akun tersebut akan berhenti. Lalu kamu masih bisa menggunakan akun Gmail tersebut di perangkat yang sama atau perangkat lainnya, karena proses diatas hanyalah melepaskan akun Google yang tertaut dan bukan menghapus email Gmail-mua.

Cara Log Out Gmail di Browser

Jika kamu menggunakan komputer, melakukan log out Gmail jauh lebih mudah dan praktis dibandingkan cara log out Gmail di Android. Simak langkahnya berikut ini.

1. Buka akun Gmail-mu.

2. Klik foto profile Gmail-mu lalu klik tombol Keluar. Proses log out pun selesai.

Cara Log Out Gmail di Browser

Apabila kamu log in dengan beberapa akun sekaligus didalam satu browser, opsi yang muncul hanyalah Logout dari semua akun seperti pada gambar dibawah. Jadi kamu tidak bisa melakukan log out hanya untuk satu akun saja.

Log Out Dari Semua Akun

Penutup

Mudah bukan cara log out Gmail di Android dan komputer?

Saat menggunakan Gmail dikomputer umum, pastikan kamu melakukan log out sesudahnya agar tidak ada orang yang menyalahgunakan akun email-mu. Begitu pula saat berniat menjual hp Android, jangan lupa menghapus email Gmail yang tertaut didalamnya.

Jika mengalami kesulitan dan memiliki pertanyaan, silahkan tinggalkan dikolom komentar. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.