Cara Main Mobile Legends di PC dan Laptop Tanpa Lag

Mau main Mobile Legends tanpa khawatir kehabisan baterai? Mainin di komputer aja.

Siapa yang tidak kenal dengan Mobile Legends, game moba untuk Android ini sempat menjadi fenomena dan sangat populer dikalangan anak muda. Tidak hanya bisa dimainkan di ponsel, kamu juga bisa memainkan Mobile Legends melalui PC atau laptop dengan memanfaatkan emulator.

Cara main Mobile Legends di PC atau laptop sangatlah mudah karena kamu hanya perlu menginstall emulator Android yang cocok. Memainkan Mobile Legends di komputer akan memberimu beberapa kelebihan, seperti tidak perlu khawatir kehabisan daya baterai ataupun lag baik karena jaringan atau spesifikasi ponsel yang kurang.

Cara Main Mobile Legends di PC dan Laptop

Kamu bisa memainkannya di PC ataupun laptop selama masih menggunakan sistem operasi Windows. Kamu hanya perlu memilih emulator Android yang tepat agar Mobile Legends bisa berjalan dengan lancar dan optimal tanpa membebani kinerja komputermu.

Menggunakan Emulator LDPlayer

LDPlayer menjadi salah satu emulator baru yang direkomendasikan karena ringan sehingga bisa digunakan pada komputer dengan spesifikasi rendah tanpa khawatir lag.

Saya merekomendasikan LDPlayer sebagai pilihan utama jika kamu ingin memainkan Mobile Legends dikomputer karena optimal untuk memainkan game. Berikut cara main mobile Legends di PC dan laptop dengan LDPlayer.

1. Kamu bisa mengunduh LDPlayer melalui link ini, pilih LDPlayer 4.0 yang menggunakan sistem operasi Android 7.1 lalu install dikomputermu.

2. Setelah proses instalasi selesai klik System Apps dan pilih Play Store.

Buka Play Store di LDPlayer

3. Kemudian klik tombol LOGIN disebelah kanan bawah.

Klik Login di LDPlayer

4. Masuk menggunakan akun Gmail-mu agar bisa mengunduh Mobile Legends melalui Play Store.

Log-in Dengan Akun Google di LDPlayer

5. Setelah berhasil masuk menggunakan akun Gmail, cari dan install Mobile Legends melalui Play Store seperti biasa.

Install Mobile Legends di LDPLayer

6. Buka Mobile Legends dan login ke akunmu atau daftar baru jika belum punya.

7. Setelah berhasil masuk kedalam game, klik ikon keyboard (pengaturan tombol) yang terdapat dipanel sebelah kanan atas. Kemudian pilih WASD model agar kamu bisa menggerakan karakter menggunakan tombol WASD pada keyboard. Lalu klik tombol Menyimpan.

Ubah Pengaturan Tombol di LDPlayer

8. Kamu bisa langsung mencoba memainkan Mobile Legends di komputer untuk pertama kalinya. Untuk bergerak kamu menggunakan tombol WASD, sedangkan skill bisa diklik menggunakan mouse atau tombol angka di keyboard.

Cara Main Mobile Legends di PC dengan Emulator LDPlayer

Dengan LDPlayer kamu juga bisa mengatur framerate game yang dimainkan hingga 120 FPS. Namun framerate ini khusus untuk beberapa game yang sudah didukung fitur high framerate, selebihnya menggunakan pengaturan 60 FPS saja sudah cukup bagus.

Pengaturan LDPlayer

Di menu Pengaturan kamu juga bisa merubah resolusi serta penggunaan CPU dan RAM sesuai keinginan. Namun kamu tidak perlu pusing mengaturnya secara manual karena LDPlayer sudah menggunakan pengaturan yang disarankan. Ada banyak pengaturan lain yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan.

Menggunakan Emulator Bluestacks

Nama Bluestacks mungkin terdengar lebih familiar jika dibandingkan dengan LDPlayer, pasalnya emulator Bluestacks memang sudah beredar cukup lama di internet dan menjadi salah satu yang terbaik.

Bluestacks sendiri memang bisa digunakan untuk berbagai hal yang berhubungan dengan Android, termasuk memainkan game. Namun penggunaannya mungkin akan cukup membebani komputer, terlebih jika kamu memainkan game dengan grafis HD. Berikut cara main Mobile Legends di PC dan laptop dengan BlueStacks.

1. Download Bluestacks melalui link ini, lalu selesaikan proses instalasinya dikomputermu.

2. Setelah terinstall klik aplikasi Play Store yang ada di homescreen, lalu log-in menggunakan akun Gmail-mu untuk bisa menginstall Mobile Legends.

Buka Aplikasi Play Store di BlueStacks

3. Jika sudah log-in menggunakan akun Gmail, cari dan install Mobile Legends melalui Play Store seperti biasa.

Install Mobile Legends di BlueStacks

4. Kemudian buka Mobile Legends, jika muncul pop-up seperti gambar dibawah kamu bisa klik Switch device profile kemudian buka lagi Mobile Legends.

Klik Switch Device Profile

5. Log-in ke akun Mobile Legends menggunakan akunmu, atau buat akun baru jika belum punya.

6. Untuk kontrol permainannya bisa kamu temukan dipanel Controls sebelah kanan, ubah Scheme sesuai keinginanmu.

Ubah Kontrol BlueStacks

Di BlueStacks kamu juga bisa mengatur resolusi layar serta yang dirasa nyaman untuk bermain game. Terdapat pula pengaturan Frame rate yang bisa kamu sesuaikan, bahkan kamu bisa mengaktifkan high frame rate untuk beberapa game yang sudah mendukung melalui menu Engine dibagian Settings.

Pengaturan BlueStacks

Penutup

Itulah dua cara main Mobile Legends di PC dan laptop yang bisa kamu coba. Sayangnya hingga saat ini tidak ada cara memainkan Mobile Legends PC tanpa emulator, karena game ini hanya mendukung perangkat Android.

Namun dengan memilih emulator Android terbaik paling ringan, kamu bisa mendapatkan pengalaman bermain game yang tidak jauh berbeda atau bahkan lebih baik dibanding saat memainkannya melalui ponsel. Kamu juga bisa memainkan game lain melalui emulator layaknya bermain game di ponsel Android, jadi silahkan mencoba sesukamu.

Donny Satriya
Donny adalah pendiri sekaligus penulis di Nokturnal.id, menyukai dunia teknologi sejak lama. Tidak memiliki hobi khusus, namun menyukai musik dari berbagai genre.