Cara Melihat Password Gmail Sendiri dengan Mudah

Beberapa trik dibawah ini bisa membuatmu ingat kembali dengan password Gmail-mu.
Cara Melihat Password Gmail Sendiri

Sudahkah Anda paham cara melihat password Gmail sendiri? Ya, hal ini penting untuk diketahui mengingat kita sering lupa dan tak tercatat. Meski bisa recovery e-mail, namun bakal lebih baik jika dapat melakukan pencegahan kelupaan sejak awal. Simak caranya di sini!

Sebelum tahu cara melihat password gmail, mari kita pelajari dahulu pengertian besarnya. Gmail adalah layanan email gratis oleh Google yang dapat diakses lewat web atau program pihak ketiga melalui sinkronisasi pada protokol POP atau IMAP.

Berdasarkan linimasa, Gmail dimulai sebagai rilis beta terbatas pada 1 April 2004 dan mengakhiri tahap pengujian pada 7 Juli 2009. Saat diluncurkan, ia memiliki tawaran kapasitas penyimpanan awal sebesar satu gigabyte per pengguna.

Perlu diakui bahwa penawaran kapasitas tersebut jauh lebih tinggi daripada yang ditawarkan kompetitor lain pada masanya. Saat ini, layanan ini hadir dengan penyimpanan 15 gigabyte dan Anda dapat mengirim email hingga 25 megabyte.

Jika hendak mengirim file yang lebih besar, pengguna dapat memasukkan file dari Google Drive ke dalam pesan. Gmail memiliki antarmuka berorientasi pencarian serta tampilan percakapan yang mirip dengan forum-forum di internet.

Penjelasan di atas bisa jadi pembuka untuk kita memahami pengertian dan fungsi Gmail. Saatnya mengenal cara melihat password Gmail hingga menggantinya, di bawah ini.

Kiat Plus Cara Melihat Password Gmail Sendiri

Cara melihat password Gmail biasanya dibutuhkan ketika Anda lupa atau hendak menggantinya. Terdapat sejumlah cara untuk mengetahui hal tersebut, antara lain:

Melihat Pengaturan Password di Browser

Apakah Anda mengatur browser untuk mengingat kata sandi? jika iya, maka Anda bisa melihatnya dari sana. Saat memasukkan username dan password, seketika bakal muncul notifikasi “Remember Password”, “Not Now” atau “Never”.

Jika Anda memilih Remember Password, maka seharusnya password Gmail dapat dilihat dengan mudah. Jika tidak, masih ada cara lain untuk mengetahuinya.

Melihat Password Lewat Pengaturan Email

Buka pengaturan email, masuk ke akun, ubah kata sandi, lalu jawab pertanyaan rahasia. Setel ulang sekarang Anda dapat melihat kata sandi baru. Cara ini biasanya dilakukan jika Anda lupa password dan hendak langsung menggantinya.

Tips Memulihkan dan Mengganti Password Gmail

Lupa password adalah hal yang sering terjadi. Meski dapat mencatat di notes pribadi, namun kebiasaan tersebut acapkali terabaikan. Demi melakukan antisipasi, Gmail menerapkan beberapa fitur yang dapat menyelamatkan kita dari kehilangan akun akibat lupa password.

Google cukup efektif dalam menyediakan cara untuk memulihkan data para pengguna. Hal ini bakal terasa lebih mudah lagi jika Anda memberikan informasi keamanan yang cukup selama pendaftaran akun, yakni pada tahap awal.

Upaya pertama yang perlu Anda coba adalah mengakses halaman Pemulihan Akun Google. Pilih opsi I Don’t Know My Passsword dan masukkan alamat Gmail yang Anda ingat. Setelah itu, klik Lanjutkan untuk memproses laman selanjutnya.

Jika Anda menautkan nomor telepon ke akun Gmail, Anda dapat meminta kode verifikasi yang dikirim dalam pesan teks atau menjawab pertanyaan keamanan di bawah bagian Verify Your Identity. Kode akan segera masuk ke ponsel sebagai langkah verifikasi.

Sebagai langkah akhir, jika Anda lupa alamat email dan belum mengatur informasi pemulihan seperti nomor telepon atau pertanyaan keamanan, Anda mungkin masih dapat menemukan nama pengguna jika sudah pernah menggunakan akun email di browser web.

Cari riwayat browser web untuk Kotak Masuk atau Gmail. Secara teknis, alamat email lengkap Anda atau bagian pertama sebelum karakter @ di badan email. Mudah kan? Cara ini berlaku untuk semua pengguna yang lupa, termasuk Anda. Selamat mencoba!