Cara Melihat Password Wifi di Windows 10, Dijamin Berhasil

Solusi lupa password wifi mudah kok, kamu tidak perlu panik.

Terlalu nyaman dengan akses wifi yang langsung tersambung memang terkadang membuat kita lupa dengan password wifi kita sendiri. Memang tidak masalah selama tidak ada yang menanyakannya, tapi jika diperlukan tentu akan cukup membingungkan. Selama kamu pernah tersambung dengan wifi tersebut sebenarnya masih ada cara untuk melihat password-nya dengan mudah.

Jika kamu menggunakan komputer dengan Windows 10, ada dua cara mudah untuk melihat password wifi yang pernah tersambung ke komputermu. Cara melihat password Wifi di Windows 10 ini bisa menjadi solusi saat kamu lupa dengan password wifi-mu sendiri.

Cara Melihat Password Wifi di Windows 10

Tutorial dibawah saya tulis menggunakan Windows 10 Pro, namun kamu tetap bisa mencobanya di versi lain dari Windows 10 atau bahkan versi Windows lainnya.

Melalui Network and Sharing Center

Untuk kamu yang tidak ingin ribet, cara pertama bisa menjadi pilihan tepat karena hanya butuh beberapa klik saja untuk melakukannya.

1. Pertama, pastikan komputermu sedang tersambung dengan wifi yang ingin kamu lihat passwordnya.

2. Kemudian klik kanan pada ikon network yang ada di taskbar lalu pilih Open Network & Internet settings.

3. Akan muncul jendela baru, klik pada opsi Network and Sharing Center yang ada dibagian bawah.

Cara Melihat Password Wifi di Windows 10

4. Jendela Network and Sharing Center akan terbuka, klik nama wifi pada Connections.

Klik Nama SSID Wifi

5. Dijendela Wi-Fi Status, klik Wireless Properties.

Pilih Wireless Properties

6. Kemudian buka tab Security. Klik Show characters dan password wifi yang sedang terhubung ada dibagian Network security key.

Buka Tab Security

Melalui Command Prompt

Berbeda dengan cara pertama yang hanya bisa melihat password pada wifi yang sedang tersambung, dicara kedua ini kamu bisa melihat semua password wifi yang pernah tersambung ke komputermu. Jadi tanpa terhubung ke jaringan wifi yang dimaksud sekalipun kamu tetap bisa mengetahui password wifi-nya.

Meski cara melihat password wifi di Windows 10 dengan Command Prompt ini terdengar rumit, yang perlu kamu lakukan hanyalah copy paste dan sedikit ketelitian.

1. Buka Command Prompt dengan klik kanan dan pilih Run as administrator. Kamu bisa menulis CMD atau Command Prompt di search box Windows 10.

2. Selanjutnya tulis atau copy perintah netsh wlan show profiles lalu tekan Enter pada keyboard.

Cara Melihat Password Wifi di Windows 10 dengan CMD

3. Dari perintah diatas akan muncul User profiles yang merupakan nama wifi yang pernah tersambung, kamu bisa melihat semua password-nya.

4. Untuk melihat password wifi tertentu, ketik perintah netsh wlan show profiles name="Wifi Donny" key=clear lalu tekan Enter pada keyboard.

5. Jika perintah yang kamu tulis benar akan muncul detail wifi tersebut. Password-nya ada di Security Settings bagian Key Content. Sebagai contoh, password wifi saya adalah 87654321

Password Wifi

Penutup

Nah itulah dua cara melihat password wifi di Windows 10 yang bisa kamu coba. Untuk melihat password wifi yang sedang tersambung kamu bisa menggunakan cara pertama, dan untuk melihat password wifi yang pernah tersambung cara kedua adalah pilihan yang tepat.

Apabila menemui kesulitan dengan tutorial diatas, silahkan tinggalkan pertanyaan dikolom komentar. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.

Donny Satriya
Donny adalah pendiri sekaligus penulis di Nokturnal.id, menyukai dunia teknologi sejak lama. Tidak memiliki hobi khusus, namun menyukai musik dari berbagai genre.