Cara Melihat Spesifikasi Laptop dan PC Paling Mudah

Tidak perlu bingung untuk cek spesifikasi laptop atau PC Windows, karena caranya sangat mudah.
Image credit: Nokturnal.id

Pengguna komputer berbasis Windows mungkin terkadang kebingungan dengan spesifikasi PC desktop atau laptop yang digunakannya. Pasalnya komputer Windows memiliki varian yang sangat banyak dan pastinya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

Mengetahui jenis ataupun brand hardware yang digunakan terbilang penting. Misalnya kamu akan melakukan upgrade atau penggantian hardware tertentu, kamu harus memilih hardware yang kompatibel dengan sistem lain yang ada dikomputermu.

Itu merupakan salah satu contohnya saja, meski kamu tidak begitu paham soal komputer, ada baiknya mengerti semua hal paling tidak tentang komputer yang kamu gunakan.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dan PC

Kamu tidak perlu mencoba semua cara yang saya tuliskan dibawah, cukup gunakan yang paling mudah kamu akses saja. Cara lain bisa menjadi opsi apabila karena suatu alasan kamu tidak bisa menggunakannya.

Melalui Control Panel Windows

Cara yang pertama bisa dibilang yang paling sederhana, karena kamu hanya perlu masuk ke Control Panel untuk menemukan menu yang menampilkan spesifikasi komputermu. Meski begitu spesifikasi yang ditampilkan tidak begitu lengkap dan mungkin hanya sedikit membantu.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Melalui Control Panel

Cara ini bisa kamu gunakan dengan membuka Control Panel > System and Security > System. Disini kamu bisa melihat prosesor, jumlah RAM yang terinstall dan jenis sistem operasi yang digunakan. Tidak ada informasi lain seperti VGA, VRAM, kapasitas harddisk dan lainnya.

Melalui DXDiag

DXDiag adalah tool diagnosa Microsoft DirectX yang dapat memberikan informasi yang lebih mendalam mengenai spesifikasi sistem komputermu. Cara ini sebenarnya juga cukup mudah digunakan, tanpa memerlukan software lainnya.

1. Buka Run dan ketik DXDiag lalu tekan Enter atau tombol OK.

DXDiag

2. Ketik Yes pada jendela DirectX Diagnostic Tool.

3. Setelah beberapa saat akan muncul jendela DirectX Diagnostic Tool yang berisi informasi sistem komputermu.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Melalui DXDiag

CPU-Z

CPU-Z merupakan software pihak ketiga yang sering digunakan untuk melihat spesifikasi komputer. Software ini menampilkan segala hal yang kita butuhkan dan bisa dibilang sangat lengkap, karena setiap komponen seperti prosesor, graphic card, memori, mainboard dan lainnya ditempatkan dimasing-masing tab menu dengan informasi lengkap didalamnya.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Melalui CPU-Z

Cara menggunakan CPU-Z juga sangat simpel, cukup install seperti biasa. Setelah itu buka dan CPU-Z akan melakukan pemindaian sesaat pada komponen komputermu, lalu kamu akan ditampilkan data untuk setiap komponen yang digunakan oleh komputermu.

Speecy

Mirip seperti CPU-Z, Speecy juga merupakan software pihak ketiga yang dibuat untuk melihat spesifikasi sebuah komputer. Perbedaan paling signifikan mungkin ada ditampilannya yang terlihat lebih modern. Disini kamu bisa melihat banyak info mengenai setiap komponen penting yang ada dikomputer.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Melalui Speecy

Sama seperti CPU-Z, penggunaan Speecy sangat mudah. Cukup menginstall dan buka Speecy, ia akan melakukan analisa beberapa saat sebelum menampilkan data yang kamu butuhkan. Yang menarik kamu bisa melihat banyak data mengenai suhu komponen seperti CPU, motherboard graphic card dan lainnya.

Penutup

Nah itulah beberapa cara melihat spesifikasi laptop dan PC desktop paling mudah yang bisa kamu coba. Menurut saya, menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah cara paling praktis untuk mendapatkan data yang akurat. Terlebih ukurannya sangat kecil sehingga tidak akan memberatkan sistem ataupun menguras paket datamu.

Terimakasih sudah berkunjung dan semoga artikel cara melihat spesifikasi laptop dan PC ini bisa menjadi referensi yang tepat untuk kamu.

Donny Satriya
Donny adalah pendiri sekaligus penulis di Nokturnal.id, menyukai dunia teknologi sejak lama. Tidak memiliki hobi khusus, namun menyukai musik dari berbagai genre.