Cara Mematikan Avast Sementara dan Permanen, Gampang!

Cara Mematikan Avast Sementara

Avast bisa dibilang sebagai salah satu antivirus yang paling banyak dipakai, karena ia sudah beredar cukup lama dan yang paling menarik adalah gratis. Meski saat ini semakin banyak kompetitor yang menawarkan perlindungan yang lebih baik, tentu masih banyak pengguna komputer yang memilih Avast.

Setelah diinstall antivirus pasti akan berjalan dibelakang layar terus menerus, dan ada saatnya kita harus mematikannya. Misalnya saat hendak menginstall program yang dicurigai sebagai virus, kita tidak bisa menginstall-nya selama antivirus masih hidup bukan? Lalu bagaimana cara mematikan Avast sementara untuk beberapa tujuan seperti diatas?

Cara Mematikan Avast Sementara dan Permanen

Di artikel ini Nokturnal sudah menyiapkan tutorial singkat bagaimana kamu bisa mematikan antivirus Avast, baik untuk jangka waktu yang pendek maupun panjang.

Sebenarnya tidak sulit untuk mematikan Avast sementara, kamu bahkan tidak perlu membuka aplikasi Avast dikomputermu untuk menjangkau pengaturannya.

1. Klik System Tray yang ada disebelah kanan bawah taskbar hingga terbuka.

2. Kemudian klik kanan pada ikon antivirus Avast, lalu pilih Avast shield controls.

Cara Mematikan Antivirus Avast

3. Didalamnya kamu akan melihat beberapa opsi disable, dari yang paling cepat 10 menit hingga permanen. Setelah memilih opsi yang kamu butuhkan, akan muncul jendela konfirmasi dan klik OK, STOP.

4. Antivirus Avast akan menyala secara otomatis dalam jangka waktu yang sudah kamu tentukan dilangkah sebelumnya.

5. Namun jika kamu ingin mengaktifkannya lebih cepat dari jangka waktu tersebut, buka aplikasi Avast dan klik TURN ON dan Avast akan berjalan seperti semula.

Mengaktifkan Avast

Tidak sulit bukan cara mematikan Avast sementara atau permanen? Setelah nonaktif kamu bisa menginstall program yang sebelumnya dicurigai sebagai virus tanpa khawatir Avast akan menghapus komponennya.

Baca juga: Cara Mematikan Antivirus

Namun ada baiknya kamu mengecek terlebih dahulu bahwa Avast melakukan false positif pada program yang ingin kamu install, dan program tersebut tidak mengandung virus. Sebab akan berbahaya jadinya apabila kamu menginstall program dengan virus saat antivirus dalam keadaan mati.

Cara Install Antivirus Avast

Sedikit tambahan jika kamu ingin mencoba Avast sebagai antivirus, mungkin pertimbangan utama saat memilihnya adalah karena gratis. Avast juga populer dan performa terbarunya bisa kamu pantau melalui lab antivirus independen seperti av-test.org.

1. Setelah diunduh, buka file Avast dan tunggu beberapa saat.

Install Avast

2. Saya sarankan kamu menghilangkan centang/uncek pada kedua opsi dibawah, jika dicentang kamu akan menginstall Avast Secure Browser yang merupakan adware dari Avast. Kemudian klik INSTALL.

Adware Avast

3. Setelah beberapa saat proses instalasi, Avast siap digunakan. Kamu bisa melakukan pemindaian untuk pertama kali setelah install dengan mengklik tombol RUN SMART SCAN.

Baca juga: Cara Menghapus Antivirus Avast

Langkah install Avast sangat simpel, kamu hanya perlu memperhatikan penawaran adware agar tidak ada program lain yang ikut terinstall (Avast Secure Browser).

Penutup

Itulah tutorial cara mematikan Avast sementara dan permanen yang bisa kamu coba. Sedangkan jika kamu menggunakan antivirus lain, kamu bisa melihat artikel berjudul cara mematikan antivirus yang sudah saya terbitkan sebelumnya.

Apabila mengalami kendala atau terdapat bagian tutorial yang menurutmu kurang jelas, silahkan tinggalkan pertanyaan melalui kolom komentar.