Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10 Permanen

Kamu mematikan Windows Defender di Windows 10 secara permanen ataupun sementara menggunakan beberapa opsi berikut.
Cara Mematikan Windows Defender

Windows Defender merupakan antivirus gratis terbaik yang menjadi fitur bawaan Windows 10, perlindungan terhadap malware dan virus yang diberikan bahkan bisa disandingkan dengan beberapa software antivirus terbaik pihak ketiga lainnya.

Di Windows 10, Windows Defender akan berjalan secara otomatis dan memberikan real-time protection dari ancaman virus. Namun dibeberapa kesempatan ia juga sering memberikan pemberitahuan false positive, dimana ia mengira suatu program atau bagian program sebagai virus. Biasanya karena alasan ini banyak orang mencari cara mematikan Windows Defender di Windows 10 agar tidak menghapus program secara otomatis.

Catatan:
Mematikan Windows Defender memungkinkan virus dan malware untuk masuk ke komputer dengan mudah dan mungkin dapat merusak sistem. Tidak dianjurkan untuk mematikannya dalam jangka waktu lama dan membiarkan komputer tanpa perlindungan.

Cara Mematikan Windows Defender Sementara di Windows 10

Microsoft sendiri sebenarnya sudah memberikan fitur untuk mematikan Windows Defender, namun efeknya hanya sementara. Biasanya Windows Defender akan kembali aktif setelah komputer direstart, namun sudah cukup jika kamu hanya butuh waktu untuk menginstall program yang dianggap berbahaya oleh Windows Defender.

Berikut cara mematikan Windows Defender secara sementara:

1. Cari Windows Security di search box.

Buka Windows Security
Donny Satriya/Nokturnal.id

2. Pilih menu Virus & threat protection.

Pilih Virus & Threat Protection
Donny Satriya/Nokturnal.id

3. Dibawah Virus & threat protection settings klik Manage settings.

4. Kemudian geser toggle Real-time protection hingga menjadi Off. Jika muncul jendela User Account Control, klik Yes.

Geser Toggle Real-Time Protection
Donny Satriya/Nokturnal.id

Sampai langkah ini Windows Defender sudah dalam keadaan nonaktif, kamu bisa menginstall software yang sebelumnya dianggap berbahaya tanpa khawatir terdapat bagian yang diblokir oleh Windows Defender.

Untuk mengaktifkannya kembali, cukup geser toggle dibawah bagian Real-time protection hingga berstatus On. Atau, kamu juga bisa melakukan restart pada komputer dan Windows Defender akan aktif secara otomatis.

Catatan:
Saat diaktifkan untuk menginstall program, biasasnya Windows Defender tidak lagi menganggap program tersebut berbahaya sehingga tidak akan memblokir apapun.

Cara Mematikan Windows Defender Permanent di Windows 10

Jika merasa tidak cocok dengan Windows Defender, kamu bisa mematikannya secara permanen agar tidak lagi aktif setelah komputer direstart atau dimatikan. Untuk mematikan secara permanen, ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan.

Menggunakan Local Group Policy Editor

Cara mematikan Windows Defender ini bisa dilakukan hanya jika kamu menggunakan Windows 10 Pro, kamu bisa memanfaatkan Local Group Policy Editor untuk mematikan Windows Defender secara permanen. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah men-disable Tamper Protection di Windows 10 menggunakan cara sebelumnya, kemudian ikuti langkah dibawah ini.

1. Buka jendela Run dan ketik gpedit.msc klik OK atau Enter pada keyboard.

2. Lalu pergi ke Computer Configuration/Administrative Templates/Windows Components /Windows Defender Antivirus

4. Saat kamu klik folder Windows Defender Antivirus isinya akan muncul disebelah kanan, double klik pada Turn off Windows Defender Antivirus.

Mematikan Windows Defender Dengan Local Group Policy Editor
Donny Satriya/Nokturnal.id

5. Pilih opsi Enable untuk mematikan Windows Defender Antivirus, klik tombol Apply lalu OK.

Turn Off Windows Defender
Donny Satriya/Nokturnal.id

6. Terakhir restart komputermu.

Saat komputermu menyala, Windows Defender sudah tidak lagi aktif. Untuk mengaktifkannya kembali kamu bisa mengikuti langkah diatas, lalu pilih Disable pada menu Turn off Windows Defender Antivirus kemudian restart komputermu.

Menggunakan Registry

Selain bisa digunakan untuk mematikan Windows Update, modifikasi registry juga bisa dimanfaatkan untuk mematikan Windows Defender secara permanen. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mematikan Tamper Protection menggunakan metode pertama melalui Windows Security.

Catatan:
Memodifikasi registry berpotensi merusak sistem komputer, ikuti langkah dengan hati-hati.

1. Buke jendela Run dan ketik regedit, kemudian klik OK atau Enter pada keyboard.

2. Telusuri alamat berikut HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE/Policies/Microsoft/Windows Defender

Cara Mematikan Windows Defender Dengan Registry Editor
Donny Satriya/Nokturnal.id

3. Klik kanan di folder Windows Defender dan pilih New, pilih DWORD(32-bit) Value.

Pilih DWORD 32-Bit
Donny Satriya/Nokturnal.id

4. Beri nama DisableAntiSpyware lalu tekan Enter.

Beri Nama DisableAntiSpyware
Donny Satriya/Nokturnal.id

5. Double klik pada DisableAntiSpyware dan ganti angka 0 menjadi 1, lalu klik OK.

Ubah Menjadi Angka 1
Donny Satriya/Nokturnal.id

6. Terakhir, restart komputermu. Windows Defender akan nonaktif sampai kamu aktifkan kembali secara manual.

Jike ingin mengaktifkan Windows Defender, kamu bisa membuka folder Windows Defender menggunakan langkah diatas. Kemudian klik kanan pada DisableAntiSpyware dan pilih Delete. Akan muncul jendela warning, klik Yes lalu restart komputer. Setelah itu Windows Defender seharusnya aktif seperti semula.

Penutup

Bijak dalam menggunakan cara mematikan Windows Defender diatas, karena kamu akan membuat komputermu tanpa perlindungan. Ada baiknya kamu menggunakan antivirus Windows pihak ketiga saat Windows Defender tidak aktif, akan lebih bagus jika bisa berlangganan versi premium.

Silahkan tinggalkan pertanyaan dikolom komentar jika mengalami kendala. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.