Cara Membuat File RAR di Komputer Dengan Mudah & Cepat

Cara dibawah ini bisa kamu gunakan di semua versi Windows, jadi tidak perlu khawatir.

File RAR adalah file yang dikompres yang digunakan untuk menampung file besar didalam arsip, yang tujuannya untuk menggunakan lebih sedikit ruang penyimpanan atau mempercepat proses transfer baik online maupun offline. Untuk kamu yang sering download, mengunduh file dengan format .rar juga berarti menghemat kuota daripada mengunduh format file aslinya.

Kamu bisa mengenalfi file RAR melalui ekstensi .rar yang ada pada nama file. Sayangnya meski populer digunakan untuk beragam kebutuhan, Windows 10 ataupun versi dibawahnya tidak mendukung untuk membuat file .rar sehingga pengguna harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Membuat File RAR di Windows 10

Cara membuat file RAR dibawah ini bisa kamu gunakan pada versi Windows lainnya selama kamu memiliki aplikasi yang dibutuhkan.

Membuat File RAR dengan WinRAR

WinRAR mungkin bisa dibilang sebagai aplikasi pembuat RAR paling banyak digunakan saat ini. Meskipun sebenarnya merupakan aplikasi berbayar, kamu bisa menggunakan versi trial selama mungkin tanpa membutuhkan crack atau sejenisnya.

1. Download dan install WinRAR dikomputermu, kamu bisa mendapatkannya melalui link diatas.

2. Kemudian klik kanan difolder atau file yang ingin kamu jadikan RAR, kamu bisa pilih Add to archive…untuk mendapatkan opsi yang lebih lengkap atau langsung Add to “namafile.rar”.

Cara Membuat File RAR di WinRAR

3. Jika kamu pilih Add to archive… terakhir klik tombol OK. Namun jika memilih opsi cepat maka file .rar akan langsung muncul.

Ekstrak File RAR

Melakukan ekstraksi file .rar pada komputer untuk mendapatkan file aslinya juga semudah membuat file .rar atau bahkan lebih simpel lagi. Berikut ini cara yang biasa saya lakukan dan menurut saya paling mudah.

Klik kanan pada file .rar kemudian pilih Extract Here atau Extract to. Waktu ekstraksi tergantung ukuran file .rar-nya.

Perbedaannya hanya saat Extract to kamu akan mendapati file asli didalam foldernya, sedangkan saat Extract Here terkadang kamu tidak mendapatkan folder sehingga bisa jadi berantakan apabila terdapat banyak file berbeda didalamnya.

Membuat Fil RAR dengan 7-ZIP

7-Zip menjadi aplikasi alternatif WinRAR untuk mengompres file menjadi arsip. Aplikasi ini juga bisa kamu dapatkan gratis dan bisa digunakan selamanya.

1. Download dan install 7-Zip melalui link diatas.

2. Klik kanan pada folder atau file yang ingin dikompres, pilih 7-Zip Add to Archive…

Cara Membuat File RAR di 7-Zip

Catatan:
Kamu bisa memilih Add to “namafile.7z” atau Add to “namafile.zip” untuk proses yang lebih cepat.

3. kamu bisa biarkan pengaturan defaultnya, kemudian klik OK dan file berhasil dikompres.

Klik OK di 7-Zip

Ekstrak File 7Zip

Proses ekstraksi juga sama mudahnya dengan langkah ekstraksi sebelumnya dengan WinRAR. Cukup klik kanan pada file yang dikompres lalu pilih Extract to atau Extract here.

Jika kamu memilih Extract to kamu akan mendapati file hasil extract didalam sebuah folder sehingga lebih rapi.

Sedangkan apabila kamu tidak menyukai WinRAR atau 7-Zip, kamu bisa menggunakan alternatif lainnya. Berikut beberapa aplikasi pembuat RAR alternatif yang bisa kamu gunakan.

  • WinZip
  • WinAce
  • TugZip

Penutup

Cara membuat file RAR dan proses ekstraknya bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat, tidak butuh waktu lama untuk memahami langkahnya. Jika mengalami kesulitan atau terdapat langkah yang kurang jelas silahkan tanyakan melalui kolom komentar.