Cara Membuat Footnote di Microsoft Word Secara Otomatis

Footnote bisa kamu buat dan atur secara otomatis, sehingga kamu tidak perlu ribet membuatnya secara manual.

Footnote adalah informasi tambahan yang bisa kamu temukan dibagian bawah setiap halaman. Setiap footnote memiliki nomor yang berurutan, tujuannya untuk memudahkan pembaca mencocokan teks dan informasi tambahan yang ada dibagian bawah halaman.

Cara membuat footnote di Word tidak sulit, karena sudah ada fitur yang bisa dimanfaatkan. Footnote biasa digunakan untuk memberi tambahan informasi tanpa mengalihkan topik artikel yang sedang dibahas atau saat kita menggunakan kutipan dari penulis lain.

Cara Membuat Footnote di Microsoft Word

Disini saya menggunakan Microsoft Word 2019 untuk membuat footnote di Word, tapi Microsoft Word sendiri sudah mendukung fitur footnotes dan endnotes sejak Word 2007. Tergantung versi Microsoft Word yang kamu gunakan, menu footnotes berada mungkin akan terlihat sedikit berbeda. Tapi jangan khawatir karena fitur dan fungsinya tetap sama.

1. Pertama buka Microsoft Word terlebih dahulu, kemudian buka dokumenmu. Atau tambahkan sedikit tulisan jika kamu baru ingin mencobanya.

2. Buka tab References. Disini kamu akan menemukan banyak fitur untuk memberi anotasi pada teksmu, termasuk Table of Contents. Di grup kedua pada tab ini, kamu akan fitur footnotes dan endnotes.

Cara Membuat Footnote di Word
Donny Satriya/Nokturnal.id

3. Menambahkan footnote:

  • Untuk menambahkan footnote pada teks, letakkan pointer dibagian teks yang ingin diberi footnote kemudian klik Insert Footnote.
Cara Membuat Footnote di Microsoft Word
Donny Satriya/Nokturnal.id
  • Saya meletakkan pointer disebelah kata Tutorial dan terhangat.
  • Kamu akan dibawa kebagian bawah halaman untuk menuliskan isi footnotemu. Setiap kali kamu menambahkan footnote di halaman tersebut, angka lain akan ditambahkan sebagai footnotes.

Footnotes di Microsoft Word

4. Setelah menambahkan footnote, setiap kali pointer kamu berada diatas angka kecil didalam teks pointer kamu akan memberikan preview isi footnote tersebut.

Cara Membuat Footnote di Word Preview Footnote
Donny Satriya/Nokturnal.id

Jika kamu membuat tulisan panjang penuh dengan footnotes, tentu akan cukup ribet mengelolanya. Terlebih jika ada kesalahan dalam pembuatan footnote dan harus di edit, kesalahan yang lebih besar bisa saja terjadi karena tidak teliti.

Microsoft Word memiliki fitur untuk berpindah antara satu footnote ke footnote lainnya secara berurutan sesuai nomor yang dibuat. Kamu bisa menemukannya disebelah tombol Insert Footnote bernama Next Footnote. Klik tanda panah kecil disebelahnya maka akan muncul banyak opsi seperti untuk footnote dan endnote.

Merubah Pengaturan Footnote

Microsoft Word sudah mengatur secara default tampilan footnote seperti pada tutorial diatas, tapi kamu sebagai pengguna tetap bisa mengatur beberapa bagiannya secara manual untuk menyesuaikan kebutuhanmu.

Untuk mengubah pengaturan footnote, buka tab References dan klik panah kecil pada grup Footnotes.

Membuka Pengaturan Footnotes

Disini kamu bisa merubah banyak pengaturan pada bagian Location, Footnote layout, Format sesuai kebutuhan.

Pengaturan Footnote

Jika sudah selesai, klik Apply.

Penutup

Cara membuat footnote di Word sangat simpel bukan? Pengaturan yang ada juga sangat mudah dimengerti, jadi kamu bisa mencobanya sendiri di dokumen yang sedang kamu kerjakan. Dengan footnote, argumen yang kamu tulis bisa lebih kuat karena memiliki banyak referensi pendukung.

Terimakasih sudah membaca, jika memiliki saran atau pertanyaan silahkan tuliskan dikolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.