Tutorial Cara Membuat Google Form Lengkap dengan Gambar

Cara Membuat Google Form

Saat ini membuat formulir atau kuesioner online memang lebih mudah menggunakan Google Form. Google Form sendiri merupakan layanan untuk membuat survey dan sejenisnya yang bisa digunakan secara gratis. Di Google Form kamu bisa membuat pertanyaan essay maupun pilihan ganda sesuai keinginan.

Cara membuat Google Form juga sangat simpel, dimana Google sudah menyediakan beberapa template untuk berbagai keperluan yang bisa digunakan. Kamu juga bisa membuat desain dari awal tanpa menggunakan template untuk kontrol yang lebih luas. Simak cara membuat Google Form berikut ini.

Cara Membuat Google Form

Sebelum membuat kuesioner ataupun formulis berisi pertanyaan, pastikan kamu sudah mempunyai email Gmail untuk mengaksesnya. Jika belum punya, tentu kamu harus membuat email terlebih dahulu.

1. Kunjungi https://docs.google.com/forms/u/0/ menggunakan browser.

2. Kamu akan melihat beberapa template yang tersedia. Saya memilih Kosong untuk membuat formulir sesuai kebutuhan.

Pilih Kosong
Gambar: Donny Satriya via nokturnal

3. Fungsi menu di Google Form:

Jika kamu memilih template Kosong, maka tampilan awalnya akan seperti ini. Berikut ini beberapa fungsi setiap opsi yang bisa kamu gunakan.

Bagian-Bagian Google Form
Gambar: Donny Satriya via nokturnal

1. Judul Google Form yang kamu buat.
2. Deskripsi Google Form yang kamu buat.
3. Teks pertanyaanmu (jumlahnya bisa ditambah).
4. Opsi jawaban dari pertanyaanmu (jumlahnya bisa ditambah).
5. Opsi untuk menambahkan pilihan jawaban lainnya.
6. Tipe jawaban yang kamu butuhkan.
7. Duplikasi pertanyaan dan jawaban.
8. Hapus pertanyaan dan jawaban.
9. Indikator pertanyaan wajib diisi atau dijawab.
10. Menu pertanyaan.
11. Tambah pertanyaan.
12. Impor pertanyaan.
13. Tambahkan judul dan deskripsi.
14. Tambahkan gambar.
15. Tambahkan video.
16. Tambahkan bagian baru.
17. Tab pertanyaan dan jawaban/respons.
18. Pengaturan warna tema Google Form.
19. Pratinjau/preview Google Form yang dibuat.
20. Pengaturan Google Form yang dibuat.
21. Tombol untuk mengirim Google Form yang dibuat.
22. Menu untuk Google Form yang dibuat.

4. Setelah mengetahui fungsi setiap bagiannya, kamu bisa mulai menambahkan pertanyaan dan jawaban. Berikut contoh pratinjau dari Google Form yang saya buat, tentu kamu bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhanmu.

Pratinjau Google Form
Gambar: Donny Satriya via nokturnal

5. Apabila semua pertanyaan sudah dimasukkan dan desainnya sudah bagus, klik tombol Kirim yang terletak disebelah kanan atas.

6. Opsi pengiriman:

  • Kamu bisa mengirimkan Google Form yang kamu buat ke alamat email tertentu.
Kirim ke Email
Gambar: Donny Satriya via nokturnal
  • Jika Google Form dibuat untuk siswa, maka membagikannya dengan URL adalah pilihan terbaik. Ada baiknya untuk mencentang Perpendek URL, kemudian klik Salin, tutup pop-upnya dan bagikan URL tersebut ke siswa.
Bagikan dengan URL
Gambar: Donny Satriya via nokturnal
  • Yang terakhir kamu bisa embed Google Form dan ditampilkan disebuah website menggunakan kode HTML yang disediakan. Cukup klik Salin dan tutup pop-upnya.
Sematkan HTML
Gambar: Donny Satriya via nokturnal
Catatan:
Jika kamu mencentang opsi Kumpulkan alamat email, maka orang yang akan menjawab pertanyaan harus memasukkan alamat email mereka terlebih dahulu sebelum menjawab pertanyaan.

7. Terakhir, kamu hanya perlu menunggu hasil respons dari Google Form yang kamu buat.

Membuka Google Form yang Pernah Dibuat

Setelah selesai mengikuti cara membuat kuesioner di Google Form, tentu kita harus menunggu beberapa saat untuk mendapatkan responsnya. Kamu bisa menutup laman Google Form sembari menunggu. Dan jika dirasa sudah ada respons, berikut cara membuka hasil Google Form buatanmu.

1. Kunjungi https://docs.google.com/forms/u/0/ menggunakan browser.

2. Kamu akan melihat nama Google Form yang sudah kamu buat dilaman tersebut, klik form tersebut.

Membuka Google Form
Gambar: Donny Satriya via nokturnal

3. Kemudian klik tab Respons dibagian atas form untuk melihat hasilnya. Kamu bisa memanfaatkan tab “Ringkasan”, “Pertanyaan” dan “Individual” untuk memudahkan mengumpulkan setiap jawaban.

Lihat Respons
Gambar: Donny Satriya via nokturnal
Catatan:
Screenshot diatas saya ambil dengan mengaktifkan fitur Kumpulkan alamat email. Kamu akan melihat email dari orang-orang yang menjawab Google Form yang kamu buat, karena mereka wajib mengisinya.

4. Kamu juga bisa menampilkan setiap respons didalam spreahsheet dengan klik ikon spreadsheet yang ada disebelah kanan atas.

Tidak sulit bukan cara membuat Google Form diatas? Penggunaannya tentu tidak terbatas untuk memberikan pertanyaan dan kuesioner saja, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat formulir pendaftaran event dan lain-lain.

Penggunaannya juga sangat sederhana, sehingga tidak akan membuatmu kerepotan meskipun baru pertama kali membuat formulir dengan Google Form. Jika menemui kendala atau terdapat bagian tutorial yang kurang jelas, silahkan tanyakan melalui kolom komentar. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat.