Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri di Android

Chat bakal makin seru kalo punya sticker lucu!
Cara Membuat Stiker di WhatsApp
Image credit: uxdesign.cc

Selain mendukung penggunaan emoji dan GIF, WhatsApp juga memiliki fitur stiker yang bisa kita sisipkan setiap kali membalas pesan. Stiker WhatsApp ini memang cukup menarik karena banyak variannya. Kamu juga bisa membuat stiker sendiri untuk digunakan di WhatsApp, yang kamu butuhkan hanyalah foto atau gambar yang lucu sesuai keinginan. Penasaran bagaimana cara membuat stiker WhatsApp?

Stiker yang disediakan WhatsApp secara default memang tidak banyak. Tapi tidak perlu khawatir karena WhatsApp memperbolehkan penggunanya untuk membuat dan menambahkan stiker buatan mereka sendiri. Karena dibuat oleh komunitas yang luas, stiker-stiker ini biasanya sangat menarik dan mengikuti tren.

Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri

Membuatnya pun tidak sesulit kedengarannya, hanya butuh sedikit kesabaran dan bahan-bahan yang bisa kamu temukan diinternet. Oya, tutorial dibawah ini ditulis khusus untuk pengguna Android, jika kamu pengguna iOS mungkin bisa numpang membuat diponsel Android teman atau meminta hasilnya.

Baca juga: Cara Melihat Barcode WhatsApp

Beberapa bahan yang kamu perlukan untuk membuat stiker WhatsApp sendiri yaitu:

  • Foto yang menarik, usahakan mempunyai minimal 3 foto atau gambar yang menarik.
  • Background Eraser
  • Sticker Maker
Sticker Maker
Sticker Maker
Developer: Viko & Co.
Price: Free

Jika kamu sudah memiliki beberapa bahan diatas, kamu sudah siap mengikuti tutorial membuat stiker WhatsApp sendiri berikut ini.

1. Jika foto yang kamu miliki mempunya background, maka langkah pertama kita ada menghapusnya. Akan lebih mudah menghapus foto dengan warna background yang kontras dengan objek fotonya.

Baca juga: Cara Mengganti Background WhatsApp

2. Buka aplikasi Background Eraser lalu tap Load a photo, pilih foto dari Android-mu. Selanjutnya lakukan crop sedekat mungkin dengan objek foto lalu klik Done.

Crop Gambar di Background Eraser

3. Dilangkah ini kita akan menghapus backgroundnya, agar lebih mudah pilih Auto yang ada dipanel bagian bawah.

Pilih Metode Auto

4. Akan muncul penanda berwarna merah, kamu bisa tap pada titik merah dan arahkan lingkaran besarnya ke bagian background gambar, bagian ini yang menandai background yang akan dihapus. Hasilnya akan seperti gambar berikut ini. Kemudian klik Done > Save > Finish.

Tandai Background di Background Eraser

5. Foto hasil proses diatas akan masuk ke galeri Android-mu dengan folder nama Eraser.

Silahkan ulangi proses diatas untuk ketiga gambar yang kamu miliki. Setelah itu kamu bisa melakukan editing di editor foto favoritmu untuk menambahkan teks, emoji dan elemen lain untuk membuatnya semakin menarik.

Baca juga: Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp

Proses selanjutnya merupakan inti dari cara membuat stiker WhatsApp sendiri, yakni memasukan stiker ke aplikasi WhatsApp. Kita akan memanfaatkan aplikasi Personal Sticker for WhatsApp yang sudah didownload sebelumnya.

1. Buka aplikasi Sticker Maker lalu tap Create a new stickerpack.

Cara Membuat Stiker WhatsApp

2. Isi Stickerpack name dan Stickerpack author sesuai keinginanmu, lalu tap Create.

Isi Detail Stickerpack

3. Tap pada stickerpack yang baru saja dibuat, kamu akan melihat 30 kotak kecil didalamnya. Setiap kotak akan memuat satu stiker, dengan minimal tiga stiker untuk dibuat.

Isi Stickerpck

4. Pertama tap nomor 1, dan lanjutkan dinomor lainnya bila sudah selesai. Pilih Open Gallery dan cari gambar yang sudah dihilangkan background-nya pada langkah sebelumnya.

Catatan:
Tray icon hanya digunakan sebagai ikon stiker saat sudah dimasukan kedalam WhatsApp. Kamu bisa mengisinya dengan gambar yang sama dengan salah satu stikermu. Jadi untuk pembuatan stiker dengan jumlah minimal, kamu hanya perlu 3 gambar saja.

Baca juga: Cara Menggunakan 2 WhatsApp Sekaligus

5. Dilangkah ini kamu diminta menandai objek stikernya dengan Freehand. Namun karena stiker sudah kita hapus background-nya, kamu bisa menggunakan Cut square atau Cut circle saja. Dicontoh ini saya menggunakan Cut square.

Masukkan Gambar ke Personal Sticker for WhatsApp

6. Kamu bisa tap TRY AGAIN bila dirasa kurang rapi, tapi juga sudah bagus tap SAVE STICKER.

Tap Save Sticker

7. Saya sudah selesai memasukkan tiga stiker, selanjutnya tap tombol ADD TO WHATSAPP. Akan muncul popup konfirmasi, tap ADD.

Add Stiker ke WhatsApp

8. Setelah itu buka aplikasi WhatsApp dan cek apakah stiker yang baru saja kamu buat sudah masuk.

Hasil Pembuatan Stiker WhatsApp

Mudah bukan cara membuat stiker WhatsApp sendiri? Dengan sekali atau dua kali percobaan pasti kamu akan lebih lancar membuatnya dan ketagihan. Kamu juga bisa membuatnya dari meme yang sedang populer disosial media.

Penutup

Itulah cara membuat sticker WhatsApp yang bisa kamu coba sendiri dirumah. Kamu tidak harus mengedit gambarnya dengan rapi karena umumnya stiker WhatsApp juga seperti itu, jadi dengan bermodalkan Android saja sudah lebih dari cukup.

Silahkan tinggalkan pertanyaan apabila menemui kesulitan saat mengikuti tutorial diatas. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.