Cara Memisahkan File PDF Paling Mudah, Offline & Online

Cara Memisahkan File PDF

Mudah dibuat menjadi salah satu alasan mengapa format file PDF menjadi sangat populer saat ini, bahkan kamu bisa mengubah file Word menjadi PDF hanya dengan beberapa klik saja. Namun terkadang karena terlalu mudah, kita malah memuat terlalu banyak halaman dalam satu file PDF yang menyebabkan ukurannya membengkak.

Tidak perlu khawatir apabila kamu sedang dalam kondisi ini, ada beberapa cara memisahkan file PDF menjadi beberapa bagian agar ukurannya sedikit lebih kecil. Proses ini bisa kamu lakukan baik dengan menggunakan komputer ataupun ponsel, online maupun offline.

Cara Memisahkan File PDF di Komputer

Ada beberapa program komputer yang bisa kamu gunakan untuk memisahkan file PDF, dan pada tutorial ini saya hanya menggunakan yang gratis tanpa watermark.

Cara Memisahkan File PDF dengan NitroPDF

NitroPDF merupakan software PDF viewer dan PDF reader cukup populer dan bisa digunakan sebagai alternatif pengganti Adobe Reader atau Adobe Acrobat. Tidak hanya sebagai PDF reader, didalamnya terdapat banyak tools bermanfaat yang berhubungan dengan PDF termasuk untuk memisahkan PDF.

Berikut cara memisahkan file PDF dengan NitroPDF:

1. Download dan install NitroPDF di komputermu, kemudian buka file PDF yang ingin dipisahkan.

2. Setelah itu pergi ke tab Page Layout dan pilih Split yang ada pada grup Pages.

Pilih Split di NitroPDF

3. Didalam jendela Split Pages kamu akan menemukan tiga opsi pemisahan file PDF berdasarkan halamannya.

Into files of

Artinya kamu akan memisahkan file PDF menjadi beberapa bagian berdasarkan jumlah halaman. Misalnya kamu masukkan angka 5, maka setiap file PDF baru hanya akan memiliki maksimal 5 halaman.

1. Sebagai contoh, saya akan mengisi angka 5 yang artinya 5 Pages. Saya menggunakan file PDF dengan total 20 halaman sebagai contoh.

2. Tentukan folder penyimpanan file PDF yang sudah dipisahkan dengan klik tombol Browse…, kemudian klik Split.

Catatan:
Setelah klik tombol Split file PDF akan langsung disimpan menjadi file baru.

3. Hasilnya akan terdapat 4 file PDF dengan jumlah halaman maksimal 5.

Hasil Metode Into Files Of

By page range

Artinya kamu akan memisahkan file PDF menjadi beberapa bagian berdasarkan jarak halaman. Misalnya kamu tulis 1-4 berarti kamu akan memisahkan halaman 1-4 dari halaman PDF lainnya.

1. Disini saya akan menggunakan metode By page range dan memasukkan angka 1-4. Saya menggunakan file PDF dengan total 20 halaman sebagai contoh.

2. Atur Destination folder sesuai keinginan. Saya memilih Same as source folder, kemudian klik Split.

Metode By Page Range di NitroPDF

Catatan:
Setelah klik tombol Split file PDF akan langsung disimpan menjadi file baru.

3. Proses selesai dan buka file PDF yang sudah dipisahkan didalam folder yang sudah kamu pilih. Bisa dilihat file PDF saya hanya memiliki total 4 halaman saja.

Hasil Metode By Page Range

Menurut saya hanya dua metode tersebut yang akan sering kamu gunakan saat memisahkan file PDF dengan NitroPDF. Sdangkan untuk metode By bookmarks strating at level, akan jarang digunakan karena mengharuskanmu melakukan bookmarks terlebih dahulu.

Cara Memisahkan File PDF dengan PDFsam Basic

PDFSAM pernah saya gunakan dalam artikel tentang cara menggabungkan file PDF sebelumnya. Aplikasi ini memiliki beberapa fungsi termasuk split dan merge PDF, kamu bisa menggunakannya secara gratis dengan memilih Basic Edition.

Berikut cara memisahkan file PDF dengan PDFSAM:

1. Download dan install PDFSAM dikomputermu, pastikan kamu memilih Basic Edition yang merupakan versi gratis.

2. Setelah itu buka PDFSAM dan pilih Split.

Pilih Split di PDFSAM

3. Klik Select PDF dan pilih file PDF yang ingin kamu pisahkan.

Klik Select PDF

4. Split settings

  • Split after memiliki opsi Every pages, Even pages dan Odd pages yang menurut saya akan jarang kamu gunakan.
  • Split after the following page number akan memisahkan halaman setelah nomor halaman yang kamu masukkan.
  • Split by every “n” pages akan memisahkan halaman PDF maksimal sesuai nomor halaman yang kamu masukkan.

5. Disini saya akan memilih opsi ketiga sebagai contoh dan memasukkan angka 5, kemudian tentukan Output settings dan File names settings bila perlu lalu klik Run.

Pengaturan PDFSAM

6. Dari opsi yang saya pilih saya mendapatkan 4 file PDF dengan jumlah halaman maksimal 5, dari file PDF asli yang berjumlah 20 halaman.

Hasil PDFSAM

Mungkin penjelasan opsi split diatas kurang jelas untukmu, ada baiknya kamu mencobanya sendiri untuk mendapatkan opsi pemisahan sesuai dengan yang kamu inginkan.

Cara Memisahkan File PDF Tanpa Aplikasi

Jika menurutmu menginstall aplikasi terlalu ribet apalagi kamu jarang membutuhkannya, maka memanfaatkan situs pemisah PDF online bisa menjadi pilihan yang tepat. Ada banyak situs seperti ini yang menyediakan jasa pemisah PDF secara gratis, namun untuk artikel ini saya menggunakan pdf2go.com.

Berikut cara memisahkan file PDF Online:

1. Kunjungi https://www.pdf2go.com/id/pecahkan-pdf untuk menggunakannya.

2. Klik tombol Pilih File dan cari file PDF yang ingin kamu pisahkan.

Pilih File PDF

3. Setelah file PDF ter-upload, kamu bisa menghapus halaman dengan klik tombol tempat sampah atau memisahkan dengan halaman setelahnya dengan klik tombol gunting.

Potong File PDF

4. Jika sudah, klik tombol Simpan sebagai kemudian SIMPAN.

Klik Simpan

5. Kamu bisa download semua file PDF yang dipisahkan, misalnya kamu memotongnya menjadi dua bagian maka kamu bisa menyimpan keduanya. Klik Download pada file PDF yang kamu butuhkan.

Download File PDF

Beberapa situs lain mungkin memiliki proses pemisahan yang sedikit berbeda, namun seharusnya masih mudah dipahami. Sebagai alternatif dari situs yang saya gunakan diatas kamu bisa menggunakan salah satu situs dibawah ini.

  • https://www.ilovepdf.com/split_pdf
  • https://smallpdf.com/id/pisahkan-pdf
  • https://www.sodapdf.com/split-pdf/
  • https://pdfcandy.com/split-pdf.html

Penutup

Cara memisahkan file PDF tidak sulit ataupun memakan waktu lama, jadi jangan khawatir sebelum mencobanya. Apabila kamu menemui kesusahan saat mengikuti tutorial diatas, silahkan tinggalkan pertanyaan melalui kolom komentar.