3 Cara Memotong Lagu di PC dan Android Paling Praktis

Gimana cara memotong lagu yang mudah dan praktis?
Cara Memotong Lagu

Saat mendengarkan lagu, kita seringkali mendapati beberapa bagian yang sangat kita suka dan ingin menjadikannya sebagai ringtone/nada notifikasi atau alarm. Karena biasanya audio yang digunakan berdurasi pendek, tentu kita harus memotongnya terlebih dahulu. Ngga lucu kan kalau ringtone yang kita gunakan merupakan satu lagu penuh.

Nah untuk mengambil bagian yang kita inginkan, kita membutuhkan aplikasi pemotong lagu. Saya sudah menulis beberapa rekomendasinya pada artikel sebelumnya. Sedangkan diartikel ini kamu akan melihat cara memotong lagu hingga untuk mengambil bagian tertentu, atau membuang bagian yang tidak diperlukan.

Cara Memotong Lagu di Komputer

Metode pertama adalah menggunakan komputer. Ada banyak aplikasi pemotong lagu gratis yang bisa digunakan dengan mudah dikomputer. Sebagai contoh, saya menggunakan Audacity, aplikasi edit lagu terbaik yang bisa kamu gunakan gratis.

Cara Memotong Lagu dengan Audacity

Audacity merupakan aplikasi open-source yang sudah dipercaya banyak orang untuk melakukan perubahan pada file audio. Dengan tampilan yang terlihat sederhana, ia membawa banyak fitur powerful. Memotong lagu adalah hal mudah untuk dilakukan oleh Audacity.

1. Pertama siapkan install Audacity di komputermu. Jangan lupa siapkan file lagu yang ingin dipotong.

2. Kemudian buka Audacity, tampilannya seperti gambar dibawah.

Cara Memotong Lagu dengan Audacity

3. Klik File > Open, cari dan pilih lagu yang ingin kamu potong. Kamu juga bisa melakukan drag & drop diatas timeline Audacity untuk memasukan lagu. Jika sudah masuk kamu akan melihat tampilan Audacity seperti ini.

Lagu Sudah Masuk ke Audacity

4. Kamu bisa mendengarkan lagu sebelum dipotong, untuk memasukan bagian yang dipotong sudah benar. Caranya dengan mengarahkan kursor diatas timeline dibagian menit, akan muncul panah berwarna hijau. Tombol kontrol play dan pause berada disebelah kiri atas.

Tombol Kontrol Audacity

5. Setelah yakin, pilih Selection Tools dengan ikon I atau dengan menekan F1 pada keyboard. Lalu klik dan geser pada bagian yang ingin dibuang, bagian ini akan ditandai dengan warna putih pada background seperti pada gambar.

Hasil Select

6. Terakhir klik tombol Cut dengan ikon gunting. Bagian yang tadi dipilih akan hilang.

Cut

7. Jika sudah, klik File > Export > Export as MP3 (kamu bebas memilih format lagu). Tentukan folder penyimpanan lalu klik Save.

Export

8. Kamu bisa melewati jendela Edit Metadata Tags dan langsung klik OK saja. Proses export akan berlangsung selama beberapa detik, tergantung durasi lagu yang kamu edit.

Lewati Edit Metadata Tags

Kamu bisa menggunakan langkah diatas untuk semua bagian lagu sampai kamu mendapatkan bagian yang kamu inginkan.

Cara Memotong Lagu di Android

Tidak kalah dengan komputer, ada banyak aplikasi pemotong lagu untuk Android yang bisa digunakan gratis di Google Play Store. Untuk cara memotong lagu di Android ini saya menggunakan salah satu yang terbaik saat ini.

MP3 Cutter & Ringtone Maker by IncShot Inc.

Saat artikel ini ditulis, aplikasi ini memiliki rating 4.8 yang bisa dibilang sangat tinggi. Aplikasi gratis ini memang ditujukan untuk memotong dan menggabungkan audio untuk ringtone dan nada dering lainnya.

1. Download dan install MP3 Cutter & Ringtone Maker di Android-mu.

2. Setelah dibuka klik MP3 Cutter, jika muncul popup konfirmasi tap ALLOW. Lalu pilih lagu yang ingin kamu potong.

Cara Memotong Lagu di Android

3. Memilih bagian yang dipotong:

  • Ada dua penanda berwarna biru dikedua sisi yang digunakan untuk menandai bagian lagu yang akan dibuat. Bagian lagu yang berada diluar penanda akan dibuang sedangkan yang ada didalam akan dipertahankan.

Penanda Untuk Digeser

  • Kamu bisa memutar lagu dengan cara tap pada timeline lalu klik tombol Play yang ada dibawah.

Tombol Play

  • Untuk menandai dengan lebih presisi, gunakan fitur zoom in.

Fitur Zoom

  • Kamu juga bisa menggerakan penanda setiap detik dengan tombol yang + dan – yang ada dikanan bawah. Kedua tombol ini untuk digunakan untuk masing-masing penanda.

Geser Perdetik

4. Jika dirasa sudah cukup bagus, tap tanda centang dikanan atas. Lalu sesuaikan File Name, Format, Bitrate dan Volume sesuai keinginan. Terakhir klik CONVERT.

Klik Convert

5. Di menu Output Folder ini kamu akan melihat Save Path yang merupakan tempat lagu yang sudah dipotong disimpan.

Folder Hasil Edit Lagu

Cara Memotong Lagu Online

Yang terakhir adalah memotong lagu secara online. Pada metode ini kita menggunakan jasa online cutter web based yang bisa digunakan secara gratis. Karena online, kamu akan membutuhkan akses internet. Akan ada proses upload dan download, jadi pastikan kamu mempunyai kuota yang cukup apalagi file audio-mu berukuran besar.

1. Buka situs mp3cut.net lalu klik Choose file dan pilih lagu yang ingin kamu potong. Atau kamu juga bisa melakukan Drop file diatas area berwarna biru.

2. Geser penanda yang ada dikedua sisi sesuai kebutuhan. Saya hanya menggeser yang disebelah kanan karena ingin membuang ujung lagu.

Sesuaikan Pengaturan

4. Kamu bisa mengatur sendiri efek fade in dan fade out-nya. Dengarkan dengan klik tombol Play dibagian kiri.

5. Pilih format file audio pada bagian Save as, jika sudah klik Cut. Kemudian klik Save dan lagu akan segera didownload.

Penutup

Tidak sulit bukan cara memotong lagu menggunakan komputer, Android maupun online diatas.

Silahkan gunakan cara yang menurut kamu paling mudah dan praktis. Jika sering memotong dan menggabungkan lagu, saya menyarankan untuk menggunakan aplikasi PC seperti Audacity karena memiliki fitur lengkap dengan mudah digunakan.

Pertanyaan seputar memotong lagu atau penggunaan aplikasi bisa kamu tulis dikolom komentar. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.