Cara Menambahkan Subtitle ke Dalam Film, Bisa untuk Android

File subtitle yang tidak menjadi satu dengan file video sebenarnya bisa digabungkan dengan mudah, dan kebanyakan video player sudah mendukung cara ini.
Cara Menambahkan Subtitle
Image credit: Nokturnal.id

Sebuah film yang kamu dapat dari hasil download biasanya dibedakan menjadi dua berdasarkan subtitlenya, yakni Hardsub dan Softsub. Hardsub adalah file subtitle yang menjadi satu dengan file video dan sebaliknya, Softsub adalah file video dan subtitle yang terpisah.

Apabila kamu memiliki film dan subtitle yang terpisah, kamu perlu menyatukannya supaya muncul saat film tersebut kamu putar. Namun kamu tidak perlu membuatnya menjadi satu file, ada beberapa cara menambahkan subtitle ke film agar muncul saat diputar seperti yang kamu butuhkan.

Cara Menambahkan Subtitle Dengan Mudah

Beberapa cara dibawah ini biasanya bisa diaplikasikan baik di smartphone ataupun komputer, tergantung dimana kamu ingin menonton film. Gunakan saja cara yang menurutmu paling mudah diaplikasikan diperangkat yang sedang kamu gunakan.

Menyamakan Nama File

Yang pertama adalah dengan menyamakan nama file antara file video dan subtitle. Keduanya memang memiliki format file yang berbeda, namun kamu bisa menyamakan nama filenya. Agar lebih mudah dipahami coba perhatikan contoh dibawah ini.

1. Buat Folder Baru

  • Masukkan file video dan subtitle kedalam folder baru, nama folder bisa disesuaikan dengan keinginanmu.

Memasukkan Kedalam Satu Folder

2. Rename File

  • Jika kamu perhatikan dari gambar dilangkah sebelumnya, nama kedua file tersebut berbeda.
  • Disini, coba rename keduanya menjadi nama yang sama.
  • Untuk contoh saya menamainya dengna John Wick Chapter 3 pada kedua file.

Rename File

3. Putar Video

  • Setelah itu kamu bisa memutar video dengan video player favoritmu, disini saya menggunakan GOM Media Player.
  • Bisa dilihat dari gambar dibawah, subtitle otomatis ditambahkan dan muncul didalam film.

Subtitle Muncul Difilm

Mudah bukan caranya? Cara ini bisa kamu gunakan baik di komputer ataupun smartphone. Jika kamu punya banyak koleksi film, menggunakan cara ini juga sekaligus merapikan koleksi film-mu.

Melakukan Drag & Drop

Ingin cara yang lebih cepat daripada cara pertama? Ada kok, kamu cukup melakukan drag & drop file subtitle diatas film yang sudah kamu putar. Namun cara ini mungkin tidak bisa kamu lakukan di smartphone.

1. Putar Film

  • Putar file video-mu menggunakan video player favoritmu seperti biasa, untuk contoh saya masih menggunakan GOM Media Player.
  • Disini subtitle Indonesia belum muncul karena memang belum ditambahkan.

2. Geser Subtitle

  • Perkecil dahulu video player-mu seperti gambar dibawah, kemudian seret file subtitle dengan cara klik kiri dan tahan kemudian lepaskan di area bagian bawah video player.

Drag & Drop Subtitle

3. Selesai

  • Setelah langkah diatas, subtitle sudah selesai ditambahkan kedalam file video yang sedang kamu putar.
  • Hampir semua video player sudah memiliki fitur ini, jika belum mungkin kamu harus menginstall video player pihak ketiga yang memiliki fitur ini.

Penutup

Mudah bukan cara menggabungkan subtitle yang saya contohkan diatas? Dua cara tersebut bisa kamu lakukan di smartphone ataupun komputer. Jika mengalami kesulitan atau menemui langkah yang kurang jelas, silahkan tinggalkan pertanyaan dikolom komentar.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi solusi atas masalahmu.

Cheers!

Donny Satriya
Donny adalah pendiri sekaligus penulis di website kecil ini dengan membagian sedikit solusi untuk masalah yang berkaitan dengan teknologi. Sudah menjadi blogger dan menulis untuk waktu yang cukup lama. Tidak memiliki hobi khusus, tapi sangat suka bersantai sambil mendengarkan musik Lo-FI.