Cara Mengaktifkan IDM di Chrome yang Belum Muncul

Cara Mengaktifkan IDM di Chrome

IDM Add On Chrome – Siapa yang tidak kenal dengan IDM? Internet Download Manager atau yang sering kita sebut sebagai IDM memang menjadi sotware downloader multifungsi yang sangat populer. IDM bisa memudahkan proses download dengan melalui tombol download yang bisa muncul pada video dan audio. IDM sendiri kompatibel dengan beragam browser seperti Chrome, Firefox bahkan Microsoft Edge.

Di browser tersebut ia memiliki add-on yang berguna untuk mengalihkan semua proses download ke IDM. Masalahnya, terkadang add-on ini tidak terpasang secara otomatis di Chrome dan akihrnya kita tidak bisa download menggunakan IDM. Nah kamu akan menemukan cara mengaktifkan IDM di Chrome pada artikel ini agar bisa menggunakannya untuk download seperti biasa.

Cara Mengaktifkan IDM di Chrome

Saat add-on atau modul IDM tidak terpasang secara otomatis, cara yang bisa kita lakukan adalah memasangnya secara manual di browser yang pada kasus ini adalah Google Chrome.

1. Pertama, buka Google Chrome dan menuju ke chrome://extensions/ kemudian aktifkan toggle Developer mode.

Aktifkan Developer Mode
Donny Satriya/Nokturnal.id
Catatan:
Setiap menambahkan extension dari luar Chrome Shop kamu harus mengaktifkan opsi Developer mode atau pemasangan akan gagal.

2. Kemudian buka folder instalasi IDM di C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager, tempatnya bisa berbeda-beda tergantung dimana kamu menginstall IDM dikomputermu.

Folder Install IDM
Donny Satriya/Nokturnal.id

3. Cari file bernama IDMGCExt.crx.

Extension IDM
Donny Satriya/Nokturnal.id

4, Lalu geser ke halaman chrome://extensions/ yang sebelumnya sudah dibuka.

Geser Extension IDM
Donny Satriya/Nokturnal.id

5. Akan muncul pop-up bertuliskan Add “IDM Integration Module”?, klik Add extension.

Klik Add Extension
Donny Satriya/Nokturnal.id

6. Pastikan sudah ada add-on IDM Integration Module di halaman chrome://extensions/ dan proses pemasangan pun selesai.

IDM Sudah Aktif di IDM
Donny Satriya/Nokturnal.id

Add-on IDM yang tidak terpasang secara otomatis memang cukup jarang terjadi, baik di Chrome maupun browser lainnya. Namun jika masalah ini terjadi dikomputermu, memasangnya secara manual juga tidak begitu sulit.

Jika kamu gagal melakukannya, pastikan kamu mengikuti langkah-langkahnya dengan benar dan tidak salah menggeser file. Kemudian coba update Google Chrome dan IDM ke versi terbaru agar proses pemasangan berjalan dengan lancar.

Penutup

Mudah bukan cara mengaktifkan IDM di Chrome secara manual?

Setelah mengikuti tutorial diatas silahkan coba buka video YouTube ada download file, bisa dipastikan proses download sudah dialihkan sepenuhnya ke IDM. Tinggalkan komentar jika kamu mengalami kesulitan dalam mengaktifkan IDM di Chrome. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply