Cara Menggabungkan Foto Menjadi Kolase di Android & PC

Menggabungkan foto menjadi kolase yang unik dan menarik itu sebenarnya mudah banget.
Cara Menggabungkan Foto
Gambar: x.photoscape.org

Menggabungkan beberapa foto dalam satu frame bisa membuatnya terlihat lebih menarik. Kamu juga bisa menunggahnya ke Instagram tanpa khawatir profilmu menjadi berantakan karena mengunggah terlalu banyak foto dengan tema yang sama.

Cara menggabungkan foto dalam satu frame sangat mudah, apalagi dengan banyaknya aplikasi edit foto yang sudah memiliki fitur ini. Biasanya didalam aplikasi, fitur ini disebut collage atau kolase. Yang kamu perlukan hanya memilih layout dan jumlah foto yang ingin dimasukkan kedalam satu frame, lalu menggunakan sedikit kreatifitas untuk membuatnya eye-catching.

Cara Menggabungkan Foto di PC dan Laptop

Apabila kamu cenderung menyukai komputer untuk mengedit dan membuat kolase foto, kamu bisa mencoba cara berikut ini.

Cara Menggabungkan Foto dengan PhotoScape X

PhotoScape X adalah aplikasi edit foto sederhana yang bisa kamu gunakan di perangkat Windows 10 dan MacOS. Beberapa fungsi yang ada didalamnya antara lain: Editor, Collage, Create GIF, Tools dan lain-lain.

Untuk membuat kolase, kamu bisa memasukkan dua hingga 10 foto dalam satu frame. Terdapat pula pengaturan seperti Margin, Spacing, Roundness, Background dan lainnya untuk membuat tampilan kolase lebih bagus.

1. Download PhotoScape X menggunakan link diatas, kamu juga bisa mendapatkannya di Microsoft Store bagi pengguna Windows 10.

2. Setelah terinstall, buka PhotoScape X. Pastikan kamu sudah memilih foto mana yang ingin dibuat menjadi kolase.

3. Buka tab Collage di PhotoScapeX, kamudian buka folder tempat kamu menyimpan foto melalui panel disebelah kiri pada bagian Folders.

Cara Menggabungkan Foto dengan PhotoScape X
Gambar: Donny Satriya via Nokturnal

4. Pilih jumlah foto yang ingin dimasukkan melalui pengaturan disebelah kanan, klik lalu pilih layout kolase yang diinginkan. Sebagai contoh saya menggunakan tiga foto.

Pilih Jumlah Foto pada Kolase di PhotoScape X
Gambar: Donny Satriya via Nokturnal

5. Kemudian geser foto ke atas layout kolase yang sudah dipilih sebelumnya.

6. Kamu bisa menyesuaikan pengaturan setiap foto secara individual dengan mengklik pada foto tersebut dan memanfaatkan panel yang muncul. Aplikasikan filter dan pengaturan lain sesuai keinginanmu.

Editing Individual Foto di PhotoScape X
Gambar: Donny Satriya via Nokturnal

7. Sedangkan pengaturan layout kolase secara keseluruhan berada disebelah kanan atas.

8. Jika dirasa sudah selesai, klik tombol SAVE disebelah kanan bawah.

Meskipun yang digunakan adalah PhotoScapeX gratis, kamu tidak akan mendapatkan watermark apapun didalam foto. Selain itu fitur kolase yang didapat juga cukup banyak untuk menghasilkan kolase yang layak diupload ke sosial media. Namun jika ingin mendapatkan semua fitur yang ditawarkan, pertimbangkanlah untuk membeli versi Pro meskipun harganya cukup mahal.

Cara Menggabungkan Foto di Android

Di Android kamu bisa menggunakan aplikasi edit foto untuk Android karena pada umumnya memiliki fitur kolase. Tapi ada beberapa aplikasi yang mengedepankan kolase sebagai fitur utama, seperti yang saya gunakan dibawah ini.

Cara Menggabungkan Foto di Android dengan Photo Collage Maker

Photo Collage Maker by Scoompa

Foto-Collagen-App
Foto-Collagen-App
Developer: Scoompa
Price: Free+

Aplikasi yang saya gunakan untuk membuat kolase di Android bernama Photo Collage Maker buatan Scoompa. Aplikasi ini tersedia gratis dan memiliki banyak layout, template, stiker dan elemen pendukung lain yang sangat menarik.

Terlebih lagi kamu bisa mencari gambar atau foto dari internet langsung melalui aplikasi untuk ditambahkan ke kolase fotomu. Kamu bisa menyimpan hasil kolase foto ke galeri atau langsung membagikannya ke sosial media atau melalui aplikasi chat. Berikut cara menggabungkan foto menjadi kolase dengan Photo Collage Maker.

1. Download Photo Collage Maker melalui link diatas, kamu mungkin salah download karena banyak aplikasi dengan nama serupa.

2. Buka Photo Collage Maker dan tap tombol merah disebelah kanan bawah, lalu pilih Collage.

Cara Menggabungkan Foto di Android dengan Photo Collage Maker
Gambar: Donny Satriya via Nokturnal

3. Pilih foto yang ingin kamu buat menjadi kolase, sebagai contoh saya menggunakan tiga foto. Tap foto yang kamu inginkan lalu tap tombol centang.

Pilih Foto untuk Kolase
Gambar: Donny Satriya via Nokturnal

4. Selanjutnya sesuaikan layout kolase dengan tap menu Layout yang ada dipanel bawah.

Gunakan Menu Layout
Gambar: Donny Satriya via Nokturnal

5. Gunakan Template:

  • Kamu juga bisa memanfaatkan Template untuk mempercepat proses pembuatan kolase lengkap dengan beragam elemen menarik.
  • Atur tata letak setiap foto dengan menggesernya. Untuk merubah ukurannya, cubit menggunakan dua jari (pinch screen).
Atur Template
Gambar: Donny Satriya via Nokturnal
  • Untuk memindah setiap elemen didalam template yang kamu gunakan, tap pada elemen tersebut sampai muncul kotak disekitarnya lalu tap tombol berwarna merah. Nanti akan muncul panel pengaturannya.
Atur Elemen Template
Gambar: Donny Satriya via Nokturnal

6. Jika menurutmu sudah bagus, tap titik tiga disebelah kanan atas dan pilih Save to gallery.

Pilih Save to Gallery
Gambar: Donny Satriya via Nokturnal

7. Tap lagi Save to gallery. Disini kamu juga bisa membagikannya melalui beberapa aplikasi yang kamu punya.

Bagikan atau Save ke Gallery
Gambar: Donny Satriya via Nokturnal

8. Selesai, kamu bisa menemukan kolase foto yang kamu buat di gallery. Ini hasil kolase foto yang saya buat, kamu pasti bisa membuat yang lebih bagus lagi.

Hasil Kolase Foto
Gambar: Donny Satriya via Nokturnal

Jika berencana membuat kolase foto, Photo Collage Maker menjadi pilihan yang tepat. Gratis dan tidak ada watermark pada hasil kolase yang kamu buat. Fitur yang ditawarkan juga sangat banyak, batasannya hanya imaginasimu saja.

Penutup

Itulah contoh cara menggabungkan foto menjadi kolase di komputer maupun smartphone. Untuk iOS mungkin kamu bisa mencobanya sendiri, karena biasanya tidak akan sulit. Kamu bisa melihat artikel kami sebelumnya seputar aplikasi untuk membuat kolase foto.

Jika memiliki pertanyaan silahkan tinggalkan dikolom komentar. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.