2 Cara Mengganti Email Facebook Paling Gampang (Hp & PC)

Kamu harus mengganti email Facebook tapi belum tau caranya? Kamu datang ke tempat yang tepat.
Cara Mengganti Email Facebook
Gambar: unsplash.com/@konkarampelas

Email menjadi bagian wajib jika ingin memiliki akun Facebook, dengan email kita bisa mengganti password Facebook saat lupa. Memastikan alamat email yang digunakan pada akun Facebook tetap aktif dan diingat password-nya tentu menjadi hal penting, namunn bagaimana saat kita lupa password email kita?

Langkah yang bisa kamu lakukan adalah segera mengganti email Facebook tersebut sebelum ada masalah lain yang muncul. Cara mengganti email Facebook juga tidak sulit, kamu hanya perlu menyiapkan alamat email baru sebagai pengganti alamat email lama.

Cara Mengganti Email Facebook Lewat Hp

Pengguna Facebook memang seringkali mengaksesnya melalui aplikasi Android maupun iOS karena lebih praktis. Kamu juga bisa mengganti alamat email akun Facebook-mu melalui aplikasi Facebook agar lebih mudah, berikut langkah-langkah cara mengganti email Facebook lewat hp.

Catatan:
Tutorial dibawah saya tulis menggunakan aplikasi Facebook untuk Android, namun seharusnya tidak terlalu jauh berbeda untuk aplikasi Facebook di iOS.

Baca juga: Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Facebook

1. Buka aplikasi Facebook lalu tap ikon garis tiga disebelah kanan, lalu pilih opsi Settings.

Cara Mengganti Email Facebook di Aplikasi Android

2. Didalam Settings, tap opsi Personal Information.

Pilih Personal Information di Aplikasi Facebook

3. Kamu akan melihat beberapa informasi pribadi disini, tap opsi Email Address.

Pilih Email Address

4. Didalamnya akan terlihat email lama (Current Emails) yang terhubung dengan akun Facebook-mu. Untuk menambahkan email baru, tap Add Email Address.

Tap Add Email Address

5. Kemudian masukkan alamat email baru dan password akun Facebook-mu kedalam form yang tersedia, lalu tap tombol Add Email.

Tap Tombol Add Email

6. Jika berhasil Facebook akan mengirimkan email konfirmasi ke alamat email baru yang kamu tambahkan. Disini tap Confirm Email Address, kamu akan diminta memasukkan kode konfirmasi.

Tap Confirm Email Address

7. Buka kotak masuk email yang baru saja ditambahkan ke akun Facebook-mu. Email konfirmasi akan tampak seperti pada gambar dibawah, salin kode yang diberikan.

Salin Kode Konfirmasi

8. Kembali ke menu konfirmasi di aplikasi Facebook, masukkan kode yang kamu dapat di email dan klik Confirm.

Tap Tombol Confirm

Sampai langkah ini kamu sudah berhasil menambahkan email baru ke akun Facebook-mu. Sayangnya saat ini sudah tidak ada fitur untuk membuat email yang baru kamu tambahkan menjadi email utama, untuk mengubahnya menjadi email utama kamu harus log-in Facebook melalui browser di komputer.

Baca juga: Cara Menghapus Akun Facebook

Kamu bisa mengikuti cara dibawah ini untuk mengganti email Facebook dan mengubahnya menjadi email utama (primary email) melalui browser komputer.

Cara Mengganti Email Facebook Lewat Komputer

Jika memungkinkan memang lebih disarankan mengganti email Facebook di komputer, karena kamu akan melihat opsi yang lebih lengkap dibandingkan dengan melalui Android maupun iOS.

1. Buka akun Facebook kemudian klik ikon panah kebawah disebelah kanan atas, kemudian klik opsi Settings.

Klik Settings di Facebook

2. Kamu akan masuk kedalam kategori General, klik Edit pada bagian Contact.

Klik Edit Pada Contact

3. Klik + Add another email or mobile number, kemudian masukkan alamat email baru yang sudah kamu siapkan lalu klik Add.

Klik Add di Facebook

4. Jika sudah berhasil, klik tombol Confirm untuk mengkonfirmasi alamat email baru.

Klik Confirm di Facebook

5. Buka kotak masuk dari email yang baru kamu tambahkan dan salin kode konfirmasi yang dikirimkan oleh Facebook.

Buka Email Konfirmasi Dari Facebook

6. Masukkan kode konfirmasi di form yang tersedia lalu klik OK.

Masukkan Kode Konfirmasi

7. Untuk membuatnya menjadi alamam email utama (primary email), klik Make Primary. Setelah itu semua aktivitas yang berkaitan dengan email akan dialihkan ke alamat email yang baru.

Klik Make Primary

Cara Menghapus Email Facebook

Facebook biasanya hanya membutuhkan satu alamat email yang terhubung untuk keperluan penggantian password atau recovery saat lupa maupun mengirim notifikasi log-in diperangkat baru, jadi kamu bisa menghapus alamat email lain yang sudah tidak digunakan tanpa masalah.

Baca juga: Cara Download Video di Facebook

Kamu cukup klik Remove yang biasanya terdapat dibawah alamat email kedua, kemudian mengisi password Facebook sebagai konfirmasi. Cara menghapus alamat email Facebook di komputer maupun melalui aplikasi Facebook sama, jadi kamu tidak akan kesusahan untuk melakukannya.

Penutup

Dengan mengikuti tutorial cara mengganti email Facebook diatas tidak akan mempengaruhi password Facebook-mu, jadi kamu tetap bisa menggunakan password lama untuk log-in.

Silahkan tinggalkan komentar dikolom yang tersedia apabila menemui kendala saat mengikuti tutorial diatas. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga artikel referensi ini bermanfaat.